fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

General

Rekomendasi Plugin LMS WordPress Terbaik Buat Website Learning

Yodik Prastya

Jika Anda ingin membuat website e-learning berbasis WordPress, seperti kursus online, tersedia berbagai plugin LMS WordPress yang dapat membantu Anda dalam membuat, mengelola, dan menjual kursus online dari website Anda dengan mudah. Kenali lebih jauh tentang plugin LMS WordPress terbaik di sini.

Mengapa perlu menginstal plugin LMS? LMS (Learning Management System) menggabungkan berbagai fitur untuk menyediakan pengaturan kelas tanpa adanya kehadiran fisik siswa di ruangan kelas. LMS memungkinkan Anda membuat kelas, berbagi kursus, mendaftarkan siswa, dan mengevaluasi siswa melalui kuis.

Dengan menggunakan plugin LMS WordPress, Anda dapat membangun platform e-learning yang interaktif dan memfasilitasi proses pembelajaran online dengan efisien.

Rekomendasi Plugin LMS WordPress

Ada cukup banyak rekomendasi plugin LMS yang bisa Anda ugnakan untuk membuat website learning. Kami sudah merangkum beberapa plugin terbaik. Berikut ini penjelasannya:

1. LearnDash

LearnDash adalah salah satu plugin terbaik dan paling populer untuk membuat platform e-learning dengan WordPress. Plugin ini sangat mudah digunakan dan dilengkapi dengan berbagai fitur yang impresif.

Lebih dari 500 perusahaan dan universitas besar telah menggunakan LearnDash karena kecepatannya, kumpulan fitur yang lengkap, dan desain kursus online yang menarik.

LearnDash dilengkapi dengan drag-and-drop yang sederhana, yang memungkinkan Anda membuat kursus dengan struktur multi-level dengan mudah, termasuk pelajaran, topik, kuis, dan kategori. Anda dapat memberikan semua materi pelajaran secara sekaligus atau menjadwalkannya agar dirilis secara bertahap menggunakan fitur konten Drip-Feed.

Plugin LMS WordPress ini menawarkan banyak pilihan monetisasi, termasuk langganan, pembelian satu kali, keanggotaan, keranjang belanja, dan lainnya, untuk mendukung kursus pelatihan online Anda. Anda dapat menerima pembayaran melalui berbagai gateway pembayaran, termasuk PayPal, Stripe, dan 2Checkout.

2. LifterLMS

LifterLMS adalah salah satu plugin e-learning WordPress terbaik kedua yang menawarkan kekuatan dan kemudahan penggunaan.

Plugin ini dilengkapi dengan banyak fitur yang berguna. Seperti LearnDash, LifterLMS juga menyediakan pembuat kursus drag and drop yang memungkinkan Anda membangun kursus dengan berbagai jenis materi, seperti audio, video, gambar, dan teks.

Plugin ini juga memungkinkan Anda membuat kuis multimedia untuk siswa dan menetapkan batas waktu minimum untuk menguji pengetahuan mereka. Anda dapat membuat tugas, menetapkan prasyarat, menggunakan konten drip-feed, dan menawarkan materi yang dapat diunduh untuk pembelajaran offline.

3. LearnPress

Plugin e-learning WordPress ini dilengkapi dengan wizard pengaturan yang memungkinkan Anda melakukan pengaturan sendiri. Meskipun plugin ini tersedia secara gratis, Anda perlu membayar untuk theme yang kompatibel seperti item sertifikat, dukungan co-instructor, dan dukungan WooCommerce.

Membuat kursus menjadi sangat mudah dengan bantuan pelajaran, kuis, dan pertanyaan.

Plugin ini juga memberikan kemampuan untuk mengekspor konten, sehingga Anda dapat menggunakannya di situs WordPress lain menggunakan LearnPress. Plugin ini mendukung fitur konten terjadwal (drip content), kuis, tugas, penilaian, dan lainnya.

LearnPress memiliki fitur yang memungkinkan dua hingga tiga pengajar untuk mengelola satu kursus.

Sistem pemberian lencana dan poin juga tersedia untuk meningkatkan pengalaman siswa dalam kursus. LearnPress terdiri dari dua versi, yaitu versi gratis dan versi berbayar (Pro). Anda dapat memperoleh akses ke seluruh add-on dengan membeli LearnPress Pro Bundle seharga $249.

4. WP Courseware

WP Courseware adalah sebuah plugin LMS WordPress yang menyediakan alat yang mudah digunakan untuk membuat kursus baik dalam skala besar maupun kecil.

Dengan plugin ini, Anda dapat dengan mudah membuat modul, unit, dan kuis untuk setiap kursus. WP Courseware juga mendukung pengaturan prasyarat kursus dan fitur konten drip.

Penutup

Itulah beberapa rekomendasi kami untuk plugin LMS WordPress terbaik yang bisa digunakan. Semoga membantu untuk mempertimbangkan penggunaannya ya!

Baca Juga