fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

General

Seperti Ini Mudahnya Cara Install Ghost di Cpanel Menggunakan Node.js

Yodik Prastya

Cara install Ghost di Cpanel menggunakan Node.js dapat Anda lakukan dalam beberapa langkah sederhana. Ya, Content Management System (CMS) yang satu ini mungkin masih kalah populer jika dibandingkan dengan WordPress. Namun demikian, ia menawarkan beberapa keunggulan untuk memudahkan pembuatan dan pengelolaan blog. Caranya?

Mengenal Ghost dan Cara Install Ghost di Cpanel Menggunakan Node.js

Ya, ada beberapa kelebihan yang mungkin bisa menjadi tambahan alasan bagi Anda untuk menginstal Ghost. Ghost adalah Content Management System berbasis open-source yang dibangun menggunakan platform Node.js. Platform ini dirancang khusus untuk kebutuhan publikasi konten seperti blogging dengan sejumlah keunggulan dibanding platform lain. 

Menariknya CMS Ghost ini dapat Anda gunakan gratis dengan opsi self-hosted dengan menginstalnya di layanan hosting yang Anda gunakan. Pilihan lainnya, Anda juga bisa memilih untuk mempercayakan semuanya pada layanan Ghost Pro yang dibanderol sekitar USD9 per bulan. Adanya pilihan ini, tentunya akan lebih memudahkan pengguna untuk menggunakan Ghost sesuai preferensi.

Ghost hadir dengan beberapa fitur dan keunggulan yang kemudian menjadikannya sebagai salah satu pilihan para blogger profesional. Bisa dikatakan bahwa Ghost adalah salah satu CMS terbaik dengan mencatatkan lebih dari tiga juta kali instalasi dan pengguna aktif berjumlah lebih dari 10.000. Meskipun masih digunakan pada 0,1% website di internet, tetap saja ia menjadi salah satu pilihan menarik terbukti dengan digunakannya oleh sejumlah korporasi besar seperti Buffer, Unsplash, Duolingo, Mozilla, Cloudflare, Clubhouse dan lain-lain.

Keunggulan CMS Ghost 

Berikut ini beberapa keunggulan yang mungkin bisa jadi tambahan pertimbangan bagi Anda:

Ramah Pengguna

Ghost menggunakan full-screen editor yang sekaligus menjadikannya sebagai salah satu platform ramah pengguna. Dengan antarmuka yang sederhana, deretan fitur dasar pun disajikan sesimpel mungkin dari hal-hal yang tidak perlu. Menggunakan Ghost, Anda dihadapkan pada tampilan editor cenderung bersih tanpa fitur-fitur Advanced Creator Tools.

Menunjang Produktifitas

Kesederhanaan antarmuka yang ditawarkan oleh Ghost tak sekedar membuatnya lebih ramah pengguna saja, utamanya pemula. Dengan tetap hadirnya fitur dasar yang mudah diakses, membuat Anda lebih fokus pada sajian konten tanpa harus terdistraksi oleh hal lain. Inilah yang kemudian Ghost dapat menunjang produktifitas blogging Anda karena pembuatan konten bisa lebih berkualitas dan lebih cepat.

Performa Unggulan

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, Ghost dibuat dari platform Node.js yang berbasis JavaScript. Hal ini membuat CMS Ghost mampu menawarkan kinerja yang lebih cepat tanpa kompromi soal fleksibilitas maupun kinerjanya. Hal ini juga ditunjang kesederhanaan tadi yang kemudian membuat waktu respon website semakin cepat, menekan risiko gagal loading.

Dukungan Fitur SEO

Ghost hadir dengan dukungan fitur SEO bawaan yang terbilang sudah cukup memadai untuk kebutuhan blog Anda, seperti XML Sitemap, Integrasi Google AMP, Schema Markup, Facebook Open Graph Tags bahkan Twitter Cards. Artinya, Anda sudah bisa melakukan optimasi SEO tanpa harus menginstal macam-macam plugin.

Hemat Biaya

Melalui skema yang dijelaskan di atas, anggaran yang perlu Anda siapkan untuk mulai menggunakan Ghost bisa dikatakan lebih terjangkau. Hal ini berlaku untuk opsi self hosted maupun hosted. Anda juga bisa mempertimbangkan untuk menggunakan Ghost Pro yang menawarkan lebih banyak pilihan tema dan integrasi pihak ketiga tanpa membayar lagi.

Instalasi Ghost di Cpanel menggunakan Node.js

Nah, apabila Anda tertarik untuk mempertimbangkan lebih jauh, berikut cara pemasangan CMS Ghost pada Cpanel mengunakan Node.js:

  • Silakan login ke Cpanel menggunakan akun Anda lalu cari fitur Node.js di menu Cpanel
  • Klik Create Application untuk mulai membuat aplikasi Node.js yang baru
  • Silakan masukkan lokasi folder instalasi Ghost pada kolom Application root, contoh: /beranda/username/public_html/ghost
  • Pada kolom Application URL, masukkan alamat website Anda, contoh: https://contohwebsite.com/ghost
  • Klik Create lalu simpan environment variable yang tampil di layar, contoh: export NODE_ENV=production
  • Selanjutnya, masuk ke server cPanel menggunakan terminal SSH seperti PuTTY atau sejenisnya
  • Masuk ke folder instalasi Ghost dengan menggunakan perintah cd, contoh: cd /beranda/username/public_html/ghost
  • Jalankan perintah npm install ghost-cli@latest -g untuk menginstall Ghost-CLI (tools untuk mengelola Ghost)
  • Instal Ghost pada folder tersebut dengan menjalankan perintah ghost install –local
  • Silakan ikuti instruksi yang ditampilkan dan data seperti nama situs, email, dan password admin
  • Apabila instalasi selesai, silakan jalankan perintah ghost start untuk mulai menjalankan Ghost di background
  • Selanjutnya masuk ke website dari aplikasi browser Anda, contoh https://contohwebsite.com/ghost untuk masuk ke halaman login admin Ghost dan memulai pembuatan blog menggunakan Ghost

Akhir Kata

Demikian penjelasan tentang apa itu CMS Ghost dan bagaimana cara install Ghost di Cpanel menggunakan Node.js. Selamat mencoba.

Baca Juga