fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

General

Rekomendasi 7 Aplikasi Cek Kualitas Udara yang Wajib Kamu Punya di Smartphone

Dhian rama

Tau nggak sih, kualitas udara itu berpengaruh besar terhadap kesehatan tubuh kita? Udara yang buruk bisa menyebabkan berbagai macam penyakit, mulai dari batuk, pilek, asma, hingga kanker paru-paru. Serem kan?  Nah, buat kamu yang peduli sama kualitas udara di sekitarmu, ada beberapa aplikasi cek kualitas udara yang bisa kamu install di smartphone.

Dengan aplikasi cek kualitas udara ini, kamu bisa tahu kapan waktu yang tepat buat beraktivitas di luar ruangan, atau kapan harus pakai masker dan alat pelindung lainnya. Selain itu, kamu juga bisa berkontribusi untuk menjaga kualitas udara dengan mengurangi emisi gas buang, membuang sampah dengan benar, dan melakukan gaya hidup ramah lingkungan.

Nah, berikut ini adalah rekomendasi 7 aplikasi cek kualitas udara yang wajib kamu punya di smartphone. Yuk, simak ulasannya!

Rekomendasi 7 Aplikasi Cek Kualitas Udara yang Wajib Kamu Punya di Smartphone

1. Aplikasi cek kualitas udara: IQAir Air Visual

Aplikasi cek kualitas udara yang pertama adalah IQAir Air Visual. Aplikasi ini menampilkan data kualitas udara secara real-time dari lebih dari 10.000 kota di seluruh dunia. Kamu bisa melihat grafik yang menarik dan mudah dimengerti tentang tingkat polusi, cuaca, dan ramalan kualitas udara di lokasimu.

Aplikasi ini juga bisa membagikan informasi kualitas udara ke media sosial, sehingga kamu bisa mengajak teman-temanmu untuk lebih peduli dengan lingkungan. Kelebihan dari aplikasi ini adalah data yang akurat dan terpercaya, karena bersumber dari stasiun pemantau resmi dan sensor pribadi.

Namun, kekurangan dari aplikasi ini adalah tidak memiliki fitur pemantauan lokasi pengguna, sehingga kamu harus memilih lokasimu secara manual. Aplikasi ini bisa kamu download gratis di Play Store dan App Store.

2. Nafas

Aplikasi cek kualitas udara yang kedua adalah Nafas. Aplikasi ini dibuat oleh mantan Chief Marketing Officer Gojek, Piotr Jakubowski, dan Nathan Roestandy. Aplikasi ini memberikan informasi tentang tingkat polusi udara di lokasimu, dan mengirimkan notifikasi jika kualitas udara memburuk.

Aplikasi ini juga memberikan saran untuk menghindari polusi udara, seperti menggunakan transportasi umum, bersepeda, atau berjalan kaki. Kelebihan dari aplikasi ini adalah fokus pada menjaga kesehatan tubuh pengguna dari dampak polusi udara, dan mendukung gerakan BersihkanIndonesia.

Namun, kekurangan dari aplikasi ini adalah tidak memiliki fitur pemantauan kualitas udara secara global, sehingga hanya bisa digunakan di Indonesia. Aplikasi ini bisa kamu download gratis di Play Store dan App Store.

3. UdaraKita

Aplikasi cek kualitas udara yang ketiga adalah UdaraKita. Aplikasi ini dibuat oleh Greenpeace Indonesia, sebuah organisasi lingkungan yang terkenal. Aplikasi ini menampilkan kualitas udara dan ancaman berbahaya dari polusi di sekitarmu.

Lokasi pemantauan utama hanya di Jakarta, Bandung, Semarang, Bali, dan Pekanbaru. Aplikasi ini juga memiliki fitur pengaduan untuk melaporkan kualitas udara di sekitarmu, sehingga bisa menjadi bahan advokasi untuk pemerintah dan masyarakat.

Kelebihan dari aplikasi ini adalah fokus pada kesadaran terhadap polusi udara dan upaya pencegahan, serta memiliki data yang valid dan terverifikasi. Namun, kekurangan dari aplikasi ini adalah tidak tersedia untuk kota-kota selain yang disebutkan di atas. Aplikasi ini bisa kamu download gratis di Play Store dan App Store.

