fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Business

Pentingnya Website Untuk Bisnis UMKM, Wajib Tau Nih!

Wiliam

Bagi pelaku UMKM, memanfaatkan website sebagai media marketing kebanyakan masih belum dilakukan secara maksimal. Masih banyak yang melakukan promosi secara konvensional. yang notabennya masih memerlukan sumber daya yang cukup besar, baik dari segi waktu, tenaga maupun biaya. 

Sejalan perkembangan teknologi yang kian pesat, sepatutnya setiap UMKM memanfaatkan perkembangan digital untuk memperluas jangkauan dan pasarnya. Selain itu, dengan memiliki website, branding dari bisnis yang dijalankan akan terbangun dengan sendirinya.

Tak dapat dipungkiri, website saat ini seperti senjata bagi setiap bisnis. Jika tidak beradaptasi seperti bisnis lainnya, lambat laun usaha yang dijalankan akan gulung tikar lantaran tertutupi oleh brand lain yang lebih mampu beradaptasi. 

Apa Pentingnya Website Untuk Bisnis UMKM?

Mungkin masih terbesit dalam pikiran pertanyaan untuk apa membuat website, toh bisnis yang dijalankan saat ini masih beroperasi meski tak memiliki website? Oke, paradigma seperti ini sedikit diubah dengan melihat dunia bisnis secara umum. 

Manfaat memiliki website bagi bisnis UMKM sangatlah banyak, beberapa diantaranya sebagai berikut.:

1. Jangkauan Pasar Semakin Luas

Website menjadi alternatif untuk mempromosikan produk yang ditawarkan dengan memanfaatkan internet. Seperti yang kita tahu, saat ini hampir setiap orang di seluruh dunia sudah menggunakan internet, baik untuk mengisi waktu kosong maupun melakukan pekerjaannya. 

Hal ini tentu bisa menjadi peluang bagi pelaku bisnis untuk memperluas jangkauan pasarnya. Yang awalnya hanya menjangkau orang yang berada di sekitar Anda, dengan website Anda bisa menjangkau pelanggan yang berada sangat jauh dari lokasi Anda. 

Apalagi dengan adanya website, orang-orang dapat mengakses toko Anda 24 jam non stop. Yah tentu saja hal ini membuat pelanggan lebih leluasa menentukan kapan waktunya untuk scroll dan melihat produk Anda. Hal ini tentu akan berdampak pada peningkatan penjualan dan profit Anda. 

2. Meningkatkan Kredibilitas Bisnis

Manfaat website selanjutnya adalah meningkatkan kredibilitas bisnis yang Anda jalankan. Maraknya penipuan yang terjadi di era digital ini membuat pelanggan akan lebih selektif dan teliti sebelum melakukan transaksi. 

Untuk meyakinkan diri, biasanya pelanggan akan mencari informasi melalui website. Dengan memiliki website, perusahaan atau bisnis Anda akan dinilai memiliki effort yang besar sehingga kepercayaan pelanggan juga akan meningkat. 

Adannya website membantu pengusaha untuk menampilkan informasi lebih detail, baik mengenai profil perusahaan maupun produk yang ditawarkan seperti apa.  

Apalagi jika website tersebut dikelola dengan serius, tentu akan meningkatkan optimasi website Anda seperti akan mudah ditemukan di mesin pencarian seperti google dan lainnya. 

3. Media Komunikasi Dengan Pelanggan

Pentingnya website bagi bisnis UMKM selanjutnya adalah dapat digunakan sebagai sarana komunikasi dengan pelanggan. Biasanya pada website, ada dapat menambahkan fitur komentar ataupun forum diskusi yang dapat menjadi sarana untuk berinteraksi dengan pelanggan. 

Dengan memanfaatkan fitur-fitur tersebut, pelanggan akan lebih mudah mereview, bertanya, dan mengetahui informasi lebih detail. Anda juga bisa berbagi informasi seputar bisnis yang anda jalankan. Seperti cara penggunaan, cara perawatan dan lain sebagainya. 

Kehadiran website memudahkan UMKM untuk terus memiliki akses dengan pelanggan. Selain itu juga akan lebih mudah memperbarui informasi atas produk yang ditawarkan tanpa mengeluarkan biaya yang besar seperti print brosur dan lainnya. 

4. Memberikan Informasi Terkait Produk Yang Ditawarkan

Tak jarang pelaku usaha merasa, melakukan promosi di media sosial seperti facebook, instagram dan tiktok sudah cukup untuk memberikan informasi kepada pelanggan tentang produk yang dimiliki. Padahal sebenarnya tidak, website menjadi media paling ampuh untuk menampilkan detail produk yang ingin dijual. 

Website bisa Anda  isi dengan katalog produk dengan deskripsi untuk melengkapinya. Selain gambar, Anda juga bisa menambahkan video mengenai produk tersebut dan mencantumkan spesifikasi produknya. Pada website juga Anda bisa mencantumkan alamat offline store, profil perusahaan, bahkan staf yang bekerja pada bisnis Anda dapat Anda tampilkan. 

5. Membangun Branding

Membangun brand awareness perlu dilakukan agar masyarakat lebih mengenal produk yang ditawarkan. Tak dapat dipungkiri, membangun website tidak serta merta akan meningkatkan penjualan secara instan, namun, produk Anda akan dikenal secara lebih luas oleh masyarakat. 

6. Memperoleh Data Faktual Pelanggan

Selain dapat menjangkau pasar yang lebih luas, meningkatkan citra bisnis, ataupun memberikan informasi mendetail terkait produk yang ditawarkan, Anda juga dapat memperoleh data faktual pelanggan. 

Dari Leads pada website, Anda bisa mendapat informasi terkait nama, email, produk apa yang mereka kunjungi, sukai dan di beli, dan informasi lain yang dapat Anda manfaatkan untuk melakukan analisis pasar. 

Dengan melakukan analisis pasar, ada bisa lebih menyesuaikan diri tentang apa yang sedang dibutuhkan, kecenderungan barang yang disukai dan lain-lain. 

7. Efektif Dan Efisien

Dengan menggunakan website sebagai media pengenalan dan promosi produk memberikan peluang lebih besar untuk mewujudkan sistem kerja yang efektif dan efisien. 

Memanfaatkan website bagi UMKM akan sangat menghemat biaya operasional. Dengan membuka toko online di website membuat Anda tidak memerlukan toko ataupun kantor yang luas. Pencatatan maupun transaksi lebih mudah dilakukan. 

Berbagai fitur dapat ditambahkan untuk mempermudah pelanggan untuk mengakses bisnis Anda. Pelanggan dapat dengan sendirinya mencari dan membaca informasi terkini bisnis Anda, seperti produk terbaru, program promosi, syarat dan ketentuan klaim, cara order dan lain sebagainya.  

Selain yang telah disebutkan diatas, tentu masih banyak hal lain yang membuat betapa pentingnya website untuk bisnis UMKM. Bagaimana dengan bisnismu, sudah punya website belum?

Baca Juga