fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

BusinessPengetahuanUmum

Waspada! Inilah 10 Masalah Bisnis yang Sering Dijumpai

Yanti puspita

Masalah bisnis merupakan tantangan dan permasalahan yang di hadapi saat ini atau dalam jangka panjang, hal ini dapat menghambat tujuan bisnismu. Dalam beberapa kasus, permasalahan bisnis juga mengancam kelangsungan bisnis.

Lalu, apa saja contoh permasalahan bisnis dan solusinya. Nah pada artikel ini, kami akan menjelaskan kepada kamu tentang 10 masalah bisnis yang sering di jumpai pada ulasan di bawah ini.

Daftar 10 Masalah Bisnis yang Sering Dijumpai

Masalah bisnis merupakan suatu hal yang wajar. Jadi, kamu tidak perlu khawatir apalagi berpikir berlebihan. Kamu hanya perlu melatih kemampuan pemecahan masalahmu saja. Pemecahan masalah dalam bisnis adalah upaya untuk mencegah masalah yang mungkin menghalangi kamu mencapai tujuan operasional bisnismu. Berikut ini 10 masalah bisnis yang sering di jumpai yaitu:

1.      Masalah Bisnis (Waktu)

Banyak masalah bisnis yang sering terjadi, salah satunya adalah membagi waktu. Jadwal yang padat membuat kita sulit mengatur waktu dengan baik, maka jadwal rencana kerja menjadi berantakan. Seperti terlambat menghadiri rapat atau rapat yang menyebabkan kamu kehilangan klien. Atau terlalu sibuk hingga mengabaikan kesehatan hingga jatuh sakit.

2.      Permasalahan Persaingan dalam Bisnis

Pesaing selalu punya strategi cerdik untuk mengalahkan kamku. Bahkan terkadang, strategi tersebut begitu licik hingga akhirnya merusak citra atau nama baik bisnismu. Contoh masalah persaingan, adalah kompetitor menjual produk yang sama dengan harga lebih murah. Maka dapat merugikan bisnismu di internet, dan lain-lain. Untuk itu selalu waspada, siapkan strategi unggul dan terus tingkatkan kualitas bisnismu.

3.      Masalah Keuangan

Pengelolaan keuangan yang buruk akan menimbulkan masalah yang fatal bagi bisnismu. Uang sangat penting untuk kelangsungan bisnismu. Jika arus kas kamu tidak lancar, lama kelamaan bisnis kamu bisa bangkrut. Untuk itu, kamu perlu mengelola pengeluaran dan pendapatan dengan bijak, merencanakan dan memantau keuanganmu secara profesional dengan sistem akuntansi yang andal.

4.      Masalah Pelanggan

Kekecewaan pelanggan akan membuat konsumen atau pelanggan meninggalkan bisnismu. Maka dari itu berusahalah untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dan selalu memberikan layanan terbaik. Jika ada masalah, jangan menghindari keluhan pelanggan, namun selesaikan dengan cepat dan tepat.

5.      Masalah Karyawan

Sulit untuk mengendalikan orang lain, karena terkadang karyawan tidak disiplin dalam bekerja dan tidak menghormati kamu di kantor. Pekerjaan menjadi sibuk karena berhadapan dengan karyawan yang tidak kompeten dalam bekerja. Untuk itu, kamu harus memiliki sikap pemimpin yang di sukai, namun juga di hormati. Bimbing karyawan, hormati, tapi juga tegas saat ada yang melakukan kesalahan.

6.      Masalah Regulasi

Kehadiran regulasi atau peraturan bisa menguntungkan atau merugikan, tergantung bagaimana kamu menyikapi peraturan tersebut. Terutama soal peraturan pemerintah yang berbelit-belit dan sering menimbulkan masalah. Kamu perlu memahami pentingnya peraturan dan dampaknya terhadap bisnismu. Jangan sampai terjerumus ke dalam persoalan regulasi yang memaksa kamu harus berhadapan dengan hukum.

7.      Masalah Pemasaran

Saat kamu mempromosikan dan memasarkan produk, pastinya kamu akan menghadapi berbagai kendala di lapangan. Seperti rencana pemasaran yang tidak efektif dan berujung pada penurunan tingkat penjualan. Untuk itu siapkan rencana B untuk mengatasi rencana A yang kurang tepat tersebut. Agar kamu siap menghadapi permasalahan pemasaran yang merugikan bisnismu.

8.      Masalah Teknologi

Perkembangan teknologi yang pesat dan canggih tidak bisa kamu cegah. Namun, sangat sulit untuk mengikuti dan menggunakan teknologi terkini dan termodern. Apalagi jika bisnismu berkaitan dengan teknologi. Namun, masalahnya adalah pesaing kamu mungkin menggunakan perkembangan teknologi untuk mengungguli bisnismu. Oleh karena itu, kamu harus cepat belajar beradaptasi dengan perubahan zaman.

