fbpx

Simak Ini, Rekomendasi Aplikasi Ujian Online Terbaik

Meskipun saat ini memang bisa dikatakan sudah memasuki New Normal, namun tetap saja banyak sekolah yang memberikan libur kepada siswa siswinya dan belajar dari rumah. Untuk belajar di rumah, tentunya kebanyakan siswa siswi akan melakukan pembelajaran dengan belajar seperti form ujian, , call dengan guru, dan masih kegiatan lagi. 

Salah satu yang paling penting digunakan yaitu sebuah aplikasi ujian secara online. Sudah ada banyak sekolah yang menggunakan aplikasi untuk melakukan ujian tersebut. Lalu apa saja aplikasi terbaik yang memang layak untuk digunakan?

Aplikasi Ujian Online Terbaik yang Patut Dicoba

Sebagai guru, maka bizzie bisa memilih mana yang cocok dari beberapa terbaik di bawah ini untuk diterapkan di sekolah. 

Masing-masing dari aplikasi online gratis ini tentunya mempunyai kelebihan dan kekurangan, yang mana sebenarnya untuk kekurangan dari masing-masing aplikasi tersebut tidaklah sebuah masalah yang perlu di khawatirkan sebab platform aplikasi tentunya sudah diperhitungkan dengan baik oleh vendornya baik itu dari sisi keamanan maupun dari kestabilan produknya.

1. Zenius

Rekomendasi aplikasi ujian online terbaik pertama yang pas dijadikan sebagai media untuk belajar dan ujian ada yang namanya Zenius. Di aplikasi ini ada berbagi macam soal, khususnya untuk SD, SMP, dan SMA. Tentunya disini, bizzie bisa mengerjakan soal secara online maupun offline. 

Bukan hanya itu saja, aplikasi ini juga dilengkapi juga dengan modul yang berwujud video maupun ebook. Dengan menggunakan perangkat android saja, mau dimana pun dan kapanpun itu kini sudah bisa mengerjakan soal.

2. Quipper

Aplikasi ujian online terbaik selanjutnya ada yang namanya Quipper. Mungkin sebagian dari bizzie sudah tidak asing lagi dengan aplikasi yang satu ini. Dengan memanfaatkan fitur quipper quiz, nantinya fitur ini akan memberikan beberapa jenis soal dengan berbagai macam tingkat kesulitan. 

Baca Juga :  Begini Panduan Cara Instal Candy CBT di Cpanel Hosting

Menariknya layanannya juga sudah diklaim sesuai dengan kurikulum pelajaran yang telah berlaku di Indonesia.

3. Soal Ujian SMP

Berikutnya ada aplikasi yang bernama Soal ujian SMP. Di aplikasi ujian online terbaik ini secara khusus, menyediakan beberapa soal mulai dari kelas 7 hingga kelas 9. Baikl itu mulai dari mata pelajaran Utama yang dibuat Ujian Nasional seperti Matematika, IPA, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, bahkan sampai dengan pelajaran lainnya tersedia secara komplit dengan soalnya juga. 

Apabila misalnaya bizzie tertarik dengan aplikasi ini, bisa langsung mengunduhnya secara langsung di play store.

4. Pahamify-Belajar Online Gratis

Selanjutnya adalah aplikasi ini yang merupakan aplikasi untuk belajar online secara gratis. Bukan hanya bisa mengerjakan soal yang ada di aplikasi ini, namun juga bisa mengetahui sampai sejauh apa siswa dalam menguasai materi.

Selain itu ada juga beberapa seri ujian. Aplikasi ini pun sudah mencakup banyak sekali mata pelajaran. Bahkan latihan ujian nasional pun ada, meskipun saat ini ujian nasional sudah ditiadakan sementara akibat pandemi COVID-19. Namun tidak ada salahnya jika digunakan untuk belajar bukan?

5. Aplikasi Ujian Online – SoalOnline

Bisa dikatakan jika aplikasi ini lebih dikhususkan untuk memperdalam pemahaman siswa mengenai materi. Umumnya, siswa akan menggunakan aplikasi ini sebelum dibbawa kepada soal UTS maupun UAS. Juga telah disediakan secara lengkap berbagai macam tingkatan soal siswa, mulai dari yang mudah dan yang sulit.

6. Google Form

Ujian online biasanya menggunakan , dimana aplikasi ini bisa dikatakan sebagai aplikasi ujian online terbaik dengan fitur yang sudah terhubung dengan aplikasi pembelajaran milik Google yang disebut dengan Google Classroom.

Aplikasi ujian online ini pun telah tersedia secara gratis untuk digunakan dan disesuaikan dengan materi dan soal ujian yang ingin dibuat, baik itu yang berbentuk pilihan ganda bahkan sampai essay panjang dan pendek.

Baca Juga :  5 Manfaat Utama Memilih Google Cloud Hosting

Baca Juga : Tutorial Membuat Aplikasi Android Tanpa Coding, Dijamin Berhasil!

7. Testmoz

Aplikasi ujian online yang satu ini diketahui mempunyai desain tampilan yang sederhana dan mudah untuk digunakan, dimana telah tersedia dalam versi gratis yang bisa digunakan oleh 50 siswa sekaligus.

Fitur yang tersedia dalam aplikasi ini juga seperti soal pilihan ganda, pilihan benar atau salah, soal dengan mencocokan jawaban, soal esai, fitur mengupload gambar, menyisipkan video, upload file, dan masih banyak lagi yang mana bisa digunakan di desktop maupun mobile.

8. ProProfs

Aplikasi atau tools lainnya ada yang bernama Proprofs. Jika bizzy pakai ini, maka setelah siswa mengerjakan soal, nantinya ia akan menerima hasil dalam bentuk setifikat atau piagam. Jadi bisa sekaligus menjadi reward untuk siswa. Untuk versi gratisnya, gambar bisa dimasukkan ke soal, akan tetapi hasil yang dapat Bapak Ibu lihat terbatas yaitu sampai 10 siswa saja.

9. Quia

Terakhir ada yang namanya Quia yang menawarkan guru dan pendidik untuk membuat game edukasi, soal atu kuis online, kelas , serta berbagai aktivitas pembelajaran online lainnya. Dalam aplikasi ini, bizzie akan diberi akses gratis selama 30 hari, dan apbila tertarik bisa melanjutkan dengan membayar biaya tahunan.

Inilah beberapa aplikasi ujian online terbaik untuk para bizzie sebagai guru hebat. Dalam hal ini, jangan lupa, bahwa tentu setiap aplikasi atau tools online itu mempunyai kelebihan dan kekurangannya. Namun meskipun demikian, aplikasi yang dijelaskan di atas tadi adalah gratis, atau ada juga yang berbayar, tergantung keinginan bizzie. Apakah sekarang bizzie sudah menemukan aplikasi ujian mana yang akan nantinya dipakai?

Baca Juga : 5 Rekomendasi Aplikasi Remote Server yang Bisa Jadi Pilihan Anda