fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Digital Marketing

5 Perbedaan Sales Dan Marketing

Yanti puspita

Perbedaan sales dan marketing sudah tidak asing lagi di masyarakat karena banyak yang sudah mengetahui keduanya. Saat melihat lowongan pekerjaan, ada banyak sekali untuk posisi sales dan marketing. Kali ini kita akan menjelaskan kepada kamu perbedaan sales dan marketing pada artikel kali ini. Supaya kamu bisa memahaminya secara keseluruhan.

5 Perbedaan Sales Dan Marketing

Perbedaan sales dan marketing jika di jelaskan satu persatu sudah jelas berbeda. Meski begitu, keduanya harus bekerja secara online untuk mencapai target penjualan sebanyak mungkin. Marketing membuat pelanggan tertarik dengan produk dan kemudian tugas sales adalah meyakinkan pelanggan untuk membeli produk tersebut. Untuk lebih jelasnya, berikut ini 5 perbedaan sales dan marketing yaitu:

1.      Perbedaan Sales Dan Marketing Dalah Hal Fungsi Bisnis

Perbedaan sales dan marketing pertama yang perlu kamu ketahui adalah fungsi bisnisnya. Fungsi antara keduanya berbeda dan memiliki tanggung jawab masing-masing. Sales memiliki fungsi bisnis yang melakukan semua kegiatan yang berhubungan dengan penjualan produk perusahaan.

  • Pekerjaan sales berurusan langsung dengan penjual yang berkaitan deengan barang atau jasa
  • Sedangkan marketing memiliki fungsi berbeda yaitu meningkatkan minat masyarakat terhadap produk yang di jual oleh sales

Di sini, fungsi bisnis antara sales dan marketing jelas berbeda, karena sales berhubungan langsung dengan pelanggan, sedangkan marketing bekerja di belakang layar.

2.      Proses Kerja

Proses kerja yang di lakukan oleh sales dan marketing juga berbeda.

  • Sales bertindak sebagai kekuatan pendorong bagi tim penjualan
  • Sedangkan marketing bekerja dengan lebih banyak proses, yaitu bagaimana menyediakan informasi produk lengkap yang akan di berikan oleh sales

Entah itu harga produk, profil target yang harus di capai di tempat penjualan, atau tempat produk di tawarkan agar bisa di akses. Misi marketing adalah menyadarkan target sehingga produk dapat menjadi solusi bagi masalah mereka.

Sementara itu, pekerjaan sales lebih banyak berkomunikasi dengan target. Buat penawaran yang menjawab semua pertanyaan target tentang produk. Bisa di bilang sales adalah perpanjangan dari marketing.

3.      Peralatan Yang Digunakan

Karena mereka memiliki stasiun kerja yang berbeda, sales dan marketing menggunakan alat yang berbeda. Media sosial merupakan alat periklanan yang dapat di gunakan oleh marketing karena dapat di gunakan sebagai media untuk mengunggah konten.

Sedangkan sales menggunakan media sosial sebagai strategi penjualan berbasis digital. Inilah sebabnya meskipun media yang di gunakan sama, bahan yang di gunakan berbeda.

Marketing memerlukan aplikasi manajemen proyek yang di gunakan untuk analisis data, atau aplikasi yang di perlukan untuk membuat konten terkait produk. Sedangkan sales lebih kepada aplikasi untuk merekam rapat, hasil rapat atau membuat faktur penjualan.

4.      Strategi Kerja

Perbedaan sales dan marketing selanjutnya adalah masalah strategi. Apabila kamu kesulitan memahami perbedaan keduanya dengan seperti di atas, maka yang satu ini bisa menjadi perbedaan yang mencolok.

Marketing melakukan analisis SWOT, tetapi sales tidak. Sales lebih tentang diskon atau strategi pelacakan prospek. Strategi pemasaran lainnya adalah untuk mencapai tujuan pemasaran, tetapi penjualan melakukan pertemuan dengan pelanggan.

Dengan bertemu langsung dengan pelanggan, penjualan lebih mungkin untuk menarik pelanggan. Kinerja marketing tidak mempengaruhi pelanggan secara langsung, melainkan proses untuk menarik calon pelanggan terlebih dahulu.

5.      Jangka Waktu Kerja

Masa kerja antara sales dan marketing merupakan perbedaan selanjutnya antara yang perlu di pahami. Marketing membutuhkan waktu lebih lama untuk bekerja daripada sales. Lamanya tahapan ini karena marketing harus menganalisis beberapa teknik pemasaran.

