fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

PanduanDomain

Pahami Perbedaan Domain gTLD dan ccTLD untuk Bisnis

Muhammad Rizqy

Dalam membangun website bisnis, pertimbangan  mengenai perbedaan domain gTLD dan ccTLD penting untuk Anda ketahui. Kedua domain tersebut memiliki batasan daya jangkau yang berbeda. Kelebihan dan kekurangan domain gTLD dan ccTLD inilah yang perlu Anda pahami. 

Namun di antara kedua domain ini, mana yang menurut Anda  lebih bagus untuk dipakai dalam membangun sebuah website bisnis? Agar lebih jelasnya simak perbedaan domain gTLD dan ccTLD beserta contohnya dalam artikel ini.

Perbedaan Domain gTLD dan ccTLD untuk Website Bisnis

Perbedaan domain gTLD dan ccTLD untuk membangun website bisnis terletak pada kemampuan daya jangkau audiens. Namun sebelum itu, apakah arti dari masing-masing domain tersebut?

Secara pengertian, domain gTLD atau generic Top Level Domain adalah ekstensi pada website yang bersifat umum tanpa ada batasan wilayah atau negara sehingga domain ini memiliki daya jangkau yang luas. 

Biasanya domain gTLD sudah lama berkembang dan memiliki karakteristik  berdasarkan fungsi atau tujuan pembuatan websitenya. 

Sedangkan domain ccTLD atau code country Top Level Domain adalah akhiran URL website yang bersifat khusus untuk menjangkau audiens di wilayah tertentu. 

Pengaruh dari domain ini hanya bisa menjangkau pengguna website di wilayah tertentu saja atau berdasarkan kode domain yang Anda pilih.

Contoh Masing-masing Domain

Terdapat beberapa contoh dari jenis masing-masing domain gTLD dan ccTLD di atas yang bisa Anda pelajari juga.

Contoh domain gTLD biasanya memiliki fungsi tertentu dalam penggunaan website, misalkan domain dengan ekstensi “.com” untuk urusan komersial, .org” untuk organisasi non-profit atau komunitas, atau “.site” untuk keperluan membangun toko online.

Sementara untuk contoh domain ccTLD seperti salah satunya “.id” untuk Indonesia. Contoh negara lain misalkan “.sg” (Singapura), “.my” (Malaysia). “.au” (Australia), “.uk” (Inggris, “.us” (Amerika Serikat), dan masih banyak lagi.

Namun tidak sedikit website yang menggunakan gabungan kedua domain tersebut seperti “.co.id” (untuk keperluan komersial di Indonesia) atau “.go.id” (untuk kepentingan pemerintahan di Indonesia).

Perbedaan Masing-masing Domain

Baik domain gTLD maupun ccTLD, masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Namun dalam membangun sebuah website, faktor-faktor berikut yang merupakan perbedaan domain gTLD dan ccTLD harus Anda pertimbangkan, apa saja?

  1. Daya Jangkau Pengguna Website

Faktor ini sangat penting untuk Anda pertimbangkan. Ketika membangun sebuah bisnis, target pasar adalah faktor pertimbangan utama. Sehingga jenis website yang dipilih harus sesuai dengan target pasar Anda.

Jika Anda ingin fokus menjangkau pasar dalam negeri maka domain ccTLD lebih tepat karena secara SEO akan lebih bagus daripada gTLD. Namun apabila produk Anda ingin segera go international, domain gTLD lebih baik karena tidak terbatas oleh suatu wilayah tertentu saja.

  1. Pengaruh SEO

Dalam mengoptimasi website di Search Engine, kedua domain memiliki pengaruh yang sama karena masing-masing penggunanya cukup banyak. Namun Google akan lebih merekomendasikan informasi berdasarkan kedekatan lokasi pengguna dengan objek yang dicarinya.

Misalkan banyak pengguna yang mencari rekomendasi wisata di Indonesia maka domain ccTLD .id lebih direkomendasikan daripada berekstensi umum. 

  1. Kemudahan Persyaratan Pembuatannya

Kemudahan dalam pembuatan domain bisa jadi pertimbangan lain bagi Anda. Pembuatan domain gTLD akan lebih mudah daripada ccTLD karena terdapat syarat dan prosedur hukum untuk memilikinya.

Misalkan di Indonesia, untuk memiliki domain berekstensi .id, terdapat syarat dan prosedur hukum yang berbeda antara .co.id, .go.id, atau .edu.id. Umumnya syarat yang perlu Anda siapkan seperti KTP pemohon, syarat legalitas bisnis/organisasi, dan biaya tambahan lainnya.

Sudah mulai paham kan perbedaan domain gTLD dan ccTLD seperti pada penjelasan di atas? Kira-kira mana yang lebih cocok untuk website bisnis Anda? Bagi yang sedang mencari domain gTLD maupun ccTLD, Dewabiz menyediakan ratusan domain dengan ekstensi khusus untuk website bisnis Anda. Segera pesan sebelum promo berakhir!

Baca Juga