fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

General

Mengenal Sistem Keamanan Website dan Cara Meningkatkannya

Yanti puspita

Hacker dan cracker bagi pemilik sebuah website merupakan dua hal yang perlu diperhatikan. Keduanya ahli dalam membobol, meretas, melihat, mengubah, mencuri, merusak, dan memanipulasi data orang lain. Oleh karena itu, penting untuk memiliki sistem keamanan website.

Cracker dianggap lebih berbahaya daripada hacker karena tujuan mereka adalah melakukan kejahatan. Pada saat yang sama, diyakini bahwa peretas hanya mencoba masuk ke dalam keamanan dan memberikan data terkait pelanggaran untuk diperbaiki oleh pemiliknya.

Perbedaannya adalah apakah seorang cracker murni merusak data orang lain, sedangkan hacker dapat merusak dan memanipulasi data orang lain. Tetapi mereka menawarkan manfaat bagi pemilik situs web tentunya.

Tentu saja, penting untuk melindungi situs web Anda dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Anda dapat melakukannya dengan meningkatkan keamanan situs web dengan teknologi yang tersedia.

Jadi dalam artikel ini, Dewabiz akan menyajikan tentang sistem keamanan website yang harus Anda miliki.

Teknologi Sistem Keamanan Website

Saat ini sudah banyak sistem keamanan yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan keamanan website Anda. Website Anda akan lebih aman dengan berbagai sistem keamanan dari dewabiz antara lain sebagai berikut:

Hotlink Protection

Apa itu Perlindungan Hotlink? Ini adalah alat cPanel yang memblokir situs web orang dan mencegah lampiran file. Mengingat hosting memiliki website yang berbeda-beda yang tergabung dalam satu hosting.

Jadi semua file, baik gambar maupun lainnya, juga tertampung dalam satu wadah. Agar bandwidth Anda gunakan tidak terpengaruh secara signifikan maka gunakanlah Hotlink Protection agar tidak menautkan situs web Anda langsung ke situs web orang lain.

IP Blocker

Alat Pemblokir IP memungkinkan Anda untuk memblokir alamat IP orang lain yang Anda berikan. Jika Anda memblokir alamat IP ini, Anda tidak akan dapat mengakses situs web Anda.

Dampaknya adalah situs tersebut akan mati dikarenakan Biasanya digunakan oleh seseorang yang terlalu banyak menggunakan sumber daya dari situs Anda. Oleh karena itu, pemblokir IP tentunya dapat diterapkan untuk meningkatkan keamanan situs web.

Keamanan Website dengan Free SSL

Banyak situs web saat ini menggunakan SSL. Pasalnya, untuk meningkatkan keamanan website, kepercayaan, SEO, peringkat Google dan lain sebagainya menggunakan SSL sangat bermanfaat untuk memberikan keuntungan dalam berbagai aspek seperti:.

SSL atau Secure Socket Layer merupakan sistem yang memberikan keamanan tambahan untuk website Anda. Terutama untuk data peristiwa terenkripsi. URL Anda akan berubah dari HTTP menjadi HTTPS Jika situs yang Anda gunakan memakai SSL.

Keamanan Website dengan Anti Malware Systems

Malware sendiri adalah alat yang dirancang untuk merusak, mencuri, dan mengganggu pengguna yang dituju. Dan tujuannya buruk. Contoh malware adalah Trojan, virus, dan spyware.

Teknologi hosting terbaik dari dewabiz dilengkapi dengan sistem anti-malware, artinya serangan dan ancaman segera dilaporkan dan malware segera dilawan.

ModSecurity

ModSecurity adalah firewall berbasis web open source yang berjalan pada modul Apache yang sudah tersedia di server hosting web Anda. Tujuannya adalah untuk mencegah dan juga mendeteksi serangan di situs web. misalnya serangan brute force, injeksi SQL, skrip lintas situs, dll.

ModSecurity juga berguna untuk menghentikan dan memblokir lalu lintas serta permintaan yang dianggap berbahaya. ModSecurity dapat dipercaya untuk meningkatkan keamanan website.

Dari poin-poin yang disebutkan di atas, kita sekarang mengetahui teknologi keamanan dari dewabiz yang lengkap, yang dappat menawarkan perlindungan maksimum untuk situs web Anda. Setelah Anda mengetahuinya berikut ini kami berikan tips meningkatkan keamanan website Anda.

