fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

BusinessAplikasi

Rekomendasi Aplikasi Bisnis Online 

Wiliam

Menjalankan sebuah bisnis saat ini semakin mudah dilakukan dengan adanya perkembangan teknologi yang ada. semakin banyak aplikasi-aplikasi yang bisa dilakukan untuk mendukung kinerja dalam bisnis. Dengan aplikasi tersebut, banyak pekerjaan yang bisa dilakukan dengan lebih efektif dan efisien.

Aplikasi-aplikasi bisnis terus dikembangkan dan dapat digunakan sehari-hari, baik itu usaha kecil maupun besar. Jika penasaran dengan apa saja aplikasi bisnis yang bisa digunakan serta tujuannya apa, pada artikel ini akan dibahas beberapa rekomendasi yang bisa Anda coba. 

Beberapa rekomendasi aplikasi bisnis online yang sering digunakan untuk mempermudah menjalankan bisnis, yaitu: 

1. WhatsApp Bisnis

Aplikasi WhatsApp bisnis adalah aplikasi gratis yang bisa didownload pada semua smartphone baik berbasis android maupun iOS. Aplikasi ini berguna sebagai media komunikasi dengan pelanggan secara personal yang dilengkapi dengan berbagai fitur sehingga bisa menyorot, mengotomasi dan membalas pesan dengan cepat. 

Sama seperti aplikasi WhatsApp biasa, aplikasi ini juga memungkinkan Anda mengirim pesan baik berupa teks, foto, video, dokumen dan lainnya. Namun ada keunggulan yang dimiliki WhatsApp bisnis yang mana Anda bisa membuat deskripsi produk, email, situs web alamat toko,  menampilkan beberapa foto pada profil Anda, dan lainnya. 

2. Google Bisnis

Google bisnis adalah sebuah alat yang bisa mempermudah Anda untuk memperkenalkan bisnis yang dijalankan dan mengolah kehadirannya di internet melalui google. Google sebagai situs web dengan pengunjung paling banyak mengeluarkan google for bisnis yang tentu memiliki banyak manfaat bagi para perintis usaha.

 Hal tersebut akan membantu Anda memperkenalkan bisnis dengan jangkauan lebih luas dan membantu pelanggan menemukan bisnis Anda. Anda bisa memverifikasi bisnis serta mengedit informasi yang ingin dicantumkan di dalamnya. 

Google bisnis menyediakan berbagai fitur yang membantu Anda memperkenalkan bisnis secara detail, seperti bisa menambah lokasi bisnis, waktu operasional, alamat email, nomor telepon, website, review pelanggan, foto usaha dan masih banyak lagi. 

3. Mobile Banking

Aplikasi untuk bisnis selanjutnya adalah M-banking. Aplikasi Mobile banking adalah aplikasi yang dikeluarkan setiap bank untuk memudahkan pengguna melakukan transaksi keuangan melalui media handphone. 

Dengan menggunakan M-banking Anda tak perlu lagi ke bank atau ATM tiap kali ingin melakukan transaksi seperti pembayaran, transfer, melihat riwayat transaksi atau mengecek saldo yang dimiliki. Dengan satu aplikasi, Anda sudah bisa mengecek semua itu. 

Untuk memanfaatkan aplikasi ini terlebih dulu Anda mendaftarkan diri ke bank terdekat yang digunakan. Setelah itu, Anda bisa menginstal aplikasi yang akan digunakan, misalnya jika Anda pengguna BRI maka silahkan download aplikasi BRImobile. Selain menginstal aplikasi, Anda juga bisa mengaksesnya melalui browser. 

4. Aplikasi Marketplace

Selanjutnya, aplikasi yang bisa Anda gunakan adalah aplikasi marketplace. Marketplace adalah sebuah situ yang menerapkan sistem pasar tradisional yaitu mempertemukan penjual dan  pembeli yang dikemas secara online. Aplikasi ini menjadi pihak ketiga yang memudahkan proses transaksi. 

Saat ini semakin banyak marketplace online yang bisa Anda gunakan sebagai sarana berjualan online, seperti shopee, Bukalapak, Tokopedia, Lazada, Blibli, dan lain-lain. Untuk menggunakan situs tersebut, Anda terlebih dahulu perlu membuat akun dan mendaftar sebagai seller agar dapat mulai berjualan. 

Kelebihan dari setiap marketplace ini, Anda bisa menjual produk dengan jangkauan pasar yang lebih luas karena berbasis online, memiliki metode pembayaran yang beragam, dan terhubung dengan berbagai ekspedisi atau pengiriman. Dengan semua itu, tentu akan memudahkan Anda dalam berjualan dan meningkatkan omset yang diperoleh. 

5. Buku Kas 

Buku kas adalah salah satu aplikasi keuangan online yang akan memudahkan Anda melakukan pencatatan keuangan. Sebagai pelaku bisnis tentu Anda perlu rutin melakukan pembukuan agar bisa melihat untung rugi usaha. 

Buku kas hadir sebagai pencatatan keuangan simpel dan mudah digunakan, yang mana Anda membuat catatan terperinci untuk setiap pengeluaran dan pemasukan, piutan dan utang, bahkan membuat kwitansi sebagai bukti pembayaran. 

Selain buku kas masih banyak aplikasi lain yang juga menawarkan hal serupa. Anda cukup memilih aplikasi mana yang ingin digunakan sesuai keinginan Anda. 

6. Microsoft Planner

Microsoft planner merupakan sebuah aplikasi yang disediakan pada platform Office 365. Dengan aplikasi ini, Anda dan Tim bisa membuat perencanaan, assemble serta pembagian tugas untuk setiap anggota. Bahkan dalam aplikasi ini mengungkinkan setiap anggota untuk berbagi dokumen, berkomunikasi dan mendapat info seputar progres dari usaha yang dijalankan. 

Dengan aplikasi ini, setiap anggota bisa mengukur sendiri progress dari tugas yang mereka terima serta kemajuan secara umum. Menariknya lagi, tak hanya untuk usaha kecil saja yang bisa menggunakan bisnis ini, bahkan untuk usaha-usaha yang sudah besar pun bisa menggunakannya.

7. Hootsuite

Hootsuite adalah sebuah aplikasi yang memudahkan Anda untuk mengatur berbagai sosial media dalam sebuah aplikasi. Sebagaimana yang kita tahu bahwa media sosial adalah platform promosi untuk mengembangkan bisnis dengan lebih efektif dan cepat. 

Namun karena banyaknya media sosial, terkadang Anda akan merasa kewalahan untuk mengatur semuanya secara terpisah. Dengan adanya hootsuite akan memudahkan Anda mengelola dan memantau setiap media sosial di satu aplikasi. 

Selain itu, melalui aplikasi ini Anda bisa menjadwalkan posting konten sehingga akan menghindarkan dari lupa upload atau telat upload. Ada pula fitur analitik yang bisa memperlihatkan gambaran tentang sebaik apa strategi promosi yang dilakukan. 

Itulah beberapa rekomendasi aplikasi bisnis yang bisa Anda gunakan untuk mempermudah dalam menjalankan bisnis yang dilakukan. Seperti tujuan teknologi untuk mempermudah kegiatan manusia, setiap aplikasi yang dikembangkan tersebut juga memiliki tujuan yang sama.

Baca Juga