fbpx

Pengertian dan Cara Menghindari Backdoor

Keamanan Backdoor, Bagi sebagian orang mungkin istilah tentang backdoor ini sangat asing didengarnya, atau apakah anda pernah mendengar istilah backdoor? Pembahasan tentang backdoor ini pernah menjadi pembicaraan serius pada tahun 2013 lalu. Karena apabila pada device atau sistem yang anda gunakan ada backdoor maka sistem anda akan rentang terserang malware.

Lalu apakah benar backdoor ini berbahaya? Apabila backdoor pada sistem ada dan akan menjadi mudah terserang malware apa itu bahaya atau tidak? Kami rasa semua orang akan menjawabnya dengan bahaya.

Lalu mengapa backdoor ini bahaya? dan apa sebenarnya backdoor itu? lalu bagaimana cara menghindarinya?

Mungkin diantara anda yang ingin mempertanyakan seperti itu. Apabila anda ingin tahu seputar backdoor, maka pada kesempatan ini kami akan membahas tentang backdoor.

Perlu anda ketahui, bahwa pembahasan ini dinilai akan sangat penting bagi pengetahuan anda, terlebih anda adalah seorang praktisi yang bergelut dibidang digital ini. Maka saran dari kami anda untuk tetap duduk dan membaca ini sampai selesai, bisa jadi ilmu ini akan menambah pengetahuan anda serta bisa menggunakan nya pada hari esok. Karena sistem anda ada backdoornya.

Pengertian Tentang Backdoor

Backdoor ini adalah sebuah portal yang tidak terdokumentasikan pada sebuah software atau sistem yang ada. Pada portal ini administrator bisa masuk kepada sistem untuk mengecek troubleshooting atau melakukan perawatan pada sistem. Namun, pada istilah backdoor ini bisa lebih dikatakan pada kegiatan hacking. Pada dunia hacking, backdoor ini merupakan kegiatan portal rahasia yang sering digunakan badan intelijen dan hackers untuk sebuah keperluan akses gelap ke , software, dan bahkan sistem komputer.

Dalam backdoor ini mempunyai beberapa artian. Namun backdoor ini lebih dikenal dengan mengacu pada sebuah titik akses yang memang sudah legal dalam sistem software atau semacam dengan program software dengan administrasi menggunakan jarak jauh. Backdoor yang seperti itu dengan tidak terdeteksi akan melakukan maintenance sistem atau software. Backdoor yang mempunyai administrasi memang diamankan pada hardcode dengan password dan username yang tidak bisa diubah-ubah. Dan bahayanya pemilik dari sistem software tersebut tidak sadar akan backdoor tersebut. Dan yang mengetahui adanya backdoor itu adalah pembuat software. Backdoor yang beradministrasi ini mempunyai sifat build in dengan membuat sebuah software atau sistem yang menjadi rawan akan hacker yang menginginkan akses data ke sistem tersebut.

Baca Juga :  Cara Berjualan dengan Tiktok Shop untuk Pemula, Bisa Untung Besar

Perlu anda tahu, bahwa penyerang hacker bisa menerapkan backdoor mereka sendiri ke sistem yang ditargetkan oleh mereka. Pada saat berhasil mereka akan bisa mengakses sistem dengan bebas. Bukan hanya itu saja, sekalipun jaraknya jauh mereka dapat mengakses sistem. Adanya malware yang diinstal khusus dengan sebutan remote access trojan RAT dan biasanya dipakai untuk menginstall virus atau malware lainnya untuk masuk ke sebuah data atau sistem.

istilah backdoor bisa terkenal karena Edward Snowden telah membuka dokumen NSA atau Badan Nasional Amerika pada tahun 2013 lalu.

Apa yang Menyebabkan Backdoor Berbahaya?

Backdoor ini bisa menjadi berbahaya karena bisa memberikan akses gelap. Namun penjelasan diatas adalah sebagian dari bahaya backdoor, masih ada hal lain yang memang backdoor itu berbahaya untuk keamanan sistem data anda.

