fbpx

Pentingnya Maintenance Website dan Cara Melakukannya

Membuat tentunya membutuhkan banyak modal yang harus dikeluarkan. Selain itu anda juga harus mempunyai banyak waktu untuk mengelola website anda. Karena memang sebuah website harus dikelola di tiap bagiannya. Karena kita tahu sendiri pembuatan website terdiri dari masa pembuatan, pemilihan atau update tampilan, masa perawatan, masa pengembangan, dan hari-hari biasa ketika melakukan posting. Kalau memang dikalkulasi secara benar, jika anda tidak memiliki keahlian dibidang membuat website tentunya membuat website akan sangat menguras banyak biaya. Membuat website akan sangat menguras biaya karena memang terdapat banyak tahapan di dalamnya. Setelah itu anda harus dituntut dengan persaingan dengan kompetitor anda. Bahkan dengan menggunakan website yang memiliki nama hampir sama akan membuat Anda dihadapkan dengan kompetitor secara langsung. Yang paling banyak Ketika anda akan membuat website adalah biaya untuk melakukan optimasi pada website anda. Optimasi pada website tentunya harus diiringi dengan saran-saran dari orang-orang yang pengetahuan dan pengalaman di bidang .

Pentingnya Maintenance Website Anda

Memang pada dasarnya membuat website akan sangat menguras waktu, ide, keahlian dan dana. Karena anda selain akan menghadapi proses pembuatan website sampai masa pengembangannya, anda juga akan dihadapkan dengan rancangan manajemen pada website anda. Rancangan manajemen pada website tersebut berupa perencanaan, implementasi dan audit. Tiga hal ini sangat penting dilakukan agar anda dapat meningkatkan kualitas dari website anda. Kualitas secara banyak hal, terutama pada produk dan . Website sendiri memiliki produk seperti konten yang dihasilkan. Sedangkan cara untuk melakukan promosi pada website bisa menggunakan banyak, promosi yang baik pada website tentunya akan membawa website anda pada kinerja SEO yang baik hal ini tentunya akan membawa keuntungan bagi anda selaku pemilik website tersebut. Selain secara manajemen, anda juga harus kuat pada ranah produk. Karena tanpa produk yang baik segala bentuk promosi anda juga kurang maksimal. Pada website sendiri produk tersebut adalah konten seperti artikel, foto atau gambar, dan . Ketika anda mampu menciptakan produk yang baik, tentunya akan sangat mudah bagi seorang marketer untuk menggedor pasar pada segmentasi website anda.

Masa pembuatan pada website memang membutuhkan seorang jasa seorang web developer. Tetapi dewasa ini, anda bisa menggunakan beberapa platform untuk membuat website. Beberapa platform di sini punya dua tipe yang bisa dibedakan. Yang pertama adalah sebuah platform dengan tipe CMS sistem, tato mini seperti WordPress, , Joomla dan Weebly. Lalu untuk tipe yang kedua adalah website builder, salah satu platform website Builder yang terkenal saat ini adalah wix.com. Ketika pembuatan website hingga masa pembuatan tampilan hingga bahkan sampai masa pengembangan website bisa dilakukan dengan beberapa platform tersebut, tentunya membuat kita memikirkan bagian yang paling mahal berada pada masa perawatan. Karena pada masa perawatan harus melakukan backup dan restore, pengecekan dan pembersihan, dan menginstal ulang pada versi terbaru. Tentunya hal ini akan sangat menguras uang anda bila Anda tidak bisa melakukan tindakan maintenance website secara gratis. Berikut adalah tindakan maintenance untuk Website yang bisa dilakukan secara personal dan gratis.

