fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

PanduanDomain

Parked Domain vs Addon Domain, Mana yang Lebih Unggul?

Muhammad Rizqy

Parked domain vs addon domain merupakan istilah yang sering dibandingkan bersamaan dengan istilah subdomain. Padahal ketiga istilah domain tersebut berbeda.

Meski terdapat perbedaan, namun ketiganya sama-sama memberi pengaruh terhadap domain utama. Namun manakah yang lebih unggul pengaruhnya?

Agar lebih jelas mengenai perbedaan dan keuntungan masing-masing, berikut ini adalah pemaparan mengenai perbedaan parked domain vs add-on domain yang perlu Anda ketahui. 

Pengertian dan Manfaat Parked Domain

Sesuai dengan namanya, parked domain adalah domain yang sengaja “diparkirkan”  untuk penggunaan di kemudian hari. Maksudnya bagaimana? 

Jadi Anda sudah memesan nama domain tertentu namun belum tersambung ke situs web atau layanan hosting apapun.

Salah satu keuntungan menggunakan parked domain adalah mengamankan nama domain tertentu yang bagus untuk SEO bisnis Anda.

Caranya adalah dengan melakukan booking terlebih dahulu meskipun belum tahu domain tersebut kapan akan diaktifkan.

Daripada ada pihak kompetitor yang merebut atau mencuri ide Anda, lebih baik Anda amankan sekaligus bisa memenangkan keyword bisnis Anda di mesin pencari. 

Tampilan halaman parked domain akan sama dengan website utama yang menjadi tempat parkirnya. 

Meskipun belum aktif, Anda bisa menautkan parked domain  ke website utama sehingga tidak akan muncul keterangan “Halaman tidak ditemukan” karena tampilannya mirip seperti domain utama.

Tidak hanya itu, berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan lain dari parked domain

  1. Menyempurnakan Konsep Website

Saat menemukan nama domain yang cocok dan Anda inginkan untuk keperluan bisnis, tidak jarang konsep website belum siap untuk segera launching

Dengan konsep parked domain, Anda tetap bisa membeli domain tersebut sembari menyempurnakan konsep website-nya agar lebih matang saat launching.

  1. Menghasilkan Uang Tambahan

Sebelum resmi launching, Anda tetap bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari parked domain

Meski domain belum aktif, Anda tetap bisa memasang iklan baru untuk mendapatkan penghasilan tambahan karena tampilan web-nya akan sama dengan domain utama.

Hingga saat ini belum ada penjelasan terkait kekurangan atau dampak negatif dari penggunaan parked domain.

Pengertian dan Keuntungan memakai Add-on Domain

Sementara add-on domain adalah menambahkan domain lain atau domain baru  yang terhubung kepada domain utama meski tidak memiliki tema yang sama. 

Maksud terhubung di sini adalah file add-on domain akan berada pada penyimpanan subdirektori folder public_html dari domain utama.

Kelebihan dan kekurangan add-on domain yang menjadi alasan banyak orang:

  1. Menghemat Biaya Hosting

Dengan konsep addon domain, Anda dapat menghemat pembelian hosting saat membeli domain baru. 

Karena saat membuat add-on domain, beberapa akun pada FTP (File Transfer Protocol) sudah secara otomatis terhubung dengan hosting domain utama. 

Di dalamnya terdapat folder khusus public_html untuk memisahkan penyimpanan addon domain dan domain utama. 

  1. Resource Domain Utama Terbagi Dua

Kelemahan addon domain yang pertama adalah resource hosting mulai dari penyimpanan, server hingga bandwidth akan terbagi antara domain utama dan addon domain.  

  1. Tidak Bisa Mengakses cPanel Sendiri   

Selanjutnya, pengguna addon domain juga tidak memiliki akses ke cPanel sendiri karena hanya memiliki domain utama.

Perbedaan Parked Domain vs Addon Domain vs Subdomain

Parked domain tidak ada kaitannya dengan domain utama karena hanya menempelkan saja domain baru di atasnya. Namun tidak ada pembuatan folder khusus atau sharing resources dengan domain utama.

Sedangkan subdomain dan addon domain turut mempengaruhi domain utama. Subdomain adalah domain turunan dari domain utama yang tidak membutuhkan akun FTP khusus.

Namun jika domain utama berhenti maka subdomain tidak bisa diakses juga oleh pengunjung.

Sementara addon domain membutuhkan akun FTP dan sharing resources dari domain utama. Tetapi tidak seperti subdomain, addon domain tetap bisa diakses meski domain utama berhenti.Untuk lebih memahami soal perbedaan parked domain vs addon domain bisa cek juga di Dewabiz.com. Bizzie, bisa mendapatkan informasi soal informasi ter-update mengenai domain dan hosting

Baca Juga