fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

General

Tips Mudah Pasang Iklan di Google Ads

Yanti puspita

Google dapat menjadi media periklanan yang efektif dan memiliki banyak manfaat jangka panjang untuk bisnis Anda. Selain itu, Google menyediakan tools yang sangat berguna untuk membantu Anda beriklan yang di kenal sebagai Google Ads.

Google Ads membantu Anda menampilkan iklan di hasil penelusuran menggunakan kata kunci yang relevan dengan bisnis Anda, sehingga Anda dapat memperoleh kesadaran dan menarik lebih banyak pelanggan. Layanan periklanan Google akan sangat membantu Anda untuk meningkatkan keberhasilan iklan Anda di Google.

Tips Pasang Iklan di Google Ads

Bagi Anda yang tertarik dengan fitur Google Ads ini, artikel ini akan menyajikan informasi yang cocok untuk Anda tentang berbagai tips memasang iklan di Google Ads. Apa saja tipsnya? berikut ulasan lengkapnya:

Punya tujuan beriklan

Tujuan beriklan sangat di perlukan sebelum membuat Google Ads. Karena setiap iklan memiliki tujuan yang pastinya berbeda. Artinya strategi dan eksekusi iklan tersebut juga harus di sesuaikan. Baik itu dalam hal copywriting, landing page, dan masih banyak yang lainnya.

Misalnya, Anda ingin mengiklankan suatu produk. Oleh karena itu, Anda yang ingin beriklan harus menjamin produk mana yang akan di iklankan, media mana yang akan digunakan dan aspek mana yang ingin di tingkatkan.

Jangan biarkan Anda yang ingin beriklan tidak memiliki tujuan apa pun dalam iklan Google Ads. Karena pada akhirnya akan menimbulkan anggapan bahwa Google Ads tidak efektif, efisien, dan hanya membuang-buang uang saja.

Menggunakan kata kunci yang tepat

Setelah menentukan tujuan iklan, tips Google beriklan di Google Ads selanjutnya adalah menggunakan kata kunci yang tepat. Google akan menampilkan iklan berdasarkan kata kunci yang di masukkan oleh pengguna. Mata kunci yang paling sering di gunakan terkait dengan ruang lingkup bisnis Anda, maka kata kunci tersebut bisa Anda gunakan.

Nah, untuk menemukan kata kunci yang tepat, melakukan riset kata kunci adalah cara yang efektif. Tenang. Hal ini tidak perlu di lakukan secara manual. Saat ini, ada banyak tools penelitian kata kunci yang mudah di gunakan, misalnya Ubersuggest dan Ahrefs. Bahkan Anda bisa melakukan riset untuk kata kunci yang di gunakan oleh kompetitor.

Nah, setelah Anda mendapatkan kata kunci yang tepat, gunakan kata kunci tersebut di iklan Anda. Baik di judul iklan maupun di teks iklan atau deskripsi di landing page. Harapannya dengan adanya tips Google Ads ini, peluang iklan untuk dilihat oleh target konsumen menjadi lebih besar.

Memilih lokasi beriklan

Google Ads menawarkan berbagai opsi bagi pengiklan untuk dipilih, termasuk memilih lokasi. Google Ads membutuhkan pemilihan lokasi iklan yang nantinya akan di tampilkan. Termasuk dalam radius atau jarak tertentu dari toko yang Anda punya. Bisa juga mencakup seluruh wilayah dan negara (baik nasional maupun internasional).

Tujuan pemilihan lokasi untuk beriklan adalah untuk mendapatkan calon pelanggan yang tepat. Seperti halnya ketika Anda menargetkan pasar di Indonesia sebagai tempat untuk mengiklankan produk. Tentunya Anda bisa menambahkan nama kota-kota di Indonesia yang bisa Anda targer pasar agar produk Anda di kenal masyarakat.

Membuat teks iklan

Tips selanjutnya untuk meningkatkan performa iklan Google Ads adalah dengan membuat teks iklan yang tentunya agar menarik pengunjung. Untuk ini, teknik copywriting yang di gunakan harus yang terbaik. Bisa di katakan inilah ujung tombak periklanan untuk mencapai tujuan Anda.

