fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

General

Faktor yang Mempengaruhi Peringkat Situs Website

Yanti puspita

Saat ini persaingan untuk mendapatkan peringkat teratas di hasil pencarian Google sangat ketat. Setiap hari ribuan konten artikel di publikasikan dengan berbagai teknik SEO yang diterapkan oleh para pakar SEO.

Mengapa persaingan untuk peringkat pencarian Google begitu sengit? Karena setiap judul artikel yang datang atau muncul di halaman pertama sebuah pencarian pasti merupakan peluang untuk mendapatkan keuntungan yang sangat besar dari traffic website.

Lebih khusus lagi, teknik yang digunakan oleh para blogger ataupun pakar SEO yaitu mengoptimalkan situs web, blog atau situs web dengan tujuan untuk mendapatkan posisi teratas di mesin pencari seperti Google, Bing dan Yahoo.

Ketika website kita berada di peringkat teratas pencarian, peluang untuk mendapatkan visitor juga sangat besar meskipun ada lebih dari ribuan pencarian setiap harinya. Kini dengan penerapan SEO yang maksimal, kita memiliki kesempatan dan kemampuan untuk menerima kunjungan dari mereka yang mencari produk atau jasa.

Apa Yang Mempengaruhi Ranking Dari Sebuah Website?

Tidak ada formula ajaib untuk membuat peringkat situs web tinggi pada Google dan tidak ada yang bisa memberi tahu Anda berapa lama waktu yang di butuhkan untuk peringkat pertama. Google telah berulang kali mengatakan bahwa google sendiri menggunakan lebih dari 255 faktor.

Tetapi faktor terpenting yang juga terkait dengan waktu yang di butuhkan untuk menentukan peringkat di Google adalah sebagai berikut:

Usia Domain

Faktor yang mempengaruhi peringkat situs web antara lain usia domain. Domain yang lama pastinya memiliki reputasi lebih mungkin mendapat peringkat lebih tinggi dalam hasil pencarian Google daripada situs web baru. Ini tidak berarti bahwa situs web baru tidak dapat mencapai peringkat yang baik tetapi itu berarti akan memakan waktu lebih lama.

Sebuah domain dianggap baru jika telah aktif kurang dari 6 bulan. Setelah 6 bulan Anda bisa mulai mendapatkan traffic dari mesin pencari. Ada beberapa hal yang kita ketahui terlebih dahulu yang pasti mempengaruhi sebuah website berdasarkan algoritma, kata kunci, page rank, traffic dan kesehatan dari website yang kita miliki.

Pastikan Anda selalu mengikuti pembaruan algoritma Google dan untuk mencapai pencarian yang berkualitas, Google terus mengembangkan algoritmanya sendiri, tujuannya adalah untuk dapat memberikan pencarian yang akurat dari pencarian.

Persaingan Kata Kunci

Kata kunci sendiri terbagi menjadi 3 mulai dari kata kunci low, medium, dan high. Mencari kata kunci tentunya tak boleh sembarangan, terutama untuk kata kunci yang paling banyak di cari oleh orang, jadi Anda harus selektif dalam memilih kata kunci yang bisa merangking di website dan mempunyai volume.

Jika Anda memilih kata kunci populer dengan keyakinan bahwa ini akan menghasilkan lebih banyak traffic, Anda mungkin tidak mendapatkan hasil yang baik kecuali Anda memiliki peringkat situs web pastinya mempunyai nama di google.

Tetapi yang perlu Anda lakukan adalah menargetkan kata kunci dengan persaingan rendah sampai Anda mendapat peringkat tinggi untuk kata kunci tersebut dan kemudian mencoba kata kunci yang populer.

Kata kunci bisa mempengaruhi peringkat situs web dengan kata kunci persaingan rendah akan memberi Anda traffic dan backlink dari situs web lain, dan ini perlahan membuat situs web Anda lebih kuat dan dapat masuk ke peringkat Google untuk istilah yang lebih penting.

Domain yang Bersih

Ini adalah faktor lain yang dapat membantu atau mengurangi upaya Anda untuk masuk ke peringkat Google. Domain yang bersih sangat berpengaruh pada peringkat situs web, agar tidak di kenakan sanksi oleh Google baik secara manual maupun algoritme.

