fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

General

Seberapa Pentingkah DA PA Untuk SEO

Yanti puspita

Salah satu cara untuk mengetahui performa web bisa dilihat dari seberapa besar DA dan PA dari website itu sendiri. Jika kita memahami DA atau PA lebih dalam maka kita akan melihat lebih dalam sejarah website kita di mata mesin perncari.

DA (Domain Authority) dan PA (Page Authority) merupakan indikator yang dapat dijadikan sebagai tolak ukur untuk melihat kinerja website secara keseluruhan. Dengan mengetahui nilai DA dan PA blog Anda, Anda bisa mengetahui berapa skor performa website. Semakin tinggi skornya, semakin baik kinerja situs web tersebut.

Apa Itu DA/Domain Authority?

DA/Domain Authority adalah skor untuk domain versi MOZ. Sebagai acuan kekuatan domain yang akan diperingkat pada hasil mesin pencari. Berguna untuk memprediksi posisi situs web dengan alamat domainnya di halaman hasil mesin pencari (SERP). Domain Authority dihitung dari 1 hingga 100. Skor yang lebih tinggi cenderung memiliki peringkat yang lebih baik.

Apa itu PA/Page Authority?

PA/Page Authority adalah skor yang juga dibuat oleh Moz. Ini berguna untuk memprediksi seberapa baik sebuah halaman dalam situs yang diwakili oleh URL mendapat peringkat halaman di SERP. Page Authority berkisar antara 1 hingga 100. Semakin tinggi skor halaman, semakin berpotensi ada di page 1 google.

Seberapa Pentingkah DA PA?

DA/Domain Authority adalah metrik yang di buat Moz sebagai alat untuk membantu meningkatkan SEO. Tentunya di kembangkan untuk memprediksi peringkat situs web pada halaman hasil mesin pencari (SERP). Skor DA berkisar dari 0 hingga 100 dengan skor yang lebih tinggi sesuai dengan kemungkinan peringkat tinggi yang lebih tinggi di SERP. Dimana skor rendah berarti halaman Anda mungkin tidak tampak tinggi di SERP.

Semua situs web baru mereka mulai dengan DA yang memiliki 1 nilai dan dapat berkembang dari sana. Pada dasarnya, Moz menggunakan model pembelajaran mesin untuk membandingkan data domain dengan SERP dunia nyata untuk menentukan peringkatnya. Adapun alasan kenapa seseorang menaikkan skor DA PA:

·         Blog Digunakan Sebagai Content Placement

Situs besar atau internet marketer menggunakan skema peringkat DA/PA, DR, atau Alexa untuk menentukan blog mana yang ingin di ajak kerjasama.

Blog yang berperingkat tinggi pasti punya banyak trafik, hal ini masih belum tentu juga. Karena banyak para blgger yang pintar mendapatkan penghasilannya bukan hanya dari cuan Adsense saja melainkan juga dari iklan berbayar lainnya seperti MGID.

·         Ditawarkan sebagai PBN

Ketika traffic blog rendah dan seorang blogger yang putus asa mengeluh dalam sebuah grup. Di situlah pemilik blog PBN menawarkan layanan mereka. Blog yang masuk daftar PBN biasanya memiliki skor DA PA yang tinggi walaupun powernya tidak seberapa. Setidaknya itu bisa mengobati rasa frustasi para blogger yang gagal

Sampai di sini, Anda harus memahami mengapa beberapa blogger rela mengeluarkan uang untuk membayar layanan penilaian DA PA. Karena mereka pada dasarnya tahu bagaimana menggunakan blog dengan skor DA PA tinggi untuk menghasilkan uang.

Jelas bahwa DA/PA yang tinggi memiliki banyak manfaat. Tapi sekali lagi, ini untuk mereka yang sudah punya visi dan tahu jalan. Sekarang kita akan membahas mereka yang telah mengeluarkan uang untuk mendapatkan AD/AP yang tinggi.

Mengapa Kita Perlu Menaikkan DA dan PA

Dengan menganalisis skor DA, Anda dapat dengan mudah memprediksi apa rencana atau prosedur SEO selanjutnya untuk situs web. Anda dapat dengan mudah mengatur jalur yang harus di ikuti untuk pertumbuhan kinerja situs web Anda yang lebih baik.

