fbpx

5 Rekomendasi Aplikasi Remote Server yang Bisa Jadi Pilihan Anda

Saat ini, penggunaan remote server adalah hal yang sudah umum. Bagaimana tidak, remote server memang memberikan berbagai kemudahan, khususnya dalam hal pengontrolan server. Inilah mengapa Anda perlu tahu mengenai remote server, yang bisa mempermudah remote server.

Untuk melakukan kegiatan pengendalian server secara jarak jauh, pastinya perlu atau aplikasi khusus. Saat ini, sudah banyak aplikasi yang bisa Anda pilih. Namun dari sekian banyaknya aplikasi, mana yang sekiranya menjadi rekomendasi untuk digunakan?

Tenang, Anda tidak perlu bingung lagi. Sebab kami sudah merangkum aplikasi mana saja yang tepercaya untuk Anda, baik itu aplikasi remote server Linux, Windows, atau mac OS. 

Pengertian Remote Server

aplikasi remote server

Sumber : https://unsplash.com/photos/40XgDxBfYXM

Sebelum melangkah lebih jauh ke rekomendasi aplikasinya, ada baiknya Anda mengetahui definisi dari remote server itu sendiri. Sebab dalam konteks server ataupun , terdapat berbagai istilah dengan kata-kata yang kerap kali membuat orang keliru.

Secara mudah, remote server ini bisa didefinisikan sebagai sebuah pengontrolan atau pemantauan server secara jarak jauh. Sehingga dari mana pun berada, maka server yang Anda miliki tetap bisa untuk dimonitor.

Kelebihan remote server pun ada banyak. Tak hanya dari segi kemudahan saja. Begitu pula kelebihan dari menggunakan remote server.

Contoh lain  dari segi keamanan. Sebab tidak semua orang dapat mengaksesnya. Perlu alamat IP, username, bahkan tertentu. Bahkan dengan remote server, Anda bisa melakukan kontrol pada lain atau melakukan hosting pada banyak perangkat.

Baca Juga :  Apa Itu Proxy Server? Pengertian dan Fungsinya

Aplikasi Remote Server

Aplikasi Remote Server

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, remote server perlu sebuah software untuk menjalankannya. Berikut adalah daftar rekomendasi aplikasi untuk remote server yang bisa Anda jadikan pilihan.

1. TeamViewer

Rekomendasi pertama adalah TeamViewer. Aplikasi yang satu ini bisa dibilang sebagai software “sejuta umat” dalam hal operasional remote server. Banyak yang menyukai aplikasi ini, sebab penggunaannya tergolong mudah.

Keamanan aplikasi ini juga sangat baik. Sebab TeamViewer sudah ISO27001 dan menggunakan enkripsi 256Bit AES . Aplikasi ini tersedia untuk berbagai OS. Seperti Windows, Mac OS, Android, serta Linux.

2. Windows Remote Desktop

Software yang satu ini sudah dianggap sebagai aplikasi basic dalam hal operasional remote server. Aplikasi yang satu ini sebenarnya sudah tersedia secara default di sistem operasi Windows.

Selain pengoperasian mudah, keamanan Windows Remote Desktop juga terjamin. Lalu ada fitur tambahan pula untuk memudahkan berkomunikasi pada server.

3. Unified Remote Desktop

Rekomendasi ketiga yaitu Unified Remote Desktop. Software untuk remote server dapat terkoneksi dengan menggunakan berbagai , mulai dari hingga Bluetooth. Keamanannya pun juga sudah baik. 

Anda bisa memilih opsi untuk aplikasi berbayar maupun gratis, yang tentunya dengan fitur yang berbeda. Aplikasi ini tersedia untuk hampir semua sistem operasi populer. Kemudian bila Anda menyukai kustomisasi tampilan, aplikasi yang satu ini bisa jadi pilihan yang tepat.

4. AnyDesk

Aplikasi yang satu ini juga tergolong banyak digunakan. Fiturnya juga beragam. Enkripsinya juga sudah menggunakan TLS 1.2, sehingga keamanannya bagus. Lalu AnyDesk juga bisa mendeteksi pengguna mana saja yang sudah terkoneksi. Keunggulan lainnya adalah ukuran aplikasi yang sangat ringan.

5. Zoho Assist

Rekomendasi kelima ini menawarkan kemudahan serta kebebasan untuk pengontrolan server.  Aplikasi ini juga gratis, baik untuk penggunaan personal atau untuk . Fiturnya juga tergolong bagus. Salah satunya adalah Wake-On LAN. Selain itu, klien juga tidak perlu software

Baca Juga :  Mengenal Domain BIZ.ID untuk Bisnis

Sekian mengenai rekomendasi yang bisa Anda jadikan pilihan. Dengan adanya hal ini, tentunya pemilik server dapat lebih menghemat tenaga serta biaya terkait dengan operasionalnya.

Semua aplikasi tersebut bisa Anda gunakan dengan mudah. Tinggal menyesuaikan aplikasi remote server dengan kebutuhan serta preferensi. Jadi, mana yang sekiranya jadi pilihan Anda? Bagi Anda yang belum bisa menentukan pilihan, konsultasikan dengan penyedia layanan , DewaBiz.