fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Domain

Apa Itu Sistem Penamaan Domain? Inilah Penjelasannya

Rianda

Sistem penamaan domain merupakan sistem yang mempermudah pengguna internet dalam mengunjungi situs yang dikehendakinya. Keberadaannya membantu user untuk mencari informasi yang ada di internet dengan lebih efisien. Selain untuk kegunaan tersebut, ada manfaat lainnya.

Setiap situs web memiliki alamat IP. Tapi untuk mengaksesnya menggunakan alamat IP tentu sulit dan tidak mudah dihafalkan. Karena itulah, web memerlukan nama domain yang lebih spesifik. Sistem penamaan ini merupakan cara yang paling mudah dalam membaca domain.

Mengenal Domain Name System

Sering kali sistem ini diistilahkan dengan Domain Name System. Definisinya adalah sebuah sistem yang didesain dengan fungsi untuk membuat informasi nama host serta domain. Informasi tersebut dikemas dalam basis data yang besar (distributed database) pada jaringan komputer.

Sistem tersebut memberikan alamat IP untuk setiap nama host. Selain itu melakukan pendekatan terhadap setiap server transmisi surat, yang mana memperoleh email bagi tiap domain. Karena itulah, keberadaan sistem ini membuat penerjemahan dari nama situs menjadi alamat internet lebih efisien.

DNS terbentuk karena bahasa komputer khusus yang isinya berupa kode unik. Kode tersebut merupakan identitas yang membuat antar domain menjadi berbeda. Adanya sistem ini tidak perlu bingung untuk memasukkan alamat IP atau alfanumerik. Sebab sudah dilakukan penyederhanaan dengan penamaan.

Domain Name System itu memiliki beberapa bagian yang harus diperhatikan. Berikut tiga bagian dari DNS:

  • Tingkat atas. Domain dari tingkat paling atas itu mewakili lokasi geografis. Contohnya seperti bentuk kode negara. Penamaan ini memudahkan identifikasi antar negara dan menjadi perwakilan identitas sebuah organisasi.
  • Tingkat kedua. Muncul setelah tingkat atas dan root DNS. Biasanya menunjukkan layanan apa yang tersedia.
  • Subdomain. Ini merupakan bagian dari domain utama. Kategorinya lebih spesifik.

Manfaat Domain Name System

Keberadaan sistem penamaan domain memberikan ragam manfaat kepada pengguna internet. Mulai dari kemudahan, keamanan, serta kecepatannya. Inilah penjelasannya:

1. Memudahkan Dalam Menghafal Domain

Manfaat pertama dari Domain Name System yaitu memudahkan user internet dalam menghafal domain. DNS akan menerjemahkan alamat IP ke nama domain maupun sebaliknya. Karena itulah, tidak perlu lagi menuliskan IP address yang susah jika ingin mengunjungi situs tertentu.

Alamat IP atau alfanumerik adalah kode unik sebagai identitas suatu web. Sebelum adanya sistem ini, pencari informasi harus memasukkan kode tersebut yang pastinya rumit. Itulah mengapa DNS membuatnya menjadi lebih mudah.

2. Memudahkan dalam Rekam Data Penerima Email

Manfaat yang kedua yaitu memberikan kemudahan dalam proses rekam data penerima email. Sistem ini memiliki peran dalam mempermudah aktivitas masuk maupun keluarnya mail server. Prosesnya juga lebih tersistem  dan server dapat memenuhi tugasnya.

3. Menambah Keamanan Sistem

Adanya Domain Name System ternyata juga bermanfaat untuk meningkatkan sistem keamanan yang terdapat dalam web. Sistem tersebut sangat mungkin membantu dalam pengembangan bisnis big data. DNS akan menanamkan security system bawaan.

Karena manfaat tersebut, web akan terlindungi dari risiko terserang peretas secara optimal. Ketika ada gelagat oknum yang menyerang sistem keamanan, DNS membantu dalam mendeteksinya. Meski begitu, harus tetap diberi lapisan keamanan lain.

4. Meningkatkan Kecepatan Akses Internet

Manfaat terakhir dari sistem penamaan tersebut adalah bisa menaikkan kecepatan saat mengakses internet. Hal tersebut berkat adanya fitur peningkatan kecepatan pada server yang dipakai. Para pengguna juga terbantu karena aktivitas jelajahnya lebih stabil.

Demikian penjelasan tenaga sistem penamaan domain dan apa saja manfaatnya. Pada dasarnya, sistem tersebut membantu para pencari informasi dalam mengakses situs. Jadi tidak perlu lagi mengetikkan satu persatu kode dari IP address.

Baca Juga