9.      Masalah Kepercayaan Diri Dalam Bisnis

Terkadang, keadaan pikiran dan hatimu sedang tidak baik. Hal ini dapat menyebabkan masalah bisnis. Rasa percaya diri menurun dan membuat performa kamu kurang maksimal. Seperti kamu menjadi gugup saat presentasi, lambat dalam mengambil keputusan, takut mengambil risiko, dan pesimis terhadap masa depan. Masalah kepercayaan diri harus di perjuangkan agar kamu bisa maju.

10.  Masalah Keluarga

Masalah pribadi yang berkaitan dengan keluarga dapat mempengaruhi produktivitas. Terkadang, sulit mengendalikan diri jika menyangkut masalah keluarga. Seperti keluarga yang tidak mendukung bisnismu, masalah konflik rumah tangga, dll. Untuk itu, kamu harus bisa menyelesaikan masalah secara profesional. Tanpa melibatkan masalah keluarga dalam urusan bisnis.

Mengatasi Berbagai Masalah Bisnis Online

Agar bisa mengatasi kebingungan pikiran saat menghadapi berbagai masalah bisnis. Tentunya kamu memerlukan beberapa tips mengatasi berbagai permasalahan bisnis online di bawah ini!

1.      Ketenangan Pikiran

Ada sebuah quote yang berbunyi: “Jangan mengambil keputusan saat kamu sedang sangat senang atau sedih.” Setelah di cerna, kutipan tersebut juga ada benarnya. Saat menyelesaikan masalah, kamu harus selalu “berkepala dingin”. Pikiran yang “panas” dan gelisah dapat mengambil keputusan dengan cepat.

Akibatnya, intuisi dalam mengambil keputusan yang berpeluang menyelamatkan eksistensi bisnis menjadi redup. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk beristirahat sejenak dan mengambil nafas, serta menenangkan pikiran sebelum mengambil keputusan tergesa-gesa.

2.      Cobalah Berpikir Positif

Setelah pikiran sudah tenang, barulah bisa melanjutkan ke langkah berikutnya, yaitu mulai berpikir positif. Memancing pikiran positif ketika di hadapkan pada banyak permasalahan memang tidak mudah, namun bukan berarti tidak mungkin.

Berpikir positif bisa di picu dengan menggali motivasi inspiratif yang mendorongmu memulai bisnis selama ini. Ingat, setiap orang pasti pernah mengalami titik rendah ketika berbisnis. Dalam proses mencapai posisi tertinggi, bukan tidak mungkin harus bekerja keras dengan merasakan titik terendah terlebih dahulu.

3.      Temukan Jalan Keluar melalui Ide-Ide Kreatif

Ide-ide kreatif adalah tips berbisnis inovatif. Oleh karena itu, dalam berbisnis biasakanlah mengembangkan pikiran kreatif untuk menyelesaikan segala permasalahan bisnis. Saat kamu terbiasa mengasah kreativitas, kamu akan menemukan lebih dari satu solusi untuk masalahmu. Dengan begitu, kamu tidak perlu hanya mempunyai satu jalan keluar.

4.      Jangan Putus Asa

Menjadi pengusaha sukses merupakan impian banyak orang. Namun, siapa sangka memulai bisnis tidak semudah berpindah tangan. Kegagalan demi kegagalan terkadang menghampiri setiap pionir bisnis. Meski terdengar mudah, nyatanya kalimat “pantang menyerah” menjadi kutipan yang paling relevan bagi para pelaku bisnis startup. Sebab, hanya mereka yang bertahan sampai akhir yang bisa menang.

5.      Belajar dari Kesalahan

Setiap orang pasti pernah mengalami kesalahan dalam aktivitas yang di lakukannya. Mulai dari bekerja hingga belajar. Namun jangan membuat kesalahan dengan hanya mengabaikannya. Ada sesuatu yang bisa di pelajari dari kesalahan, termasuk dengan memahami kesalahan diri sendiri.

Pentingnya belajar dari kesalahan, salah satunya adalah agar tidak mengulanginya lagi masalah bisnis di kemudian hari. Karena kamu sudah mengetahui bahwa kesalahan yang kamu lakukan tidak layak untuk di ulangi dan juga jadikan diri kamu lebih berhati-hati dalam bertindak.

Penutup

Demikian penjelasan dari kami tentang 10 masalah bisnis yang sering di jumpai dan tips mengatasinya. Semoga bermanfaat!

Baca Juga