Jika domain Anda tidak bersih, buang-buang waktu saja untuk mencoba mendapatkan di peringkat Google. Memang memiliki website saat ini sangatlah mudah, namun penting juga untuk memperhatikan kesehatannya.

Jangan sampai terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti keterpurukan yang akan merusak website kita. Ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi kesehatan sebuah website seperti broken link, spam dan lain sebagainya. Untuk menjaga kinerja yang baik, perlu untuk memeriksa setiap minggu, bulan dan tahun.

Dapatkan Organic Traffic

Setiap kali ada visitor atau visitor ke website kita ada yang namanya Traffic organik. Istilah datang secara eksklusif dari hasil pencarian dan tertarik pada konten yang Anda buat. Visitor murni dari hasil pencarian sangat di sukai oleh mesin pencari Google yang akan memberikan nilai bagus untuk situs web kita. Berbeda dengan visitor yang di hasilkan dengan berbagi link, iklan dan sebagainya.

Cara terbaik dan benar untuk mendapatkan Organic Traffic adalah dengan selalu memperhatikan kualitas konten yang selalu kita terbitkan secara berkesinambungan, terjadwal dan konsisten. Padahal, jika Anda selalu memperhatikan penulisan yang benar dan benar, konten Anda bisa berpeluang untuk bersaing.

Mengikuti Algoritma Google

Untuk mencapai pencarian yang berkualitas, Google terus mengembangkan algoritmanya sendiri, tujuannya adalah untuk dapat memberikan pencarian yang akurat dari pencarian. Ini adalah sistem yang memiliki prosedur, langkah-langkah dari mesin pencari Google.

Algoritma ini berperan dalam menentukan seberapa penting dan layak website kita. Dengan cara ini Anda bisa mendapatkan rekomendasi dari hasil pencarian secara otomatis, cepat dan efisien. Dengan setiap perubahan algoritma, tidak ada yang bisa menentukan kriteria mana yang bisa membuat artikel kita masuk ke posisi teratas.

Panjang Konten Artikel dan Optimasi Judul

Panjang konten di hitung sebagai faktor peringkat Anda dapat membaca artikel tentang tips copywriting SEO. Yang merujuk pada beberapa penelitian terbaru yang menunjukkan bahwa artikel panjang cenderung memiliki peringkat lebih tinggi daripada artikel yang lebih pendek.

Dalam hal waktu yang di perlukan untuk menentukan peringkat, artikel yang mendalam tentang topik tersebut lebih cenderung memiliki peringkat yang lebih tinggi daripada artikel yang lebih pendek dengan topik yang sama.

Memiliki judul yang di optimasi SEO sangatlah penting daripada yang Anda pikirkan. Saya sudah menjelaskan sebelumnya bagaimana memilih judul menggunakan keyword tools. Tetapi yang penting di sini adalah bahwa judul SEO akan membantu Anda menentukan peringkat lebih cepat daripada judul yang tidak di optimasi.

Konten Originil

Jangan berharap untuk peringkat di Google atau mesin pencari lainnya dengan konten yang copy paste dan ini berlaku untuk posting dan situs web. Jika situs web tidak memiliki konten yang originil. Anda harus tahu cara menulis artikel yang baik dan benar untuk meningkatkan peringkat situs.

Sebuah konten yang di posting pastinya akan berdampak pada peringkat situs web. Karena memiliki sejumlah posting berkualitas akan lebih mungkin untuk mendapatkan peringkat lebih cepat. Daripada artikel yang di posting di situs web berisi beberapa postingan saja.

Mendapatkan peringkat di Google tidak mudah, terutama jika Anda bekerja dengan anggaran tetap dan bisnis Anda tidak memiliki banyak popularitas. Perusahaan populer selalu memiliki minat yang lebih besar untuk mencapai peringkat dalam waktu sesingkat mungkin. Karena banyak menggunakan backlink, banyak artikel yang sudah terposting dan lain sebagainya.

Perlu juga diingat bahwa SEO mengharuskan Anda untuk secara teratur melakukan banyak aktivitas yang meningkatkan produk Anda di Google. Seperti optimasi SEO, optimasi website, optimasi kecepatan website, dan pembuatan konten yang berkualitas.

Baca Juga