fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Panduan

Simak Yuk, Inilah Cara Run C++ di Visual Studio Code

Wiliam

Cara run C++ visual studio code merupakan salah satu informasi yang sampai dengan saat ini banyak dicari oleh kalangan masyarakat. Pada kesempatan kali ini akan dibahas secara lengkap mengenai perihal pengertian dan cara run C++ di visual studio code. Simak lebih lengkapnya dibawah ini.

Pengertian Visual Code Studio

Visual code studio merupakan code editor gratis yang bisa dijalankan pada perangkat desktop berbasis Windows, Linux dan Mac OS. Selain itu, untuk Code editor yang satu ini bisa dikembangkan oleh salah satu raksasa teknologi di dunia.

Visual Code merupakan software editor yang powerfull dan ringan, ketika digunakan. Code tersebut juga bisa digunakan untuk membuat dan mengedit source code di berbagai bahasa pemrograman. Ada beberapa visual studio code yang bisa dipilih, yaitu JavaScript, TypeScript, dan Node.js.

Bahkan, untuk visual studio code ini juga sudah kompatibel dengan beberapa bahasa dan runtime environment lain. Contohnya, PHP, Python, Java dan Net.

Pada hal ini berkat ekosistem yang sangat luas dan ketersedian extension melimpah. Maka tidak heran, ketika visual studio code merupakan code editor yang sangat populer saat ini.

Hal ini sudah terbukti dari salah satu survei dari stack overflow. Dimana software yang satu ini sudah menduduki peringkat yang paling atas dengan persentase pengguna 71.06%.

Fitur Pada Visual Studio Code

Ada beberapa fitur visual studio code yang juga bisa digunakan oleh bizzie, sebagai berikut :

1. Basic Editing

Sesuai dengan fungsinya, untuk kemampuan visual code studio untuk coding ini tidak perlu diragukan. Bahkan, visual studio code ini juga bisa menambahkan fitur auto save dan hot exit.

Keduanya mempunyai fungsi untuk menyimpan file secara otomatis. Pada hal ini juga berguna untuk mencegah beberapa hal tidak diinginkan, seperti lupa menyimpan file.

2. IntelliSense

IntelliSense merupakan fitur Visual Studio Code yang bisa mempermudah bizzie untuk proses coding. Untuk masalah cara kerjanya hampir sama dengan Autocomplete, yaitu menyeramkan pada semua kata berdasarkan apa yang bizzie ketik.

IntelliSense juga tersedia yang default dan bertujuan untuk bahasa pemrograman Javascript, Typescript, JSON, HTML dan CSS. Untuk bizzie jangan khawatir, karena tetap bisa menambahkan IntelliSense sebagai bahasa pemrograman lain menggunakan Extension Marketplace.

Cara Run C++ Visual Studio Code

1. Menggunakan Shortcut CMD

Cara run C++ visual studio code, tekan tombol F1 atau CTRL + Shift + P secara bersamaan agar bisa membuka command platte. Setelah itu, bizzie ketikkan command dan pilih open new command prompt untuk membuka cmd secara default akan terbuka di direktori aktif file java. Bizzie juga bisa menggunakan shortcut CTRL + Shift + C dan cmd akan langsung terbuka.

2. Menggunakan Integrated Terminal

Untuk cara run C++ visual studio code hampir sama dengan sebelumnya, bizzie bisa langsung saja menggunakan integrated terminal agar bisa melakukan command yang digunakan di cmd. Seperti halnya dengan cd untuk memindah direktori, java untuk compile dan java untuk run.

Caranya bizzie cekan menekan tombol CTRL + ` (backtick) dan integrated terminal sudah muncul di bagian bawah VS Code. Satu hal perlu diketahui, bahwa tombol backtick ini berada di sebelah kiri angka 1.

3. Menggunakan Extensions

Dara dua cara run C++ visual studio code sebelumnya, untuk kali ini sangat mudah digunakan. Akan tetapi, sebelum itu bizzie harus melakukan install  extensions tambahan terlebih dahulu.

Caranya sangat mudah, bizzie bisa langsung menekan tombol CTRL + P dan ketikkan ext install java debug. Setelah itu pilih tombol enter. Bagian sidebar sebelah kiri, bizzie akan diberikan beberapa pilihan yang tersedia di VS Code Marketplace.

Pilih saja langsung menu java debug yang berada di publish oleh DSnake. Lalu klik install dan tunggu sampai dengan beberapa saat dan klik enable dan restart vscode yang sudah dimiliki. Untuk menggunakan extensions tersebut bizzie bisa mengikuti 3 perintah utama, sebagai berikut :

●      Ctrl + Shift + U = untuk menampilkan bagian output

●      Alt + C = Shortcut untuk compile (sama seperti perintah javac)

●      Alt + R = Shortcut untuk run (sama seperti perintah java)

4. Menggunakan Extensions Code Runner

Pada cara run C++ visual studio code satu ini hanya bisa digunakan untuk bahasa pemrograman java saja. Ada beberapa bahasa pemrograman yang bisa dipilih oleh bizzie, yaitu C, C++, JavaScript, Python, dan lain sebagainya. Untuk hal yang satu ini juga menjadi salah satu cara run C++ visual studio code paling mudah dibandingkan sebelumnya.

Untuk menggunakan cara run C++ visual studio code ini sangat mudah. Caranya bisa menekan Ctrl + P, kemudian ketik ext install code-runner, lalu enter. Pilih Code Runner yang di publish oleh Jun Han, kemudian klik Install dan aktifkan. Ada 3 extension yang bisa dipilih, sebagai berikut :

●   Pertama, membuka menu command palette dengan menekan tombol F1 atau Ctrl + Shift + P. Setelah itu, ketik run code, lalu enter.

●   Kedua, menggunakan shortcut Ctrl + Alt + N.

●   Dan yang paling akhir,  bizzie cukup klik kanan pada workspace kalian, dan pilih menu Run Code.

Pilih saja salah satu cara run C++ visual studio code yang menurut bizzie paling mudah digunakan. Jangan sampai bizzie salah mengetikkan satu huruf maupun simbol, karena bisa berpengaruh terhadap proses run C++ visual studio code.

Sekian penjelasan mengenai beberapa cara run C++ visual studio code. Besar harapan dengan adanya penjelasan diatas bisa membantu bizzie yang ingin run C++ visual studio code.

Baca Juga