Tidak diragukan lagi, DA bukan metrik Google dan mesin pencari telah mengatakan bahwa itu tidak akan memperhitungkan ini saat menentukan peringkat. Tetapi penelitian menunjukkan hubungan penting antara MOZ DA dan hasil SERP.

Dengan menggunakan DA PA Checker dan menganalisis skor, Anda akan dapat mempelajari situs web dalam berbagai aspek. Seorang ahli SEO dapat mengambil skor ini sebagai petunjuk untuk mempelajari apa yang harus di lakukan untuk mendapatkan peringkat yang lebih baik.

Jadi, kita dapat mengatakan bahwa metrik ini akan di hitung dengan prosedur yang sama atau menggunakan faktor yang sama yang di tangani oleh mesin pencari saat memberi peringkat. Karena faktor ini, blogger harus terus memeriksa DA PA menggunakan pemeriksa DA PA atau ekstensi MOZ.

Ini akan membuat Anda tetap di perbarui pada kinerja situs web Anda saat ini dan apa yang perlu Anda lakukan untuk meningkatkan kinerjanya. Secara keseluruhan, Anda dapat mengatakan bahwa DA dan PA akan memungkinkan Anda untuk bekerja ke arah yang benar tanpa menghabiskan banyak waktu untuk menganalisis faktor lain.

Manfaat skor Domain Authority/Page Authority Pada SEO

Hal-hal yang perlu di ketahui adalah DA/PA merupakan cara untuk mengukur sejauh mana optimasi SEO di lakukan. Tentunya pada sebuah situs dan ini bukan aturan yang di buat oleh google merupakan dari MOZ.

Melainkan hanya prediksi yang di buat berdasarkan berbagai faktor. Dan terutama dari kualitas dan kuantitas backlink. Berdasarkan pengalaman, keunggulan utama skor DA/PA adalah mengukur sejauh mana nilai sebuah situs/domain telah meningkat setelah menerapkan strategi membangun backlink.

Cara Meningkatkan Skor Domain Authority

Buat backlink berkualitas

Jika blogger mengatakan bahwa backlink adalah faktor utama di balik peningkatan DA, itu adakah salah satu faktornya. Penelitian telah menunjukkan bahwa situs web dengan lebih banyak backlink mendapatkan DA tinggi daripada yang lain.

Namun perlu di ingat bahwa kuantitas tidak dapat mengalahkan backlink yang berkualitas. Artinya, jika menerima backlink dari situs web berbahaya, situs akan mendapatkan dampak negatif.

Oleh karena itu, kita seharusnya tidak hanya fokus pada jumlah backlink, tetapi juga pada kualitasnya. Akan lebih baik mendapatkan backlink dari situs web berkualitas tinggi daripada mendapatkan 100 backlink dari situs spam.

Meningkatkan Keterlibatan Pengguna

Hal terpenting selanjutnya yang perlu diingat adalah keterlibatan pengguna. Biasanya, blogger membuat artikel dengan ribuan kata dan berpikir akan bagus jika menulis artikel yang panjang.

Google membutuhkan informasi yang berguna dari semua situs web. Namun bukan berarti kita harus menulis artikel yang panjang, artinya kita harus menulis konten yang terstruktur dan baik. Ini akan meningkatkan nilai blogger di database Google dan meningkatkan keterlibatan pengguna.

Jadi, blogger perlu fokus pada faktor ini dan terus berjuang untuk meningkatkan hasil. Kita dapat meningkatkan keterlibatan pengguna dengan artikel yang membuat pembaca penasaran. Selain itu, blogger dapat menambahkan grafik di bagian yang berbeda agar pembaca tidak bosan.

Website Yang Mobile Friendly

Kita sebagai para blogger harus fokus juga pada kecepatan website. Kita dapat melakukan ini dengan memeriksa situs web dengan membuat website tersebut mobile friendly. Biasanya, kita tidak memikirkan faktor ini dan menghadapi masalah yang berbeda.

Perlu di ingat bahwa kebanyakan orang mencari berbagai topik melalui smarthphone. Itu sebabnya blogger juga perlu membuat situs web mobile friendly. Dengan cara ini kita akan dapat memperoleh Authority untuk situs web kita, yang pada gilirannya akan meningkatkan skor DA kita.

Baca Juga