Tips Untuk Meningkatkan Keamanan Website Anda

Berikut adalah beberapa tips dasar untuk meningkatkan keamanan website Anda sebagai berikut:

Memilih Penyedia Hosting Terpercaya dan Aman

Tips pertama dan terpenting adalah mengidentifikasi penyedia web hosting murah terbaik yang dapat meningkatkan keamanan situs web Anda. Karena semua fitur dan alat yang tersedia merupakan bagian dari hosting, memilih penyedia hosting yang tepat adalah langkah yang paling penting.

Ketersediaan berbagai fungsi keamanan selanjutnya memastikan perlindungan optimal terhadap situs web Anda. Untungnya, dewabiz telah menyediakan banyak fitur dan teknologi canggih yang selalu diperbarui demi keamanan website pelanggannya.

Install Plugin Keamanan Website Anda

Setiap platform website biasanya memiliki plugin yang bisa di gunakan. Salah satunya adalah WordPress, yang menawarkan plugin gratis untuk digunakan.

Gunakan dan Pasang SSL

Instalasi SSL di perlukan untuk saat ini. Pengunjung dan mesin pencari seperti Google meninggalkan halaman tanpa enkripsi SSL. Bahkan Google sendiri lebih memilih website yang sudah menggunakan SSL.

Selalu cek dan Update Website Anda

Saat di minta memperbarui situs web. Misalnya wordpress, ada baiknya di update dulu karena kemungkinan menimbulkan bug dan semacamnya.

Gunakanlah Username dan Password yang kuat

Kebanyakan peretas sering mengeksploitasi celah dalam login situs web. Membuat username dan password yang kuat membuat orang yang tidak bertanggung jawab sulit untuk masuk. Oleh karena itu, penggunaan token dan kombinasi merupakan cara yang tepat untuk meningkatkan keamanan website.

Lakukan Backup Data

Mencadangkan data merupakan salah satu hal penting. Karena jika website Anda bermasalah, ada backup yang bisa mengembalikan data Anda yang rusak. Penyedia hosting terbaik biasanya menyertakan fitur cadangan tersebut. Anda juga dapat menginstal plugin cadangan seperti BackupBuddy, BoldGrid Backup, dll.

Memastikan keamanan website adalah hal yang paling penting bagi pemilik website. Terutama toko online atau situs belanja online dengan banyak pengguna dan juga event-event besar. Oleh karena itu, keamanan informasi situs web tidak boleh di tinggalkan.

Selalu Update CMS Website

Sangat penting untuk memastikan Anda menggunakan versi terbaru dan terbaru dari CMS Anda. Ini berguna untuk mencegah peretas menggunakan metode peretasan otomatis yang hanya dapat bekerja dengan perangkat lunak yang sudah usang atau tidak pernah di perbarui. Perangkat lunak usang sangat mudah di retas dengan bot yang terus mencari celah yang dapat di eksploitasi. Jadi pastikan Anda selalu menggunakan CMS versi terbaru di website Anda.

Perhatikan Konfigurasi Server

Pertama, Anda perlu mengetahui konfigurasi apa yang di gunakan di web server misalnya: Apache, Nginx dan Microsoft IIS. Ini untuk menggunakan beberapa pengaturan yang berjalan di server untuk meningkatkan keamanan situs web. Server web ini adalah perangkat lunak yang berjalan melalui klien web untuk memungkinkan browser menampilkan halaman dan informasi yang di minta.

Batasi Akses Pengguna

Jika situs web yang Anda kelola memiliki banyak info masuk, sangat penting untuk membatasi akses setiap pengguna. Anda dapat menentukan peran pengguna yang masuk ke situs web Anda. Misalnya administrator, editor, anggota dll. Ini biasanya berlaku untuk blog. Hal ini sebagai langkah preventif untuk mengurangi resiko kerusakan yang di sebabkan oleh kesalahan manusia.

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan tentang lima sistem keamanan website dan meningkatkan keamanan website. Website yang aman sangat penting bagi pemilik website. Pengunjung merasa nyaman saat mesin pencari menilai situs tersebut sebagai situs tepercaya.

Bagi Anda yang ingin merasa aman, teknologi hosting terbaik dewbiz adalah pilihan yang tepat untuk Anda. Ada berbagai jenis hosting yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan. Jangan lewatkan penawaran menarik dari dewabiz untuk membuat website Anda semakin aman tentunya.

Baca Juga