fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

General

Ini Dia Cara Menjadi SEO Specialist, Yuk Simak!

Yanti puspita

Bidang SEO semakin populer, tidak heran banyak orang mulai mencari cara untuk menjadi spesialis SEO yang andal. Sebuah survei dari yang dilakukan oleh Search Engine Journal juga mengatakan bahwa lowongan untuk ahli SEO akan meningkat di tahun-tahun mendatang.

Oleh karena itu, peluang karir di bidang SEO specialist pasti akan terbuka. Oleh karena itu, tidak heran jika banyak orang yang tertarik untuk mencoba profesi SEO specialist. Mengerjakan teknik pemasaran SEO membutuhkan waktu, tenaga, dan pengalaman.

SEO specialist bertanggung jawab untuk mencapai tujuan pemasaran perusahaan, seperti brand awareness, akuisisi pelanggan, atau penjualan, melalui organic search. Artikel ini akan membahas cara menjadi SEO specialist, berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menjadi SEO Specialist, dan kursus apa saja yang cocok untuk berkarir di SEO.

Apa Itu SEO Specialist?

SEO Specialist atau Pakar SEO adalah seseorang yang memiliki keahlian khusus dalam kaitannya dengan pemasaran Internet/ digital marketing menggunakan SEO atau Search Engine Optimization. Tugasnya adalah mengoptimasi website agar dapat meningkatkan peringkat website tersebut.

Sehingga muncul di halaman pertama Google ketika seseorang mengetikkan kata kunci yang relevan dengan konten website. Memiliki ahli SEO juga dapat membantu meningkatkan perolehan traffic ke website Anda seperti meningkatkan potensi pendapatan dari pembelian produk/jasa di website.

SEO Specialist dibagi jadi dua yaitu, SEO Professional dan SEO Expert. SEO Profesional adalah profesi yang menerima jasa konsultasi SEO atau memberikan jasa SEO dengan menerima project tertentu yang berkaitan dengan SEO. Pakar SEO atau SEO Expert adalah seseorang yang memahami cara kerja SEO dan menerapkannya untuk meningkatkan peringkat situs web.

Cara Menjadi SEO Specialist

Nah, jika Anda tertarik untuk mempelajari bidang SEO ini dan menjadi SEO Specialist. Berikut langkah tepat menjadi SEO Specialist:

Memahami Dasarnya Terlebih Dahulu

Tidak ada cara instan untuk menjadi SEO Specialist. Untuk bisa dikatakan ahli dalam bidang SEO, dibutuhkan ketekunan dan komitmen. Namun, jangan minder dan putus asa terlebih dahulu jika Anda baru pertama kali mencoba belajar SEO. Tidak ada kata terlambat untuk belajar, mulailah mempelajari dan menjadi ahli SEO Specialist.

Mengetahui yang di butuhkan pengguna saat melakukan pencarian tentu akan memudahkan dalam menyusun strategi optimasi website. Selain itu, tools yang paling sering di gunakan seperti Google Analytics, Google Search Console, dan tools research kata kunci juga harus Anda pelajari juga.

Mengikuti Kursus SEO

Dengan mengambil kursus SEO, dapat memastikan bahwa Anda memiliki pengetahuan yang di perlukan untuk berkarir di bidang SEO. Sertifikat dan pengalaman yang Anda dapatkan juga akan meningkatkan kredibilitas Anda sebagai seorang yang bisa menjadi SEO Specialist.

Sebelum memulai mengikuti kursu SEO, ketahui terlebih dahulu pengetahuan SEO apa yang benar-benar Anda butuhkan. Apakah kursus tersebut menawarkan pengetahuan SEO sesuai dengan kebutuhan banyak orang atau tidak.

Karena tujuan utama ikut kursus SEO adalah untuk meningkatkan jumlah pengunjung yang datang ke website Anda. Lebih banyak pengunjung berarti konten Anda menarik perhatian mereka. Jika Anda memahami teknik untuk optimasi sebuah situs website, Anda dapat menghasilkan uang secara online.

Mengembangkan Skill

Jika Anda sudah mempelajari dasar dan sudah mengikuti kursus SEO, langkah selanjutnya yaitu mengasah skill. Tanpa skill yang terampil, Anda juga akan kesulitan menjadi SEO Specialist. Oleh karena itu, cara paling penting dan utama untuk menjadi SEO Specialist adalah mengembangkan skill yang di perlukan.