Baca Juga :  Akibat Yang Terjadi Dari Lupa Perpanjang Domain Dan Hosting

Cara Melakukan Maintenance Website Mudah Secara Personal

Yang pertama adalah ketika anda akan melakukan pembersihan dan pengecekan. Pembersihan dan pengecekan baik dilakukan secara rutin pada setiap bulan. Anda juga bisa melakukan pembersihan dan pengecekan menggunakan cara-cara tidak memungut biaya. Karena pada dasarnya yang sangat diperlukan adalah kegigihan dan keseriusan. Ketika anda telah bertanggung jawab pada website anda, tentunya anda harus mengetahui setiap detil dari website anda. Hal ini terkait dengan Script dan respon pribadi anda. Tentunya bagi anda yang membuat website melalui cara manual dengan menggunakan bahasa pemrograman, anda harus mengetahui setiap detail dari isi file manager anda. Bahkan untuk beberapa orang yang sudah menggunakan platform sebagai cara membuat website, juga harus mengerti dan menghafal setiap detil dari isi file manager pada hosting anda. Hal ini diperuntukan ketika anda harus melakukan maintenance website. Ketika anda memahami setiap fungsi di panel posting anda, tentu anda akan tahu mana berkas yang penting dan mana yang tidak.

Beberapa berkas tersebut akan membuat anda tidak bisa melakukan aktivitas pada website anda bila tidak segera dihapus. Berkas-berkas ini akan terus tumbuh dan membuat isi hostingan anda semakin penuh. Oleh sebab itu, anda harus selalu mengecek dan juga mengetahui berkas-berkas mana dan mana berkas sampah yang tumbuh tersebut. Anda juga harus berhati-hati, karena berkas-berkas tersebut bisa berupaya melakukan tindakan hacking dan bisa berisi virus maupun malware. Ketika anda akan terkena beberapa tindakan yang merugikan tersebut, tentunya website anda akan lebih memakan banyak uang untuk membenahinya. Upaya hacking bisa bertujuan dengan banyak hal, yang jelas upaya hacking ini adalah tindakan yang akan sangat merugikan anda dan bersifat fatal. Lalu mengenai virus dan malware tersebut bisa merusak kekuatan dari hosting anda dan menyerang beberapa komputer atau perangkat yang mengakses anda.

Baca Juga :  Mengenal Domain .WEB.ID Domain Untuk Web dan Umum

Ada baiknya anda melakukan backup dan restore kapanpun itu. Tentunya anda harus mempunyai berkas-berkas untuk melakukan backup. Berkas-berkas yang diperuntukkan untuk membuat Website anda haruslah anda simpan pada sebuah flash disk. Agar bila nanti terjadi sesuatu hal, anda tidak mengulang website anda dari awal lagi. Melakukan backup dan restore adalah tindakan yang sangat penting untuk masa depan website anda.

Yang terakhir adalah dengan selalu melakukan update terhadap setiap hal yang ada pada website anda. Terutama bila anda menggunakan platform CMS sistem, anda harus selalu mengupdate versi terbarunya. Hal ini diperuntukkan agar anda terhindar dari tindakan yang akan merugikan anda seperti virus dan malware. Karena virus dan malware akan masuk lebih mudah bila kita menggunakan versi lama.

Untuk virus dan malware, hal ini perlu lebih diingatkan kembali. Karena malware bisa menduplikasi dan menyusup pada file-file penting bahkan di area script website anda. Untuk itu anda bisa mengecek malware tersebut benar atau tidak dengan melihat yang secara langsung satu persatu. Berkas malware atau virus ini, bisa dilihat dari format dan tulisan yang menggunakan bahasa acak. bahasa acak yang bahkan tidak bisa kita pahami secara detail.

Bila anda menggunakan penyedia jasa untuk melakukan maintenance website tentu akan sangat menguras dompet anda. Maka dari itu penting sekali untuk seorang yang berbisnis dan seorang yang berkarir di bidang website mengetahui cara-cara untuk melakukan perawatan website secara gratis. Peralatan pada website harus dilakukan secara konsisten, sebagai contoh setiap sebulan sekali atau tiga bulan sekali. Namun bila website anda telah dikunjungi oleh banyak orang, maintenance berupa tindakan pengecekan dan pembersihan harus dilakukan setiap hari agar tidak terjadi sebuah kerugian pada website anda.

Itu dia cara melakukan perawatan pada website secara gratis. Anda bisa melakukan perawatan website tanpa harus mengeluarkan banyak modal. Melakukan perawatan pada website secara personal tentunya akan membutuhkan kegigihan dan sikap konsisten. Maka dari itu anda perlu mengatur dan memanajemen jadwal pengelolaan website anda.