Analisis dan evaluasi teknik pemasaran di lakukan untuk secara tidak langsung meningkatkan penjualan produk perusahaan. Hal ini tentu saja sangat menyita waktu di bandingkan sales dengan jam kerja yang singkat. Sales melakukan penjualan langsung kepada pelanggan, yang akan langsung merasakan manfaat dari produk tersebut. Setelah pelangganan, pekerjaan selesai, tidak seperti marketing yang prosesnya masih panjang.

Strategi sales dan marketing adalah dua alat penting yang harus ada untuk meningkatkan penjualan. Departemen pemasaran pasti akan mencoba yang terbaik untuk menerapkan strategi pemasaran sepenuhnya. Demikian pula, perwakilan penjualan melakukan yang terbaik untuk mencapai tujuan penjualan harian dan bahkan bulanan. 

Tugas Sales

Tugas sales yang paling utama ialah menjalankan proses penjualan. Tapi bukan hanya itu saja, masih banyak tugas lain yang bisa kamu ketahui yaitu:

  • Menyediakan barang atau jasa
  • Tugas pertama dari sales yaitu menyediakan barang atau jasa, serta menjelaskan spesifikasi atau detail produk yang di jual kepada pelanggan.
  • Tidak lupa pula, mereka memberikan simulasi yang menghitung biaya yang di keluarkan dan menjelaskan keuntungan yang akan di peroleh jika kamu membeli produk yang di tawarkan.
  • Berkomunikasi dengan pelanggan
  • Memberikan saran tentang barang atau jasa yang akan di jual kepada calon pelanggan

Tugas Marketing

Sangat penting bagi sebuah bisnis untuk memiliki tim marketing yang handal. Karena umumnya, tim marketing terpercaya inilah yang akan merekomendasikan produk atau jasa yang di jual kepada calon pelanggan ataupun pelanggan.

Jika kamu memiliki bisnis, penting bagi kamu untuk mengetahui tentang fungsi pemasaran sebelum merekrut seseorang ke tim marketing. Tapi bukan hanya itu saja, berikut ini beberapa tugas marketing yaitu:

·         Memenuhi Kebutuhan Pelanggan

Tugas marketing tidak selalu menyediakan barang atau jasa tetapi memberikan layanan kepada pelanggan. Marketing merupakan salah satu kunci utama dalam bisnis yang harus di kelola dengan baik untuk menciptakan kesuksesan bisnis. Dapat di katakan bahwa marketing adalah jembatan antara perusahaan dan pelanggan.

·         Merencanakan Produk

Merencanakan produk untuk di jual merupakan hal penting yang harus di lakukan sebelum menjual produk tersebut di pasaran. Tugas marketing yaitu mengamati kebutuhan pasar, supaya produk yang di jual oleh perusahaan sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

·         Menetapkan Harga

Selain memasarkan barang atau jasa, tugas marketing adalah menetapkan harga jual. Cara menentukan harga suatu barang atau jasa yang di jual dengan mempelajari kisaran harga di pasar. Setelah mengetahui harga rata-rata produk di pasar, selanjutnya menentukan harga wajar dari barang atau jasa yang akan di berikan oleh perusahaan.

Harga ini bisa mendekati harga rata-rata produk di pasaran. Berikan harga yang sesuai, karena jika harga barang terlalu tinggi, produk tidak akan laku, dan ketika harga barang rendah, bisnis akan merugi.

·         Merencanakan Proses Pengiriman

Pengiriman di lakukan dengan cara meyakinkan pelanggan bahwa barang yang mereka beli akan tiba tepat waktu. Oleh karena itu, bagian marketing harus merencanakan proses pengiriman produk dengan baik.

·         Melayani Pelanggan

Tugas marketing selanjutnya adalah melayani pelanggan, agar mereka merasa nyaman dan mengerti apa yang kamu komunikasikan terkait produk yang di jual. Karena dengan meningkatkan pelayanan kepada pelanggan akan membangun citra baik perusahaan di dalamnya.

Penutup

Mungkin itu saja penjelasan mengenai 5 perbedaan sales dan marketing serta tugasnya yang bisa kita sampaikan. Semoga dengan adanya penjelasan ini kamu bisa memahaminya dengan baik.

Baca Juga