fbpx

Perbandingan VPS dan Dedicated Server untuk Paket Hosting yang Tepat

Seperti yang kita tahu, saat ini paket yang ditawarkan oleh provider layanan semakin beragam. Untuk menentukan mana yang paling tepat dengan kebutuhan , bisa cukup membingungkan. Untuk itu, Anda bisa menyimak penjelasan dan perbandingan dan dedicated sebagai referensi.

Pengertian dan Perbandingan VPS dan Dedicated Server

Mengetahui perbandingan VPS dan Dedicated Server memungkinkan Anda untuk memilih layanan dan paket hosting yang sesuai kebutuhan. Ini karena website memiliki kebutuhan yang berbeda antara satu dan yang lainnya. Untuk itu, Anda pun perlu memahami perbedaan VPS dan DS ini agar dapat memilih provider dan paket yang ideal. 

Pengertian Virtual Private Server (VPS)

Virtual Private Server (VPS) adalah suatu server fisik yang kemudian dibagi menjadi sejumlah server virtual. Setelah dibagi-bagi, server-server virtual tersebut kemudian dipergunakan secara pribadi. Sehingga sumber daya pada server virtual tersebut dapat dimanfaatkan oleh masing-masing pengguna.

Teknologi ini disebut sebagai virtual karena tidak memiliki wujud secara fisik, atau hanya bersifat maya. Meskipun juga menggunakan hardware server, wujud fisik tersebut telah mengalami virtualisasi. Dengan demikian, kapasitas resource di dalam server fisik tersebut bisa dibagi-bagi menjadi sejumlah resource maya berbeda.

Pengertian Dedicated Server (DS)

Dedicated Server adalah suatu server fisik yang secara khusus digunakan oleh 1 pengguna saja, tidak dibagi dengan pengguna lain. Dengan kata lain, segala sumber daya dan spesifikasi yang dimiliki server tersebut, sepenuhnya digunakan oleh 1 klien pengguna. Artinya, server ini menjanjikan daya yang jauh lebih besar untuk pengguna spesifik.

Baca Juga :  Panduan Belajar WordPress Paling Efektif untuk Pemula

Karena menjanjikan daya yang besar, maka server ini pun mampu menampung traffic yang sangat tinggi. Bisa dikatakan bahwa DS adalah pilihan terbaik apabila biaya bukan menjadi faktor pertimbangan. Biasanya, server jenis ini digunakan oleh  untuk online, atau situs lain yang memiliki kebutuhan resource yang sangat tinggi.

Perbandingan antara VPS dan DS

Untuk memudahkan Anda dalam mempertimbangkan jenis server, berikut ini perbandingan sederhana antara keduanya:

1. Performa  

Dari penjelasan tentang pengertiannya, Anda mungkin bisa menyimpulkan bahwa DS memiliki performa yang paling tinggi. Jelas karena server fisik ini tidak di-virtualisasikan untuk dibagi-bagi isinya.

Sementara VPS adalah server fisik yang dibagi-bagi sumber dayanya. Performa yang bisa didapat pengguna VPS pun terbatas pada hasil virtualisasi yang diterimanya. 

2. Keamanan

Faktor keamanan umumnya ditentukan oleh kualitas provider hosting, dimana kebanyakan sudah menerapkan yang terbaik. Masing-masing jenis server dikelola secara pribadi, bukan oleh provider. Namun tentu saja, pengguna tetap harus patuh pada peraturan yang berlaku.  

3. Konfigurasi  

Dalam hal pengaturan, kedua jenis server ini sama-sama memerlukan konfigurasi terleih dahulu sebelum dapat digunakan. Konfigurasi ini meliputi pengaturan    atau software yang memerlukan keahlian khusus. Hal ini penting mengingat adanya kesalahan konfig atau dapat memicu down yang memicu penurunan rank.

4. Harga

Dari segi biaya, jelas bahwa VPS memiliki harga yang lebih terjangkau dan ideal untuk website kecil dan menengah. Sementara DS, dengan spesifikasi yang lebih tinggi, memerlukan anggaran yang jauh lebih besar.

Baca Juga : Website dan Aplikasi Mengecilkan PDF Dengan Mudah

Hal ini wajar mengingat VPS merupakan turunan dari DS sehingga biaya yang ditanggung bisa dikatakan patungan dari sejumlah pengguna.

Baca Juga :  9 Manfaat SEO Pada Website Secara Umum

5. Fleksibilitas  

VPS mungkin juga lebih unggul dari segi fleksibilitas karena kinerja website yang tidak terpengaruh oleh . Berbeda dengan DS yang harus dinonaktifkan pada saat melakukan upgrade. Pada saat server nonaktif ini, maka situs menjadi tidak dapat diakses untuk sementara waktu oleh pengunjung.

Kesimpulan

Perbandingan VPS dan Dedicated Server di atas pastinya sudah bisa memberikan gambaran awal tentang server macam apa yang mungkin dibutuhkan oleh website Anda. Meskipun DS dihargai lebih mahal, bukan berarti server ini tidak terjangkau bagi website yang memang memiliki nilai tinggi. Sementara VPS, meskipun lebih murah, tetap memiliki kualitas layaknya DS meskipun sedikit terbatas.