fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Panduan

10 Panduan Dalam Memilih Payment Gateway Terbaik

Yanti puspita

Sebelum kamu mengetahui lebih banyak tentang panduan dalam memilih Payment Gateway terbaik untuk situs web atau aplikasi, kamu perlu mengetahui apa itu Payment Gateway. Singkatnya, payment gateway adalah sistem alat pembayaran website dan aplikasi yang memiliki berbagai kemudahan.

Namun untuk mendapatkan kemudahan menggunakan Payment Gateway. Sobat Dewabiz harus mengetahui 10 panduan dalam memilih payment gateway terbaik yang akan kita bahas di bawah ini.

10 Panduan Dalam Memilih Payment Gateway Terbaik

Sebelum memilih Payment Gateway, kamu perlu mengetahui hal-hal yang harus di pertimbangkan Misalnya jenis bisnis apa yang di lakukan dan jenis transaksi apa yang di lakukan sehari-hari. Hal-hal yang perlu dipertimbangkan ketika memilih juga sangat penting juga. Adapun panduan dalam memilihnya adalah sebagai berikut:

1.      Keamanan Payment Gateway

Satu hal penting yang perlu di perhatikan sebelum memilih layanan Payment Gateway adalah keamanan. Pastikan layanan yang akan di gunakan menerapkan standar keamanan yang tinggi, seperti enkripsi data dan PCI DSS (Payment Card Industry Data Security Standard) agar data tetap terlindungi.

Karena PG sendiri menyimpan data penting pelanggan, maka kamu harus memastikan bahwa layanan yang di pilih memiliki sistem keamanan yang dapat mengenkripsi data dan menjaganya tetap aman selama proses transaksi.

2.      Kompatibilitas

Selain pemeriksaan keamanan, kamu juga harus memastikan bahwa Payment Gateway yang kamu gunakan kompatibel dan kompatibel dengan platform bisnis online yang di gunakan. Mengingat ada beberapa PG yang di rancang hanya untuk platform tertentu.

Pengecekannya bisa di lakukan dengan 2 cara. Yaitu menggunakan API (Application Programming Interface) atau menggunakan plugin.

  • API adalah integrasi produk dalam situs web atau aplikasi yang dapat di kembangkan melalui pengkodean.
  • Sedangkan plugin merupakan pilihan template yang bisa kamu gunakan seperti dari WordPress, Magento dan lain-lain.

3.      Harga dan Biaya Transaksi

Sebelum memilih layanan Payment Gateway terbaik, kamu perlu membuat daftar biaya yang harus di bayar. Selain daftar biaya, kamu juga harus memastikan tidak ada biaya tersembunyi sebelum atau sesudah pemasangan.

Perhitungan ini di lakukan untuk mengetahui berapa biaya yang harus di keluarkan dan bagaimana mempertimbangkan layanan yang paling cocok untuk bisnismu. Hal lain yang tidak perlu kamu pikirkan adalah biaya transaksi. Pastikan struktur biaya transaksi yang di tawarkan sesuai dengan skala bisnismu.

4.      Opsi Pembayaran

Salah satu daya tarik yang di cari banyak orang adalah pilihan pembayaran yang fleksibel dan beragam. Untuk dapat menggunakan saluran pembayaran apa pun yang di miliki pelanggan.

Pastikan juga memiliki saluran pembayaran yang lengkap, seperti kartu kredit, kartu debit, toko ritel, akun virtual, E wallet, dan metode pembayaran lainnya. Semakin banyak pilihan yang di miliki, semakin besar kemungkinan kamu mendapatkan lebih banyak pelanggan.

5.      Layanan Pelanggan Dengan Respon Cepat

Pastikan Payment Gateway yang di pilih memiliki layanan pelanggan yang siap di hubungi kapan saja dan di mana saja. Jadi jika ada pertanyaan terkait registrasi atau operasional, mereka bisa menjawab dengan cepat dan memberikan solusi kepada pelanggan.

Untuk itu, waktu respon juga akan menentukan kelancaran transaksi. Jangan biarkan pelangganmu menunggu berhari-hari hingga akhirnya proses transaksi tertunda. Jika hal ini terjadi, maka akibatnya akan fatal karena akan menurunkan citra dan integritas bisnis kamu di kemudian hari.

6.      Reputasi

Hal lain yang tidak kalah penting ketika mempertimbangkan payment gateway adalah reputasi layanannya. Pilihlah layanan yang di ketahui memiliki reputasi baik dan memenuhi standar kepuasan pelanggan serta memberikan dukungan teknis jika terjadi masalah.

