fbpx

Pilih Blogger Or WordPress

Dalam dunia , ada dua platform utama yaitu WordPress vs Blogspot. Kedua platform blogging menawarkan fitur luar biasa yang dibutuhkan blog. Tapi mana yang sebenarnya lebih baik? WordPress atau tempat blog? Jika Anda ingin membuat blog tetapi tidak yakin apakah akan menggunakan Blogspot atau WordPress, kali ini kita akan menjelajahi pertempuran antara WordPress dan Blogspot!

Mengenal WordPress dan Blogspot

WordPress dan Blogspot adalah sistem manajemen konten (CMS) yang awalnya dirancang khusus untuk blogging. Namun, keduanya memiliki perbedaan saat berkembang. Blogspot atau adalah layanan blogging gratis untuk menerbitkan blog. Layanan ini dimiliki oleh .
Blogger adalah platform blogging sementara Blogspot adalah penyedia domain. Jadi ketika Anda membuat blog di Blogger, Anda mendapatkan blogspot.com sebagai domain. Blogger pertama kali diterbitkan oleh Pyra Labs pada tahun 1999. Segera, Google mengakuisisi platform blogging ini pada tahun 2003.

Sejak dimiliki oleh Google, Blogger menjadi lebih mudah digunakan. Karena banyak aplikasi Google lainnya yang terintegrasi ke dalam Blogger.Misalnya, Anda dapat mendaftarkan blogger dengan akun Google, mengintegrasikannya dengan untuk menganalisis kinerja , dan menggunakan Google Drive sebagai media penyimpanan data. Dengan kemudahan ini, blogger telah berhasil menarik blogger yang tidak berpengalaman untuk bergabung dan pada Juli 2021 memiliki 1,2 juta pengguna di seluruh dunia.

Apa itu WordPress?

WordPress adalah platform CMS yang memungkinkan pengguna untuk membuat blog mereka sendiri. Meskipun demikian, dalam evolusinya, WordPress telah mampu memenuhi kebutuhan pengguna untuk membuat jenis situs lain seperti .
WordPress pertama kali dikembangkan pada tahun 2003 oleh Matt Mullenweg dan Mike Little. Kedua pengembang membangun WordPress karena mereka terinspirasi oleh b2/cafeblog, perangkat lunak penerbitan yang mereka pikir bisa lebih baik.

Baca Juga :  Mengenal Domain .GO.ID : Domain Untuk Pemerintahan

Platform CMS ini bersifat open source dan selalu update dengan fitur-fitur baru. Tidak heran, platform gratis ini semakin banyak digunakan oleh lebih dari 28 juta pengguna! Dalam perkembangannya, WordPress terbagi menjadi dua, yaitu WordPress.com dan WordPress.org.
WordPress.com adalah layanan blogging gratis seperti Blogger yang juga menawarkan versi berbayar.

Sementara itu, WordPress.org menyediakan platform WordPress yang dapat diunduh gratis untuk blogging atau membangun situs web. Nah, karena WordPress yang digunakan untuk membuat blog profesional umumnya adalah versi WordPress.org, maka pada kali ini kita akan membahas WordPress vs Blogspot yang menggunakan versi tersebut.

WordPress vs Blogspot: Biaya

Biaya adalah salah satu faktor utama yang perlu dipertimbangkan saat membuat blog. WordPress atau Blogspot, apa yang Anda pilih di sisi biaya?

Tempat Blog

Kabar gembira bagi Anda yang ingin memulai blog tanpa modal, Blogspot bisa menjadi pilihan. Karena Blogger menawarkan layanan gratis, termasuk , domain, bahkan tema. Jadi, setelah mendaftar di platform Blogger, Anda akan secara otomatis mendapatkan nama domain dan penyimpanan data hosting gratis. Blog Anda bisa digunakan selamanya sesuai aturan batas maksimal penyimpanan yang mencapai 15 GB.

WordPress

Anda juga dapat menggunakan platform WordPress secara gratis. Namun, Anda memerlukan hosting untuk menyimpan data website dan domain sebagai identitas blog, yang harus Anda beli sendiri.Meski membutuhkan biaya, membangun blog di WordPress masih relatif terjangkau.

WordPress

Tidak seperti Blogspot, saat Anda membuat blog di WordPress, Anda memiliki semua konten. Pasalnya, Anda sudah berlangganan hosting untuk menyimpan data website dengan baik.

Anda dapat melakukan apa saja dengan blog Anda sendiri. Misalnya, mengontrol fungsi, membuat subdomain, mengubah desain tampilan, dan banyak lagi.

Baca Juga :  6 Tools Untuk Melihat Peringkat Website di Google

Namun, jika konten Anda melanggar aturan karena mengandung konten kekerasan atau pornografi, penyedia dapat meminta Anda untuk menghapusnya.

WordPress vs Blogspot: Kemudahan Penggunaan
Blogspot atau WordPress sama-sama membawa kenyamanan untuk blogging. Jadi mana yang lebih baik?

Tempat blog

Blogspot dibuat sebagai platform blogging. Jadi, semua fitur yang disertakan di dalamnya sudah cukup untuk memenuhi berbagai kebutuhan dalam mengelola sebuah blog. Ini membuat dasbor mudah dilihat dan dinavigasi karena hanya berisi menu utama.

Tempat Blogspot dibuat sebagai platform blogging. Jadi, semua fitur yang disertakan di dalamnya sudah cukup untuk memenuhi berbagai kebutuhan dalam mengelola sebuah blog. Ini membuat dasbor mudah dilihat dan dinavigasi karena hanya berisi menu utama. Misalnya, jika Anda ingin membuat posting baru, yang harus Anda lakukan adalah mengklik tombol + Posting Baru di halaman beranda dasbor