Backdoor Sebagai Distributor Malware

Apabila seorang hacker bertindak untuk melakukan dan memasang backdoor pada website. Maka mereka bisa bebas untuk mengirim malware kepada pengunjung website tersebut. Malware yang biasa dikirim kepada pengunjung situs tersebut adalah jenis malware ransomware atau nama lainnya adware, maka dengan malware itulah hacker bisa mendapatkan keuntungan. Bukan hanya itu, apabila website anda terkena oleh serangan backdoor ini, maka siap-siap website anda sebentar lagi akan di block oleh Opera dan Chrome.

Penyerangan Distributed Denial of Service atau DDoS

Serangan dari DDoS atau Distributed Denial of Service ini merupakan penyerang yang sangat serius dan ancaman besar. Membuat mengirim suatu packet ke satu tujuan adalah gaya dari penyerang ini oleh para hackers. Dengan terjadi proses ini membuat sistem atau website anda menjadi lambat dan tak bisa bekerja secara maksimal karena besarnya jumlah traffic yang datang. Pada kasus ini hackers akan mempunyai banyak backdoor pada sistem yang bisa dipakai untuk bertindak DDoS. Apabila server melakukan serangan kemudian, kemungkinan akan di blacklist pada akhirnya.

Backdoor bisa Mencuri Data

Inilah bahaya sebuah backdoor apabila website anda terkena backdoor. Dengan alat ini, para hacker akan bisa mengakses server website anda dengan waktu yang lama serta informasi yang ada akan diketahui oleh para hacker. Untuk mengambil sebuah data, para hacker dengan teknik-teknik yang canggihnya melakukan semua itu dengan sembunyi-sembunyi dan anda tidak akan sadar dengan serangan pencurian data seperti itu, karena terlihat server anda baik-baik saja. Cara untuk mengetahui serangan itu dengan melihat secara berkala log server anda dengan yang sesuai. atau dengan mengamankan server anda untuk  mencegah peretasan itu merupakan hal terbaik.

Baca Juga :  Plugin Cadangan WordPress Terbaik Tahun 2019

Melindungi Device dan Website dari Backdoor

Sekalipun backdoor ini berbahaya, namun ada sebagian cara untuk mengatasi serangan dari backdoor ini diantaranya sebagai berikut!

Waspada dengan software Open Source

Apabila anda menggunakan software yang open source, maka gunakanlah software open source yang sudah terbukti aman dengan melihat rating dan ulasan para pengguna. Meskipun software open source ini resmi dari developernya. Namun selalu ada backdoor yang memang bersembunyi yang bisa mengontrol sistem atau mencuri data server. Para hacker sudah mengetahuinya bahwa mengubah kode software akan memberikan akses backdoor pada jaringan dan komputer lain.

Selalu Aktifkan Firewall

Apabila anda menginstall firewall, user yang ingin masuk tanpa izin akan mereka block supaya tidak bisa mengambil data device dan website anda.

Terapkan Software Anti Virus

Dengan menggunakan software anti virus, device anda akan diamankan oleh software tersebut, namun anda juga harus memastikan bahwa software anti virus itu telah terupdate versi terbaru, agar serangan demi serangan bisa terhindari.

Waspada Dengan Email yang Masuk

Sekalipun yang masuk itu adalah dari teman atau orang kenalan anda. Perlu anda tahu, bahwa para hacker bisa saja menyamar dengan nama orang lain, dengan begitu mereka bisa mengakses device anda. Maka solusinya, anda aktifkan antivirus yang bisa mendeteksi virus dengan scan email yang masuk.

Demikianlah pembahasan tentang backdoor yang menjadi dunia gelap para praktisi internet. Dengan mengetahui backdoor ini berbahaya dan sangat merugikan website dan devide anda. Sebaiknya dari sekarang anda melakukan dan menginstall apa yang diperlukan untuk mencegah masuknya backdoor pada sistem server anda.

Mungkin bagi sebagian anda mengamankan server dari backdoor tidaklah begitu penting karena tidak mempunyai data yang berharga, namun bagi sebagian anda yang melakukan untuk segera melindungi server anda dari backdoor ini karena anda mempunyai data berharga untuk menjalankan bisnis tersebut.