fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

General

Pilih Mana PostgreSQL VS MySQL? Ketahui Perbedaannya

Yodik Prastya

Sedang bingung menentukan tools database management system yang bisa diandalkan? Untuk memudahkan Anda dalam mempertimbangkan, mari kita coba dengan memilih 2 di antara mereka yang paling populer saja. Dan oleh karena itu, dalam tulisan kali ini kita akan membahas tentang perbandingan antara postgreSQL vs MySQL.

Pengertian dan Perbandingan Antara PostgreSQL VS MySQL

Membandingkan postgreSQL vs MySQL tentunya akan lebih mudah jika kita membahas tentang pengertian dari kedua tools ini terlebih dahulu. Meskipun keduanya memiliki garis besar fungsi yang identik, namun mereka juga memiliki pengertian berbeda yang patut untuk Anda simak terlebih dahulu.

Pengertian PostgreSQL

PostgreSQL adalah software pengelolaan basis data SQL berbasis relasional obyek yang disebarluaskan menggunakan lisensi BSD. Software open source yang dikembangkan oleh Berkeley Computer Science Department ini juga dikenal sebagai Object-Relational Data Base Management System (ORDBMS). Hal ini memungkinkan tool ini untuk menulis data dalam jumlah besar secara lebih efisien dengan konkurensi yang baik.

PostgreSQL dibekali dengan fitur yang terbilang lengkap yang dapat digunakan untuk mengakomodir kebutuhan pengguna mulai dari transaksi, view, subselect, foreign key support, pemeriksaan dan sebagainya. Sejajar dengan MySQL dan Oracle, PostgreSQL juga menjadi salah satu basis data terpopuler saat ini.

Pengertian MySQL

Sementara MySQL juga merupakan software pengelolaan basis data SQL yang disebarluaskan di bawah lisensi GPL. Software yang juga bersifat open source juga dikenal sebagai Relational Database Management System (RDBMS). Karena saling terintegrasi dengan PHP, pengguna pun bisa membuat database menggunakan sintak PHP.

MySQL juga dibekali degan fitur yang tak kalah lengkap untuk memudahkan pekerjaan pengguna. Beberapa fitur yang tersedia antara lain multithreaded, multi-user, dan SQL database dan (DBMS). Kinerja dan fitur yang ditawarkan, membuat MySQL juga menjadi salah satu pilihan populer saat ini.

Perbandingan Antara Keduanya

Selanjutnya, marik kita bahas tentang perbandingan di antara kedua software pengelolaan database ini. Untuk lebih memudahkan Anda , kita akan membaginya ke dalam beberapa poin di bawah ini:

Popularitas

Di antara PostgreSQL dan MySQL, harus diakui keduanya memiliki jumlah pengguna yang paling besar dibanding lainnya. Namun jika dilihat lagi, MySQL masih sedikit lebih unggul dengan jumlah instalasi lebih dari 3 juta. Selain itu, hal ini juga bisa dibuktikan dengan kebanyakan situs web dan layanan hosting yang memilih MySQL.

Akan tetapi, karena tidak ada catatan resmi yang mengungkap jumlah penggunanya, PostgreSQL kemungkinan juga digunakan secara lebih luas dibanding yang diketahui. Belum lagi dengan status PostgreSQL yang menjadi software bawaan pada sejumlah distro Linux (Red Hat dan SuSE). Jadi mungkin selisih jumlah pengguna di antara kedua software ini terbilang tipis saja.

Kinerja  

Dari segi kinerja, kedua software ini sepertinya juga memiliki selisih yang juga tak jauh berbeda. Namun jika keandalan kinerja menjadi faktor krusial bagi Anda, tak ada salahnya mencoba mencari referensi lebih lengkap dari masing-masing software dan komunitas penggunanya.

PostgreSQL dikenal dengan kinerja database obyek relasional yang paling mutakhir dan efisien dalam menulis data dalam jumlah besar dengan kemampuan menangani konkurensi yang lebih baik. Sementara MySQL dikenal dengan kinerjanya yang responsif untuk membaca data besar, meskipun untuk menulis harus dikompensasi dengan konkurensi.

Instalasi  

Dalam hal ini, bawaan PostgreSQL mungkin bisa dikatakan lebih unggul, meskipun Anda juga bisa memilih tweak instalasi bawaan MySQL. MySQL juga diselimuti dengan masalah lisensi dan kelangsungannya sebagai software open source. berbeda dengan POstgeSQL yang murni open source dan berbasis komunitas yang besar, mungkin lebih menjanjikan untuk jangka panjang. 

Keamanan  

Sementara jika dilihat dari segi keamanan, sepertinya MySQL sedikit lebih unggul dibanding PostgreSQL. Hal ini karena meskipun keduanya sama-sama menyimpan informasi usernya dalam database khusus, MySQL menawarkan sistem perizinan yang lebih detil.

Kesimpulan

Jadi, sudah memiliki gambaran tentang perbandingan antara postgreSQL vs MySQL di atas? Mungkin Anda masih belum bisa membuat keputusan, mengingat keduanya sama-sama memiliki reputasi yang terpercaya. Pada beberapa poin MySQL lebih unggul dibanding PostgreSQL utamanya dari segi popularitas dan mungkin dari segi kecepatan.

Baca Juga