7.      Integrasi

Payment Gateway yang menyediakan integrasi mudah dan cepat akan memberikan pengalaman pembayaran yang luar biasa kepada pelanggan. Hal ini dapat di jadikan alasan bagi pelanggan untuk membeli lagi atau membeli lagi.

Selain itu, kemudahan integrasi juga dapat menjadi daya tarik utama bagi para pelaku usaha. Karena tidak semua website dan aplikasi memfasilitasi integrasi pembayaran yang mudah dan cepat sesuai keinginan pelanggan.

8.      Analisis dan Pelaporan

Selain pemrosesan transaksi, analisis dan pelaporan juga harus di pertimbangkan. Pilih Payment Gateway yang menyediakan alat analisis dan pelaporan yang dapat membantu kamu memahami kinerja transaksi dan pola pembayaran selama periode waktu tertentu.

Kamu akan menggunakan hasil analisis atau laporan ini untuk melihat seberapa efektif kemajuanmu dan apa yang perlu di tingkatkan. Tidak hanya itu, hasil analisis ini juga dapat membantu tim dalam menyusun strategi yang akan di terapkan untuk mengembangkan bisnismu.

9.      Legalitas

Selain reputasi, pastikan sistem pembayaran online tersebut memiliki izin resmi dari Bank Indonesia. Sehingga pelanggan lebih percaya dan terjamin saat bertransaksi di platform. Legalitas juga menjadi salah satu faktor utama dalam memilih perusahaan payment gateway di Indonesia, sehingga kamu perlu memahami legalitasnya dengan jelas.

10.  Variasi Pembayaran

Dalam bisnis online, ada beberapa pemilik bisnis yang menawarkan keanggotaan atau berlangganan dalam bentuk paket. Variasi ini biasanya di inginkan oleh pelanggan, karena panduan ini akan memudahkan bagi yang sudah melakukan transaksi.

Dengan fitur ini, kamu tidak perlu menagih pelanggan secara manual. Sebab, sistem akan mencatat pelanggan yang sering bertransaksi dengan benar.

Apa Manfaat Payment Gateway?

Ada banyak manfaat yang bisa di dapat dengan menggunakan Payment Gateway. Baik itu bagi pelaku bisnis, maupun bagi pelanggan. Berikut beberapa manfaat yang bisa didapat bagi kedua belah pihak. Yaitu:

·         Pebisnis Tidak Perlu Membuat Banyak Akun

Manfaat pertama yang di dapat dari sistem Payment Gateway adalah pelaku bisnis tidak perlu menyediakan semua rekening dari semua bank di Indonesia. Karena PG membuatmu otomatis berjejaring dengan bank-bank di Indonesia hanya dalam 1 integrasi.

·         Rekap Pembayaran dan Pembelian yang Mudah

Salah satu aktivitas yang paling membingungkan bagi pengusaha adalah mencatat pembayaran dan penjualan. Jika kamu salah perhitungan, hasil kamu akan hilang. Bahkan tak jarang harus mengulang rekap dari awal. Dengan adanya jkemudaha tersebut, kamu tidak perlu melakukan pencatatan karena sudah ada laporan keuangan harian yang terkirim secara otomatis dan statistik penjualan yang bisa kamu akses secara real time.

·         Jangkauan Lebih Luas

Mengandalkan sistem pembayaran atau pembelian manual, jangkauan bisnis kamu cukup terbatas. Berbeda dengan Payment Gateway di Indonesia, ini akan memperluas bisnis kamu ke luar negeri.

Pelanggan kamu nantinya bisa membeli daganganmu meskipun mereka tidak berada di Indonesia. Pastinya hal ini akan membuat bisnismu semakin sukses. Nilai produk kamu pun akan semakin meningkat karena berhasil menembus pasar luar negeri.

·         Keamanan Transaksi Terjamin

Bahkan terkadang saat ini banyak orang yang enggan berbelanja online karena merasa minder. Hal ini tidak lepas dari adanya kasus penipuan transaksi penjualan online yang menyebabkan pelanggan merugi.

Kehadiran payment gateway dapat membangun “kepercayaan” terhadap reputasi bisnis online di mata pelanggan. Keamanan Payment Gateway Indonesia ini terjamin, karena di awasi dan di lisensikan oleh lembaga keuangan di Indonesia serta tersertifikasi standar keamanan internasional.

Penutup

Demikian penjelasan dari kita tentang 10 panduan dalam memilih payment gateway terbaik yang bisa kita sampaikan. Semoga bermanfaat!

Baca Juga