fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

General

Dampak Lupa Perpanjang Domain dan Hosting

Yanti puspita

Pernah dengar nama domain dan hosting? Apa Anda pernah perpanjang domain dan hosting? Jika Anda pengguna internet, tentu istilah tersebut sudah tidak asing lagi. Karena setiap hari ketika Anda login ke browser Anda, Anda akan mengetikkan nama domain ini ke browser Anda.

Nama domain adalah nama unik yang di berikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti server Web atau server email di jaringan komputer atau Internet. Nama domain ini berfungsi untuk memudahkan pengguna di Internet untuk mengakses server.

Selain itu, menggunakan nama domain juga dapat di gunakan untuk mengingat nama server yang di kunjungi tanpa harus mengetahui rangkaian angka yang rumit yang biasa kita kenal sebagai alamat IP. Sedangkan hosting adalah tempat untuk menyimpan dan menghosting data-data yang di butuhkan oleh sebuah website agar dapat di akses melalui internet.

Perkembangan internet yang semakin maju membuat kebutuhan akan domain dan hosting semakin besar dan berkembang. Banyak perusahaan sudah mulai menggunakan domain untuk mempromosikan produk mereka. Selain untuk promosi, nama domain yang Anda gunakan bisa menjadi investasi yang tak ternilai.

Mengapa Anda bisa mengatakan itu? karena jika domain yang anda miliki memiliki trafik yang tinggi, pengguna lain siap untuk mengambilnya, hal ini bisa terjadi jika anda tidak memperbaharui domain tersebut.

Karena ada beberapa pengguna domain yang tidak terlalu memperhatikan masa aktif domain dan hosting. Lantas apa dampak jika Anda lupa perpanjang domain dan hosting? simak terus artikel berikut ini.

Dampak Domain dan Hosting Lupa Diperpanjang

Pengelola situs web untuk ekstensi domain dan hosting. Faktor kesibukan kerja, lupa masa aktif, atau bahkan tidak mengetahui bahwa domain dan hosting perlu di perbarui. Selain itu, waktu untuk mendaftar domain atau hosting biasanya cukup lama, mulai dari 1 tahun hingga 10 tahun.

Tentu saja time frame tersebut akan membuat pengelola website melupakan masa tenggang domain dan hosting. Soal lupa melakukan pembaharuan domain dan hosting sepertinya sepele, tapi dampak yang akan terjadi akan sangat mempengaruhi website Anda. Berikut ini adalah dampak dari lupa perpanjang domain dan hosting:

Situs akan di suspend sementara

Jika tidak di perpanjang, status domain akan kedaluwarsa. Sebuah domain biasanya memiliki masa aktif 1 tahun. Namun ada juga domain dengan durasi aktif 2 tahun bahkan sampai 10 tahun tergantung pemilik domain saat mendaftarkan domain dengan kontrak berapa lama dipilih.

Bila Anda tidak memperbaharui atau lupa perpanjang domain dan hosting sampai Anda login ke domain expired dan hosting expired, domain Anda akan di suspend sementara (sampai batas waktu tertentu) sehingga Anda tidak dapat mengakses situs web.

Jika Anda masih dalam masa tenggang perpanjangan, Anda masih dapat memperbarui atau memperpanjang domain Anda dengan harga reguler. Masa tenggang untuk perpanjangan adalah 30 hari tergantung pada ekstensi domain. Website yang masuk periode ini pada saat akses biasanya di ganti dengan halaman parking iklan.

Anda harus membayar denda atas keterlambatan pembayaran

Jika Anda tidak melakukan pembayaran atau membayar perpanjangan domain yang terlambat lebih dari 45 hari, status domain telah di ambil dari registri domain dan jika Anda ingin memperbarui domain, Anda harus membayar biaya penundaan 10 kali lipat.

Perpanjangan domain. Ini berlaku di mana-mana dan hanya bisa di lakukan selama 5 hari untuk pembayaran. Jika masih belum di bayar, domain Anda akan memasuki tahap penghapusan tertunda.

