fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Umum

Software Desain Vector Terbaik untuk Desain Grafis

Taufik Nurhidayat

Bagi desainer grafis, software merupakan senjata utama dalam pekerjaan mereka. Bagi yang bekerja dengan desain jenis vector diperlukan software yang mampu menangani pekerjaan mereka lebih cepat dan lebih mudah.

Penjelasan Singkat Mengenai Grafis Vector

Vector adalah gambar visual pada komputer yang dibuat dari bentuk geometris dengan ditentukan pada bidang kartesiu, seperti garis, titik, kurva dan polygon.

Gambar vector dapat dirubah ukurannya tanpa menghilangkan kualitas sama sekali, berbeda dengan gambar bitmap jika diperbesar maka gambar akan menjadi pecah karena. Hal tersebut dikarenakan vector tidak terbuat dari titik pixel seperti gambar bitmap.

Software Desain Vector Terbaik

1. Adobe Illustrator

Tidak perlu diragukan lagi, produk Adobe yang satu ini adalah yang terbaik di bidang desain grafis. Software yang satu ini merupakan alat desain grafis vector yang digunakan para ahli, jika kamu ingin menjadi ahli maka gunakanlah software Adobe Illustrator.

Mungkin kurva pembelajaran akan sedikit curam di awal, terutama bagi yang baru dalam desain vector. Tetapi sepadan dengan fitur yang diberikan, kamu bisa mendapatkan semua fitur yang diperlukan dengan Adobe Illustrator.

Spesifikasi

Platform: Windows, Mac, iPad
Model Harga: Berlangganan
Cocok Untuk: Desainer Profesional

Kelebihan

  • Editor vector standar industri
  • AI yang mempermudah pekerjaan

Kekurangan

  • Memerlukan Langganan Adobe CC

2. Affinty Designer

Sebagai pendatang baru, Affinty Designer sangat mampu untuk bersaing dengan Adobe Illustrator, dengan harga yang lebih murah namun kualitas tidak lebih rendah.

Meski tidak memiliki fitur yang lebih banyak dibandingkan Adobe Illustrator, Affinty Designer lebih mudah digunakan. Bahkan Affinty Designer mendapatkan peringkat 1 sebagai software editing vector paling mudah digunakan dari G2.com

Kamu tidak perlu khawatir dengan kompatibilitas software desain vector satu ini, Affinty Designer juga dapat memuat file AI maupun PSD. Fitur menarik yang tidak dapat ditemukan di Adobe Illustrator seperti zoom sampai 1 juta kali dan pengulangan tidak terbatas juga menjadikan nilai tersendiri mengingat harga yang ditawarkan.

Spesifikasi

Platform yang didukung: MacOS, Windows, iPad
Model Harga: Sekali bayar
Cocok Untuk: Desainer Profesional

Kelebihan

  • Mudah digunakan
  • Berbagai alat yang bagus

Kekurangan

  • Tidak banyak fitur dibanding Illustrator

3. Corel Draw

Telah lama bersaing dengan Adobe Illustrator, Corel Draw juga merupakan salah satu software desain vector terbaik yang masih teredia saat ini. Pad yang awalnya hanya dibuat untuk sistem operasi windows saja, namun sekarang tersedia di sistem operasi lainya.

Corel Draw memiliki beberapa jenis lisensi mulai dari Corel Vector yang ditujukan pengguna hobi, CorelDRAW Standard untuk pengguna yang menyukai desain serta bisnis rumahan, dan Corel Draw Graphic Suite untuk pengguna profesional.

Spesifikasi

Platform yang didukung: Windows, MacOS
Model Harga: Berlangganan, Sekali bayar
Cocok untuk: Siapapun

Kelebihan

  • Untuk semua pengguna
  • Memiliki alat yang kuat

Kekurangan

  • Versi yang lebib tinggi mahal

4. Sketch

Mengesampingkan semua software desain vector sebelumnya pengguna Mac mungkin perlu mempertimbangkan software yang satu ini, jika hanya untuk membuat desain icon dan web.

Meski memiliki fitur yang lebih sedikit namun lebih mudah untuk digunakan bagi siapapun dibanding dengan software editor vector lainya. Namun seperti yang kami sebutkan diawal, software ini hanya dapat berjalan di sistem operasi Mac saja.

Spesifikasi

Platform yang didukung: MacOS
Model Harga: Sekali Bayar
Cocok Untuk: Desainer icon dan ui

Kelebihan

  • Mudah digunakan
  • Cocok Untuk desain UI dan Icon

Kekurangan

  • Hanya untuk MacOS

5. Inkscape

Dari semua software editor vector sebelumnya tidak satupun gratis untuk digunakan, jika kamu menginginkan software desain vector yang dapat digunakan secara gratis maka Inkscape solusinya. Selain gratis, Inkscape juga merupakan software open source.

Semua alat hampir tersedia saat ini, meski sedikit perlu trik untuk menggunakan fitur yang lebih kompleks. Semua dapat dilakukan dengan Inkscape, bahkan kami menemukan komunitas yang menggunakannya untuk pekerjaan.

Meski inkscape dapat mengekspor file berupa SVG dan EPS, namun kompatibel dengan file CorelDRAW dan Adobe Illustrator. Dan fitur paling penting dari inkscape ialah bisa berjalan di sistem operasi linux, mungkin ini satu-satunya editor vector paling mampu yang dapat berjalan dilinux.

Spesifikasi

Harga: Gratis
Platform: Windows, Mac, Linux
Cocok Untuk: Pengguna Linux, Siswa

Kelebihan

  • Gratis dan Open Source
  • Alat serbaguna

Kekurangan

  • Perlu trik untuk fitur lebih kompleks
  • Mungkin lag atau freeze saat mengedit file besar

Software Desain Vector Lainya

Mungkin software berikut bisa dipertimbangkan bila kamu merasa software sebelumnya kurang cocok bagi kamu.

  • Amadine: Pengguna produk Apple
  • Gravit Designer: Editor vektor gratis berbasis cloud
  • Vectr: Alat kolaboratif vector berbasis browser
  • Vecteezy: Alat desain vector berbasis browser yang mudah digunakan

Penutup

Masih bingung untuk memilih software desain vector yang cocok untuk dipakai? Maka pertimbangkan pilihan berikut sebagai acuan saat memilih software desain vector.

Cobalah Affinty Designer jika kamu pemula dan berniat untuk melanjutkan dibidang profesional.

Gunakan Adobe Illustrator jika kamu seorang profesional dan menginginkan fitur komplit.

Hanya butuh untuk sesekali dan tidak ingin membeli software? Gunakan Inkscape, selain gratis juga open source.

Pengguna MacOS dan hanya digunakan untuk mendesain UI atau Icon, maka Sketch pilihanya.

Baca Juga