fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Business

Peluang Bisnis Handmade, DIY Bisa Bikin Cuan

Wiliam

Peluang usaha yang bisa dijalankan sekarang amatlah beragam, bahkan hampir semua barang dan produk bisa dijadikan peluang cuan. Salah satunya produk handmade atau hasil DIY. Kerajinan satu ini memiliki keunikan serta daya tariknya sendiri. Lalu bagaimana ya peluang bisnis satu ini? Simak selengkapnya yuk beserta contoh produk DIY yang bisa Anda coba:

1. DIY Lilin Aromaterapi 

Ide usaha handmade selanjutnya yang bisa Anda coba adalah lilin aromaterapi. Belakangan, produk ini memang sedang laris karena selain estetik juga mampu menenangkan pikiran serta tampilannya juga menarik. Untuk memulai diy batang satu ini, Anda bisa memanfaatkan bahan yang ada di rumah. Namun agar lebih menarik, silahkan beli beberapa bahan tambahan sebagai modal awal memulai usaha.

Ciptakan kekhasan pada lilin aromaterapi Anda, dan pastikan tidak menghilangkan nilai gunanya ya. Untuk mempromosikannya, Anda bisa mencoba menawarkan pada keluarga dan teman-teman. Jika ada feedback baik dari mereka, lakukan pemasaran lebih luas lagi.

2. DIY Sabun Khusus

Produk selanjutnya yang bisa dicoba adalah sabun, baik itu yang padat maupun cair. Beberapa orang mungkin mengeluhkan jika kulitnya bermasalah saat menggunakan sabun pabrikan. Untuk itu, Anda bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk membuat produk organik yang diformulasikan khusus untuk kulit bermasalah.

hanya kreativitas saja, Anda juga perlu melakukan riset terkait bahan organik apa yang aman untuk kulit sensitif. Buat ciri khas terhadap produk anda sehingga mudah dikenali oleh konsumen, mulai dari mempertimbangkan bentuk, warna, serta aroma.

3. Make Over Perabotan

Terkadang kita merasa bosan dengan perabotan atau furniture yang ada di rumah, bentuknya selalu begitu-begitu saja dan bahkan ada yang sudah berubah bentuk. Namun, ada lho beberapa pemilik rumah yang memiliki kreativitas dalam memakeover furniture rumahnya supaya terlihat lebih menarik dan lebih hidup.

Ini bisa jadi usaha handmade yang menguntungkan, bukan? Daripada membeli perabotan baru mending dekorasi ulang rumah agar lebih hemat budget. DIY furniture ini bisa anda manfaatkan untuk mendapatkan keuntungan, bisa dapat penghasilan tambahan.

Sebagai bentuk usaha, Nada bisa mengalokasikan modal dengan membeli beberapa furniture bekas lalu mendekorasinya agar terlihat baru dan memiliki daya beli. Anda bisa mengkreasikan sesuka hati sesuai selera.

4. Kreasi Kertas

Bahan lain yang bisa dikreasikan dan memiliki nilai jual tinggi adalah kertas, bisa dibuat menjadi berbagai macam produk unik serta berguna. Mungkin Anda yang memiliki kemampuan menggambar, kertas menjadi salah satu alat yang amat bermanfaat. Bisa dibuat lukisan ataupun kaligrafi, keduanya adalah hiasan yang dicari banyak orang.

Atau memanfaatkan kertas bekas untuk didaur ulang mungkin bisa menjadi peluang usaha yang menguntungkan namun juga ramah lingkungan. Selain bisa melestarikan lingkungan, Anda sekaligus berwirausaha.

5. Kreasi Tanah Liat

Ide usaha handmade selanjutnya adalah kreasi tanah liat Yang bisa diubah menjadi bermacam-macam benda mulai dari celengan, pot, mug,  dan berbagai kreasi lainnya yang bisa disesuaikan dengan kreativitas masing-masing pembuatnya. Meski kreasi tanah liat ini bukanlah hal baru karena ada banyak sekali pengrajin, namun anda bisa memanfaatkannya menjadi usaha handmade  yang bernilai jual tinggi.

Memulai usaha sebagai pengrajin tanah liat memang memerlukan modal karena harus menyediakan berbagai alat pendukung seperti salah satunya membeli meja putar, membeli tanah liat, dan beberapa bahan pendukung lainnya. Namun jika Anda serius memulai usaha satu ini, modal bukanlah hambatan karena itu bisa diusahakan.

6. Produk Rajutan

Usaha hand selanjutnya yang bisa Anda coba yakni kreasi Rajutan, bisa menjadi peluang usaha bayi Anda yang memiliki kreativitas dan keahlian merajut. Produk kerajinan ini meliputi sweater, sial, dan banyak lagi produk lainnya. Anda bisa mengkreasikan rajutan menjadi tas, dompet, topi, dan lain sebagainya.

Meskipun ada beberapa orang yang harus kursus terlebih dahulu untuk keahlian satu ini, namun kalau sudah mahir keahlian ini cukup menjanjikan lho. Bahan yang dibutuhkan pun mudah didapatkan, dan bahkan alat dan bahannya cukup sederhana.

7. Hampers

Hampers menjadi salah satu alternatif bingkisan untuk Sanak saudara ataupun teman-teman. Tidak heran kalau banyak orang yang menjadikan handmade satu ini jadi peluang usaha yang cukup menjanjikan  karena selalu laku di beberapa momen tertentu.

Biasanya, di momen terbaik tentu seperti hari lebaran, tahun baru, perayaan Natal, ataupun perayaan keagamaan lainnya permintaan akan hampers akan selalu meningkat. Entah itu hampers kue lebaran, sembako, ataupun barang lainnya. Tidak bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk menyalurkan kekreatifitasan guna membentuk hampers yang menarik dan juga memiliki daya beli.

8. Aneka Aksesoris

Usaha handmade selanjutnya yang bisa Anda coba adalah aneka aksesoris. Mungkin target pasar yang tepat untuk produk satu ini sudah pasti para wanita yang suka berdandan serta bergaya. Lebih tren sekarang perhiasan Manik manik begitu digandrungi para remaja wanita hingga dewasa. Membuat penampilan terlihat semakin manis dan menggemaskan.

DIY aksesoris yang bisa dicoba mulai dari kalung, anting, bando, atau pengait masker. Bahannya cukup mudah karena anda hanya memerlukan tali dan juga manik-manik sebagai penghias. Untuk bahan manik nya sendiri cukup mudah didapatkan, bisa dibeli secara online atau mengunjungi toko kerajinan lokal.

Nah itulah beberapa peluang usaha handmade yang bisa Anda coba sekarang. Dengan mengandalkan keterampilan serta kreativitas, bahan yang mudah didapatkan  bisa jadi barang yang lebih bermanfaat.

Baca Juga