Domain bisa diambil orang lain

Dalam waktu 5 hari setelah berakhirnya periode penukaran, yang belum di perpanjang, domain Anda akan memasuki fase penghapusan yang tertunda. Periode pembersihan tertunda adalah periode pembersihan domain dari database ICANN dan biasanya hanya berlangsung 3-5 hari.

Selanjutnya domain tersebut menjadi domain yang tersedia kembali dan dapat di daftarkan ulang oleh siapa saja, pemilik sebelumnya atau orang lain. Oleh karena itu, domain yang tidak di perpanjang dapat di daftarkan ulang setelah 80 hari sejak tanggal kedaluwarsa.

Domain email tidak dapat digunakan lagi

Jika Anda tidak perpanjang domain dan hosting, maka secara otomatis tidak dapat lagi menjalankan atau mengakses fitur-fitur yang terdapat di dalamnya, termasuk domain e-mail. Domain email adalah salah satu struktur web hosting yang Anda gunakan.

Dengan domain email, Anda dapat membuat dan mengirim email menggunakan nama domain yang tidak lagi Anda miliki menggunakan email gmail atau yahoo.

Namun bagaimana jika domain email tidak aktif karena lupa memperbarui domain dan hosting? Tentunya Anda tidak akan bisa lagi menulis, mengirim email menggunakan nama domain Anda, ketika orang lain mengirim email ke domain email Anda, Anda tidak akan menerimanya karena email yang dikirim akan terpental dan kembali ke pengirim.

Pengunjung bingung dan membuat reputasi web menurun

Hal lain yang dapat terjadi ketika Anda lupa atau tidak memperbarui domain dan hosting adalah situs web Anda tidak dapat di akses. Banyak sekali kerugian yang akan Anda derita ketika website Anda sudah tidak bisa di akses lagi, apalagi jika website yang Anda gunakan adalah toko online.

Ketika seorang pengunjung mencoba mengakses website Anda, namun kondisi saat itu website Anda sudah tidak dapat di akses lagi, apa yang ada di pikiran pengunjung tersebut? Pengunjung Anda pasti merasa bingung. Apalagi jika pengunjung Anda adalah pelanggan setia toko online Anda.

Mereka yang sebelumnya ingin membeli produk yang Anda jual, karena situs web tidak lagi dapat di akses, pelanggan setia Anda akhirnya akan melarikan diri dan beralih ke toko online sebelah.

Jika demikian, reputasi situs web Anda secara bertahap akan menurun dengan sendirinya karena pelanggan setia mulai meninggalkan situs web Anda dan pergi ke toko online yang reputasi situs webnya bagus dan mudah di akses. Bayangkan saja, berapa kerugian yang akan Anda terima?

Peringkat SEO juga akan otomatis turun

Dampak lain yang bisa terjadi adalah peringkat SEO website Anda akan turun. Jika website Anda adalah website profesional yang sudah di pasangkan dengan fitur SEO, sayang sekali jika website Anda sudah tidak bisa di akses lagi. Karena jika website Anda tidak bisa di akses, maka peringkat SEO yang tadinya bagus akan langsung turun.

Artinya Anda akan kehilangan kesempatan agar website Anda muncul di halaman pertama pencarian Google. Nah, untuk menghindari hal tersebut, jika Anda menggunakan nama domain Anda sebagai media bisnis, sebaiknya perpanjang nama domain Anda dalam waktu yang bersamaan agar tidak lupa.

Misalnya 2 tahun, 3 tahun, 5 tahun bahkan 8 tahun dan seterusnya. Begitu pula dengan hosting, Anda bisa membuat ekstensi yang lebih panjang agar website tetap bisa di akses tanpa masalah.

Perpanjangan domain dan hosting sangat penting untuk diwaspadai oleh pemilik atau pengelola website. Kedengarannya sepele tapi jika Anda lupa untuk memperpanjang domain dan hosting akan berdampak buruk pada website.

Domain Anda dapat diambil oleh orang lain dan situs web tidak akan dapat di akses jika telah kedaluwarsa. Jangan lupa untuk memperbarui domain dan hosting Anda. Saya harap artikel ini bermanfaat untuk Anda!

Baca Juga