Bekerja di bidang SEO idealnya membutuhkan dua skill dasar, yatiu pembuatan konten dan skill analisis. Setelah mengetahui skill yang di butuhkan, Anda tentu penasaran bagaimana cara mengembangkannya.

Beberapa cara yang bisa di lakukan untuk meningkatkan skill SEO Anda. Misalnya, membaca artikel di situs web yang sudah mempunyai nama, menonton video tutorial, menemukan mentor, atau ikut workshop.

Mempelajari Cara Kerja Mesin Pencari

Menjadi seorang SEO Specialist berarti memiliki pemahaman yang mendalam tentang mesin pencari. Ada 3 hal utama tentang search engine yang perlu di pahami, yaitu crawling, indexing dan ranking. Jika Anda ingin menjadi ahli di bidang ini, Anda perlu memahami tiga hal ini. Ini akan memudahkan Anda untuk mengoptimasi situs web.

Tanggung jawab utama seorang SEO specialist adalah meningkatkan lalu lintas situs web dan membawanya ke halaman pertama mesin pencari. Jadi, jika Anda tertarik untuk memasuki pakar SEO ini, pastikan Anda selalu update dengan informasi terbaru tentang perkembangan cara kerja mesin pencari.

Update Informasi Seputar SEO

Saat algoritma Google semakin berkembang pesat, teori dan praktik SEO dapat berubah seiring waktu. Sebagai catatan, Google mengubah sistem algoritmanya 250 kali dalam setahun. Bisakah Anda bayangkan pelajaran apa yang di petik yang mungkin tidak berlaku tahun ini? Pakar SEO harus memahami perubahan ini dan dapat bergerak cepat untuk menerapkan algoritma baru ke situs website mereka.

Pemilihan SEO tools

Seorang yang belajar SEO akan membutuhkan tools yang dapat mendukung analisis agar hasil yang di peroleh sesuai dengan keinginannya. Memang, beberapa tools ini bisa cukup mahal, tetapi ini adalah “investasi” untuk Anda dan situs web untuk menghasilkan lebih banyak pendapatan.

Anda bisa memanfaatkan Google Analytics yang pastinya dapat di gunakan secara gratis tanpa berbayar. Google Analytics sendiri dapat Anda gunakan untuk mengetahui berapa banyak traffic yang datang ke situs web Anda, serta laporan navigasi dan laporan lainnya juga.

Mempraktekan Ilmu SEO

Selain mempelajari teori, cara paling efektif untuk menjadi SEO specialist adalah dengan praktek secara langsung. Anda dapat memulai mempraktikkan pengetahuan SEO Anda dengan membuat situs web dan mencoba melakukan optmasi.

Untuk kontennya, Anda bisa menggunakan jasa penulis artikel agar lebih praktis. Kemudian, mulai mencoba mencari strategi yang tepat untuk mengoptimasi konten agar muncul di halaman pertama mesin pencari. Selain itu, teruslah berlatih dan perbarui diri Anda dengan perkembangan terbaru terkait pembaruan algoritma Google.

Mempromosikan CV dan Portofolio

Saat ini lowongan untuk SEO Specialist semakin mudah di temukan, dan peminatnya pun juga semakin banyak. Oleh karena itu, Anda akan memiliki banyak pesaing untuk memperebutkan posisi sebagai SEO Specialist terbaik.

Nah, untuk mendahului pesaing Anda tersebut, perlu mulai menyiapkan mempromosikan CV dan portofolio yang menarik. Saat menyiapkan CV Anda, pastikan untuk menyebutkan keterampilan yang Anda miliki. Pasalnya, menjadi seorang SEO Specialist membutuhkan keterampilan khusus.

Kesimpulan

Tidak hanya itu, Anda juga harus memiliki pengetahuan tentang SEO copywriting, desain tata letak dan teknik periklanan yang dapat memaksimalkan traffic pada situs web. Tugas Pakar SEO menganalisis dan memahami struktur sebuah situs.

Pada dasarnya profesi ini memiliki tanggung jawab untuk mengatur strategi konten yang akan di publikasikan. Konten akan terisi dengan kata kunci atau frase tertentu. Sehingga dapat meningkatkan traffic website sekaligus meningkatkan peringkat pencarian di berbagai search engine.

Dengan berbagai kata kunci terkait dan melakukan optimasi dengan teknik khusus agar situs mendapatkan posisi terbaik dari mesin pencari seperti Google untuk kata-kata pencarian yang di inginkan. Gaji rata rata SEO Specialist mulai dari 5 juta keatas perusahaan mana situs seperti apa yang menjadi project-nya.

Baca Juga