fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Business

Punya Cafe? Berikut ini Tips Bisnis yang Harus Kamu Tau!

Wiliam

Bisnis kafe dinilai menjadi usaha menjanjikan di era sekarang, karena jangkauan pasarnya yang luas. Pelanggan selalu meningkat setiap tahunnya mulai dari kalangan muda hingga tua. Tidak heran, jika banyak muda-mudi saat ini memilih membuka usaha F&B Cafe sebagai ladang cari cuannya. Nah, artikel ini cocok untuk Anda yang punya kafe karena ada berbagai tips bisnis yang bisa diterapkan guna meningkatkan penjualan.

Bahkan, kafe tidak hanya banyak di kota kota besar, melainkan daerah terpencil pun sudah ada beberapa kafe dengan berbagai macam konsep menarik yang dihadirkan. Salah satu daya tarik yang harus anda ketahui saat akan memulai usaha ini yakni konsep. Berani menghadirkan konsep yang berbeda dengan kafe yang lainnya, membuat usaha anda siap bersaing di tengah banyaknya cafe atau coffee shop.

Meski begitu, tak hanya konsep cafe saja yang berdampak besar pada kesuksesan bisnis cafe ini. Berikut ini beberapa tips bisnis untuk Anda yang memiliki cafe:

Buatlah Menu yang Bervariasi

Tak hanya tampilan cafe saja yang bisa menarik perhatian pembeli, namun menu makanan serta minuman yang ditawarkan pun turut berpengaruh terhadap kesuksesan cafe Anda.

Buatlah varian minuman serta makanan yang tidak bisa ditemukan pelanggaran di kafe lainnya. Ini bertujuan agar mereka selalu ingat untuk berkunjung kembali serta membuat yang datang tidak bosan dengan pilihan menu yang itu-itu saja.

Tak hanya  bervariasi semata, namun pastikan menu makanan itu enak dan lezat. Pastikan stok persediaan bahan untuk membuat berbagai menu tersebut selalu ada dan fresh agar pelanggan pun merasa puas saat memesannya.

Massifkan Promosi Melalui Influencer 

Kehadiran para konten kreator atau influencer memang sangat membantu UMKM, melalui jasa mereka produk dan jasa pengusaha kecil bisa mudah ditemukan masyarakat luas hingga seluruh Indonesia. Anda sebagai pengusaha kafe pun bisa memanfaatkan jasa mereka.

Biasanya, para influencer  ini mempromosikan kliennya melalui media sosial jadi pastikan kafe anda juga punya sosial media, ya. Ini  memudahkan pelanggan untuk melihat lihat cafe serta menu yang ditawarkan.

Bisa dibilang jika endorse jasa influencer dan promosi melalui sosial media adalah trik marketing terbaik untuk segala jenis usaha termasuk kafe ini.

Menyelenggarakan Berbagai Event Menarik di Cafe

Tips bisnis Cafe selanjutnya yang tak boleh dilewatkan adalah rutin mengadakan event menarik, seperti misalnya pameran, live music, dan banyak lagi lainnya. Ini merupakan salah satu trik ampuh mendatangkan pelanggan baru ke kafe Anda.

Melalui promosi event ini juga akan memperkenalkan kafe Anda lebih sekaligus memperluas lagi jangkauan pelanggannya. Berikan pengalaman terbaik kepada pelanggan saat ada event terselenggara di kafe Anda, hal ini akan membuat mereka merasa betah dan tak menutup kemungkinan untuk melakukan kunjungan ke sekian kalinya.

Memaksimalkan Konsep Cafe

Tips selanjutnya yang tidak boleh dilewatkan yakni dengan cara menghidupkan suasana yang khas agar pengunjung bisa merasakan vibes  yang berbeda dari kafe Anda. Berikan ciri khas yang tidak bisa ditemukan di tempat lain, misalnya suasana kafe industrial atau yang bertemakan alam, dan lain sebagainya. 

Memaksimalkan konsep cafe yang anda miliki serta konsisten dalam memberikan pelayanan terbaik mampu mendatangkan pelanggan yang loyal. Jika menghadirkan kafe dengan konsep industrial, pastikan semua furniturenya mendukung dan senada dengan display yang ditonjolkan.

Sudah harus dipikirkan secara matang sebelum akhirnya mengoperasikan kafe. Bahkan, konsep menjadi rancangan awal saat akan membangun dan memikirkan menu apa yang ingin ditawarkan.

Jangan Ragu Berikan Diskon 

Yang tidak suka diskon atau promosi? Memberikan keduanya tidak serta merta membuat Anda merugi lho. Bagi yang memiliki kafe dan masih tergolong baru saatnya menyusun strategi terkait diskon dan promosi ini. Ini dilakukan untuk meningkatkan penjualan serta memperkenalkan kafe ke masyarakat.

Dan tawaran terkait promosi menu, paket nongkrong, atau diskon serta potongan harga lainnya yang membuat pengunjung Tergiur. Satu metode promosi yang biasa diterapkan oleh kafe yakni memberikan potongan harga untuk pembelian tertentu, atau diskon saat ada event atau hari besar.

Perbaiki Pelayanan dan Hubungan dengan Pelanggan

Pelanggan adalah raja, istilah tersebut sudah menjadi rahasia umum. Jadi usaha apapun itu, kualitas pelayanan serta hubungan dengan pelanggan selalu diutamakan. Untuk mendatangkan pelanggan yang loyal, memang kita perlu memberikan yang terbaik sebisa kita termasuk dalam hal pelayanan kafe.

Pastikan seluruh staf bahkan owner  bersikap ramah kepada pengunjung yang datang dan memberikan bantuan apabila ada hal yang menghambat saat beraktivitas atau berada di dalam kafe. 

Membatasi Penggunaan Wifi

Berikan fasilitas Wifi gratis kepada pelanggan memang menjadi salah satu daya tarik, namun jika tidak membatasi nya justru ini jadi boomerang dan mengganggu pemasukan kafe Anda. Buat strategi terkait penggunaan Wifi ini dan bagaimana caranya agar pelanggan Baru tetap mendapatkan tempat duduk.

Pada beberapa kasus, di mana saat fasilitas wifi ini tidak dibatasi, pelanggan yang sudah lebih dulu datang justru menetap lama lama hanya untuk menggunakan layanan ini. Akibatnya orang yang baru datang tidak mendapatkan tempat duduk dan itu justru merugikan Anda sebagai pemilik kafe.

Mengatur penggunaan Wifi di ruang publik bisa dibicarakan dengan pihak penyedia provider. Sebisa mungkin, pertimbangkan trik bisnis satu ini karena hal tersebut cukup krusial.

Nah, itulah beberapa tips bisnis untuk meningkatkan pendapatan bagi anda pemilik kafe, semoga bisa menjadi insight yang bermanfaat ya Bizzie.

Baca Juga