Namun, perhatikan juga bahwa teks iklan Anda tak hanya menarik bagi calon pelanggan saja melainkan untuk Google juga. Oleh karena itu, Anda juga perlu menerapkan teknik SEO copywriting agar Google tertarik dengan iklan Anda. Cara melakukan SEO Copywriting sebenarnya tidak terlalu sulit. Anda hanya perlu mencari kata kunci dan memasukkan kata kunci di judul, deskripsi meta, dan lainnya.

Mengetahui harga pasang Google Ads

Bahkan bisa dikatakan harga untuk layanan periklanan di Google Ads cukup fleksibel dan mudah. Anda bisa menentukan harga trsebut berdasarkan besar kecilnya ruang lingkup bisnis, besaran harga, dan keuntungan yang bisa diperoleh.

Oleh karena itu, semakin tinggi tingkat kunjungan, semakin besar peluang jumlah penjualan. Setelah Anda menyiapkan hal-hal tersebut, langkah selanjutnya yang perlu Anda terapkan adalah membuat iklan langsung di Google Ads.

Menentukan Bidding

Google Ads menggunakan sistem bidding, yang artinya Anda harus mengeluarkan harga atau one-click price untuk iklan tersebut, dan ada dua pilihan di sini. Pertama, biarkan Google menentukan nilai Anda per klik. Sistem memeriksa tingkat persaingan, jumlah pengiklan dalam kategori yang sama, seperti area cakupan dan kata kunci Anda.

Kedua, Anda dapat memasukkan nilai nominal yang ingin Anda bayar per klik. Jika Anda memasukkan nilai nominal terendah, iklan Anda mungkin tidak muncul. Dan jika terlalu tinggi, Anda dapat dengan cepat menghabiskan anggaran harian Anda. Agar aman, pilih metode pertama.

Menyesuaikan iklan dengan landing page

Anda harus menyesuaikan iklan dengan landing page di setiap iklan Anda memunculkan promosi. Jika tidak, calon pembeli akan kecewa, bahkan bisa lebih buruk lagi bisa menurunkan kepercayaan pada bisnis Anda. Jika iklan dan landing page sudah sama, calon pembeli bisa langsung mendapatkan informasi tentang penawaran dan bahkan langsung membeli produk.

Menjadwalkan iklan

Pastinya perbedaan waktu pengaturan iklan di setiap tempat akan berbeda maka dari itu Anda harus merubahnya. Untuk memaksimalkan keuntungan iklan, fitur yang ada di Google Ads mencakup pengaturan jadwal iklan berdasarkan kapan pelanggan/pengunjung lebih banyak berbelanja.

Google Ads memungkinkan Anda untuk menampilkan iklan pada waktu tertentu dalam sehari di suatu negara/tempat. Ini adalah masa ketika masyarakat di beberapa negara cenderung paling banyak menggunakan untuk membeli produk Anda.   

Buat iklan yang mobile-friendly

Iklan yang berpotensi dilihat lebih banyak orang jika desain yang digunakan mobile-friendly. Jika iklan sulit dilihat dari perangkat smartphone, pengunjung juga akan kesulitan mendapatkan informasi dengan benar. Salah satu contohnya, iklan yang terlalu besar akan memotong deskripsi. Bisa juga karena desain yang digunakan membuat tombol CTA tidak bisa diklik pengunjung dari smartphone-nya.

Jika hal ini terjadi, iklan menjadi kurang menarik dan tidak dapat menjangkau khalayak yang diinginkan. Untuk ini, Anda perlu membuat desain iklan yang sesuai dengan desktop dan smartphone. Jika perlu, buatlah desain khusus untuk keduanya. Selanjutnya akan semakin lengkap jika landing page-nya juga mobile friendly.

Kesimpulan

Google dapat menjadi salah satu media periklanan yang efektif dan memiliki banyak manfaat untuk bisnis seseorang. Google menyediakan tools yang dapat digunakan untuk beriklan dan biasa dikenal dengan “Google Ads”.

Melalui Google Ads, Anda dapat menampilkan iklan di hasil penelusuran Google menggunakan kata kunci yang relevan dengan bisnis Anda. Sekaligus menjadi peluang untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan. Untuk itu, layanan periklanan Google sangat berguna untuk meningkatkan pertumbuhan bisnis Anda.

Baca Juga