fbpx

10 Penyebab Server Down yang Perlu Anda Ketahui

Anda pernah mengalami kesulitan mengakses sebuah ? Telah mencoba berulang kali namun masih tetap gagal? Hal ini bisa saja terjadi dan mungkin penyebabnya adalah server di mana web hosting berada sedang down. Tapi, tahukah Anda penyebab ?

Simak beberapa sebab umum yang bisa mengakibatkan server down.

Penyebab Server Down dan Dampaknya pada Server 

penyebab server down

Berikut ini merupakan 10 penyebab server bisa mengalami down :

1. Padatnya Trafik Internet 

Terjadi lonjakan pada lalu lintas , dapat membuat server mengalami down atau kinerja melambat atau malah tidak berfungsi sama sekali. Dalam hal ini, penyedia layanan web hosting dituntut untuk terus bisa meng-upgrade server baik secara sistem maupun perangkat.

2. Maintenance Server Kurang Terjadwal

Setiap server, bagaimanapun tetap harus memiliki jadwal maintenance. Hal ini bertujuan untuk mencari tahu apakah sumber daya server baik maupun hardware masih mumpuni. Dengan perawatan berkala, sumber daya yang perlu di-update akan segera mengalami pemutakhiran.

Proses perawatan server ini sebaiknya dilakukan di sela-sela tidak sibuk. Tujuannya adalah agar server justru tidak mengalami down.

3. Serangan Peretas

Serangan keamanan seperti yang datang dari para hackers mampu melumpuhkan server. Para hackers bisa saja memasukkan virus (kode berbahaya) atau mencuri kode kredensial keamanan sehingga pada akhirnya Anda menjadi sulit diakses. 

Baca Juga :  Apa itu SEO Off Page? Pengertian, Manfaat dan Cara Optimasinya

Pastikan Anda telah menyewa jasa layanan hosting dengan tingkat keamanan yang tinggi agar situs Anda aman dari serangan para peretas.

4. Permasalahan Pada Server

Terkadang penyebab server mengalami downtime justru datang dari server itu sendiri. Misalnya adanya beberapa sumber daya seperti RAM, CPU dll perlu mengalami upgrade atau tidak.

Tools untuk memonitor uptime server diperlukan pada situasi seperti ini. Dan ukuran uptime ini bisa menjadi pertimbangan Anda saat ingin memilih jasa Web Hosting.

5. Permasalahan Software

Adanya beberapa kode program yang dipakai seorang saat membuat situs bisa menjadi sebab server down. Kode-kode tersebut memberatkan kinerja server. Salah satu dampak kesalahan kode tersebut tersebut adalah kesalahan basis data.

6. Mati Listrik

Sebuah server bisa melambat kinerjanya karena terputusnya aliran listrik ke server. Walaupun pada umumnya server memiliki suplai listrik cadangan namun terkadang hal-hal seperti ini bisa saja terjadi dan butuh penanganan segera.

7. Nama Domain Expired

Jika Anda telah expired atau berakhir, tentunya hal ini membuat server tidak bisa melakukan tugasnya. Dan audience Anda pun kesulitan mengakses situs Anda. 

Jika ini terjadi, itu artinya Anda sudah harus memperpanjang kembali jasa web hosting untuk melanjutkan kontrak penyewaan server Anda kembali.

8. Force Majeure

Bencana alam atau istilah lainnya, force majeure, tentu dapat menjadi sebab sebuah server mengalami down system. Beberapa bencana alam yang bisa terjadi adalah kebanjiran, kebakaran, gempa bumi dan lain-lain. 

Semua bencana tersebut tidak hanya bisa mengganggu server namun juga bisa merusakkan server. 

9. Permasalahan Konfigurasi Hardware

Konfigurasi hardware ternyata mampu membuat server mengalami down system. Beberapa permasalahan hardware tersebut adalah :

  • Posisi atau letak hardware berada. Misalnya berada di pinggir jalan besar atau dekat area konstruksi. Tempat-tempat ini bisa memberikan getaran bagi hardware sebuah server. Dan hardware dalam server sensitif terhadap getaran.
  • Pemasangan kabel yang buruk bisa membuat server menjadi lambat bahkan mati. Beberapa dampaknya adalah database yang buruk dan kemacetan bandwith.

10. Jarang Melakukan Update OS

Sistem operasi pada server harus sering di-update oleh penyedia layanan hosting. Server yang bekerja dengan OS usang akan membuat beberapa kinerja sumber daya menjadi berat sehingga uptime menjadi turun.

Baca Juga :  Apa itu Trello? Pengertian dan Fiturnya

Itulah 10 penyebab server down yang perlu Anda ketahui. Jika Anda ingin menyewa hosting dengan downtime yang rendah, pilih jasa web hosting tepercaya. Dan cobalah berkonsultasi dengan DewaBiz untuk info lebih lanjut.