fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Panduan

Panduan Cara Menggunakan AdLibrary Instagram untuk Melihat Iklan Kompetitor

Wiliam

Saat ingin memasang iklan, tentu saja Bizzie harus mencari referensi atau contoh iklan yang sudah tersedia khususnya dari kompetitor. Salah satu fitur menarik dari ad library Instagram adalah membantu Bizzie untuk melakukannya asalkan tahu bagaimana cara menggunakannya dengan tepat.

Ad library Instagram memungkinkan Bizzie untuk melihat iklan dari para kompetitor maupun brand pesaing lain yang ada di industri sama. Pastikan Bizzie menyimak ulasan di bawah ini sebab akan dijelaskan mengenai pengertian, fungsi dan panduan untuk menggunakan secara lengkap.

Apa Itu Ad Library Instagram

Apa itu ad library Instagram? Ad library Instagram adalah fitur gratis yang disediakan oleh Meta (Instagram) yang menampilkan seluruh iklan di media sosial, seperti Facebook, Messenger, Instagram dan lain-lain.

Cara menggunakan ad library Instagram sangat mudah dan bisa membantu Bizzie untuk mencari referensi iklan. Iklan yang ditampilkan di Instagram ad library adalah iklan yang sedang tayang.

Di setiap penampilan iklan, Instagram akan menyertakan informasi berupa tanggal penayangan, perusahaan pembuat, jenis platform dan copywriting dari iklan. Pada Instagram ads library ada dua jenis iklan, yaitu pemasaran produk dan layanan.

Bizzie hanya bisa melihat kedua jenis iklan tersebut selama status penayangan masih aktif. Hal ini berbeda dengan jenis iklan politik. Iklan politik merupakan iklan berbau isu sosial dan politik. Contohnya adalah iklan pemilu.

Untuk melihat jenis iklan ini, Bizzie bisa mengaksesnya sekalipun status tayang iklan sudah aktif. Meskipun begitu, Bizzie tetap melihat rincian informasi iklannya seperti tanggal pertama kali tayang dan lain-lain.

Satu hal uniknya lagi adalah fitur Instagram ads library ini sudah mengusung konsep transparansi. Apa itu artinya? Jadi, Bizzie bisa menggunakan fitur ini secara gratis. Bahkan, cara menggunakan ad library ini tidak membutuhkan akun Instagram sekalipun.

Sebenarnya, konsep transparansi ini sempat menimbulkan banyak pro dan kontra di masyarakat. Hal ini tentu sudah cukup wajar, karena transparansi membuat siapa saja bisa mengakses iklan dari kompetitornya. Tidak tanggung-tanggung, bahkan termasuk juga dengan detail informasi iklannya juga.

Fungsi Ad Library Instagram

Meskipun ada banyak pro dan kontra mengenai ad library Instagram, bukan berarti Bizzie boleh melewatkan cara menggunakan ad library. Akan tetapi, belum mengetahui cara penggunaanya sebaiknya ketahui dahulu apa saja fungsi dari fitur ini. Sebagai berikut beberapa diantaranya :

1. Memberikan Referensi untuk Inspirasi Iklan

Fungsi yang pertama jelas untuk membantu pencarian referensi sebagai inspirasi iklan. Pada saat melakukan riset iklan kompetitor, Bizzie akan mendapatkan berbagai informasi. Misalnya, gambar, desain iklan, teks, bahasa dan platform yang dipilih.

Dengan demikian Bizzie bisa mendapatkan informasi, bagaimana faranya kompetitor kenarik oerhatian audiensnya. Dari pengetahuan ini, Bizzie bisa menciptakan iklan yang lebih baik dari kompetitor. Alhasil, Bizzie akan mendapatkan peluang yang lebih besar untuk menarik audiens membeli produk maupun layanan yang ditawarkan.

2. Mengenalkan Peta Persaingan Bisnis

Melihat iklan kompetitor bisa membantu Bizzie untuk mengenali lingkungan bisnis dan industri. Selain itu, Bizzie juga bisa mengetahui siapa saja kompetitor di dalam bidang tersebut dan strategi iklan seperti apa yang digunakan oleh mereka.

Di samping itu, Bizzie juga bisa mengenali siapa saja yang menjadi kompetitor Dari situ Bizzie bisa melakukan riset lebih dalam terkait apa saja kelebihan dan kekurangan dari strategi yang diterapkan pada masing-masing kompetitor.

Mengenali peta persaingan bisnis, Bizzie akan dibantu untuk membangun bisnis yang lebih baik. Misalnya, kompetitor A mengalami kegagalan dan strateginya tidak berhasil. Bahkan, Bizzie juga bisa memeriksa bagaimana caranya beriklan dan menghindari pemakaian strategi yang sama agar tidak mengalami kegagalan.

3. Mempermudah Penyusunan Strategi

Pengetahuan akan persaingan yang sudah Bizzie kantongi ini bisa menjadi bekal untuk menyusun strategi bisnis terbaik. Selain itu, Bizzie juga bisa menyusun strategi yang lebih baik untuk mengambil kelebihan dari strategi kompetitor dan menghindari kesalahan.

Cara Menggunakan Ad Library Instagram

Akhirnya, kini Bizzie bisa mempelajari cara menggunakan ad library Instagram. Sebelum mempraktekkannya secara langsung, Bizzie harus memastikan untuk memperhatikan beberapa langkah dengan seksama. Sebagai berikut langkah-langkahnya :

1. Kunjungi Instagram Ad Library  

Pertama, Bizzie perlu mengunjungi situs Instagram ad library. Buka web browser di perangkat Bizzie dan masuk kesini untuk mengunjungi halaman Instagram ads library.Tunggu sampai dengan tampilan membuat berbeda ad library. Jika sudah, Bizzie bisa mengeksplorenya langsung.

2. Menggunakan Kolom Pencarian

Setelah berhasil masuk, cara menggunakan ad library Instagram berikutnya adalah menemukan iklan kompetitor. Caranya dengan menggunakan fitur di kolom pencarian yang ada di halaman beranda ad library. Di kolom pencarian ini tersedia tiga pilihan, yaitu filter jenis iklan, filter negara dan kolom pencarian.

Bizzie juga bisa menggunakan filter negara untuk menemukan iklan dari negara tertentu. Sebagai contoh, Bizzie ingin menemukan iklan dari Negara Indonesia. Pilih opsi negara Indonesia di kolom filter negara. Kemudian, masukkan nama perusahaan maupun brand yang ingin dicari.

Begitu juga dengan penggunaan filter jenis iklan. Bizzie bisa mengisi opsi ini dengan cara memilih jenis iklan yang ingin dicari. Misalnya Bizzie ingin mencari iklan berbau politik, maka bisa langsung menggunakan filter issues, elections or politic. Apabila ingin melihat semua kategori iklan, Bizzie bisa langsung menerapkan all ad.

3. Menampilkan Hasil Pencarian

Terakhir, Bizzie akan ditampilkan hasil pencarian menurut filter dan kata kunci yang sudah dimasukkan pada kolom pencarian. Iklan yang ditampilkan akan dilengkapi dengan informasi detail mengenai nama perusahaan, status impression aktif, media yang digunakan dan lain-lain.

Nah, itulah dia penjelasan secara lengkap mengenai ad library Instagram. Semoga penjelasan diatas bisa membantu, ya!

Baca Juga