4. Air Quality

Aplikasi cek kualitas udara yang keempat adalah Air Quality. Aplikasi ini memantau kualitas udara tempat kamu berada, dan memberikan informasi aktivitas yang tidak disarankan saat terjadi polusi. Aplikasi ini juga memungkinkan kamu membagikan foto dengan informasi kualitas udara ke media sosial, sehingga bisa menyebarkan kesadaran lingkungan.

Kelebihan dari aplikasi ini adalah mudah digunakan dan memiliki antarmuka yang intuitif. Aplikasi ini juga dapat memberikan rekomendasi tindakan saat terjadi polusi udara, seperti menggunakan masker, menjaga jendela tertutup, atau menghindari olahraga di luar ruangan.

Namun, kekurangan dari aplikasi ini adalah tidak memiliki fitur pemantauan global, sehingga hanya bisa digunakan di negara-negara tertentu. Aplikasi ini bisa kamu download gratis di Play Store dan App Store.

5. BreezoMeter

Aplikasi cek kualitas udara yang kelima adalah BreezoMeter. Aplikasi ini menggunakan machine learning dan kecerdasan buatan untuk memberikan informasi akurat tentang kualitas udara dan serbuk sari secara real-time. Aplikasi ini juga memberikan prediksi kualitas udara lima jam ke depan di suatu lokasi, sehingga kamu bisa merencanakan aktivitas di luar ruangan.

Kelebihan dari aplikasi ini adalah data yang akurat dan real-time, serta prediksi kualitas udara yang membantu pengguna. Aplikasi ini juga memiliki fitur personalisasi, yang bisa menyesuaikan informasi kualitas udara sesuai dengan kondisi kesehatan dan preferensi pengguna.

Namun, kekurangan dari aplikasi ini adalah beberapa fitur mungkin tidak tersedia untuk daerah tertentu, karena keterbatasan data dan sumber. Aplikasi ini bisa kamu download gratis di Play Store dan App Store.

6. AirLief

Aplikasi cek kualitas udara yang keenam adalah AirLief. Aplikasi ini unggul dalam menampilkan kualitas udara, karena telah diunduh oleh para pengguna di 180 negara lebih. Aplikasi ini terintegrasi dengan stasiun pemantauan udara yang terdekat dengan pengguna, dan menampilkan riwayat kualitas udara di berbagai negara dalam waktu 24 jam terakhir.

Aplikasi ini juga memberikan tips dan trik untuk mengurangi dampak polusi udara, seperti memilih masker yang tepat, menggunakan filter udara, dan mengonsumsi makanan sehat. Kelebihan dari aplikasi ini adalah memiliki data yang lengkap dan luas, serta fitur yang informatif dan edukatif.

Namun, kekurangan dari aplikasi ini adalah memiliki antarmuka yang kurang menarik dan user-friendly. Aplikasi ini bisa kamu download gratis di Play Store dan App Store.

7. Kaiterra Laser Egg

Aplikasi cek kualitas udara yang kedelapan adalah Kaiterra Laser Egg. Aplikasi ini berbeda dengan aplikasi lainnya, karena membutuhkan perangkat tambahan yang bernama Laser Egg. Laser Egg adalah sebuah alat yang bisa mengukur kualitas udara di dalam ruangan dengan akurat dan cepat.

Aplikasi ini bisa terhubung dengan Laser Egg melalui Bluetooth, dan menampilkan data kualitas udara di smartphone kamu. Aplikasi ini juga bisa memberikan saran untuk meningkatkan kualitas udara di dalam ruangan, seperti mengatur suhu, kelembaban, dan ventilasi.

Kelebihan dari aplikasi ini adalah memiliki data yang akurat dan cepat, serta fitur yang canggih dan interaktif. Aplikasi ini juga bisa terhubung dengan perangkat pintar lainnya, seperti Google Home, Amazon Alexa, dan Apple HomeKit. Namun, kekurangan dari aplikasi ini adalah memerlukan biaya tambahan untuk membeli Laser Egg. Aplikasi ini bisa kamu download gratis di Play Store dan App Store.

Demikianlah artikel rekomendasi 7 aplikasi cek kualitas udara yang wajib kamu punya di smartphone. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu kamu untuk lebih peduli dengan kualitas udara di sekitarmu. Jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan tubuh dan lingkungan ya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Baca Juga