fbpx

Rekomendasi OS Server Terbaik Mulai Linux Hingga Windows

Untuk menjalankan server dengan optimal membutuhkan OS server terbaik. Namun memilih OS server tentu saja tidak seperti membeli gorengan di pasar. Jika Anda kesulitan mencari OS server yang baik, ini untuk Anda.

Apa itu OS Server?

OS Server Terbaik

Operating System ‘Sistem Operasi’ (OS) adalah sistem bagian pusat yang keberadaannya krusial. Fungsinya agar seluruh program yang ada pada suatu dapat dijalankan. Analogi dari OS itu seperti piring, di mana berbagai jenis makanan bisa berada dan ‘beroperasi’ di sana.

OS server adalah sistem operasi yang secara spesifik memiliki peran untuk menjalankan komputer server. Server tersebut terhubung dengan server atau client ‘klien’ lain. OS server berguna untuk menyajikan permintaan data atau informasi dari komputer klien dalam jaringan.

Rekomendasi OS Server Terbaik

os terbaik untuk server

Ada banyak pilihan OS server di luar sana, mulai dari yang berbasis Linux hingga windows. Berikut adalah OS server yang kami rekomendasikan.

1. Ubuntu Server

Pengembang dari Server adalah perusahaan bernama Canonical. OS server berbasis linux yang dirilis pada tahun 2004 ini menjadi OS server paling populer pada komputasi awan. Sebagai  OS open-source, Ubuntu Server dapat beroperasi di hampir semua hardware ‘perangkat keras’.

Sementara itu, fungsi OS tandingan Windows hingga CentOS ini memiliki fungsi beragam. Anda bisa menggunakan OS ubuntu untuk keperluan websites, FTP, email server, file dan server, pengembangan platform hingga server database.

2. Debian Server

Sama seperti Ubuntu, adalah OS server linux dan dikembangkan oleh komunitasnya. Karena selalu diperbarui dan environment-nya yang stabil, Debian menjadi sistem operasi desktop yang cocok untuk pemula.

Baca Juga :  post Menggunakan VPS (Virtual Private Server) Bagian 1

Selain itu, banyak jenis yang bisa diinstal, karena cocok untuk banyak hardware. Ada lebih dari 59 ribu paket gratis yang Anda bisa gunakan untuk keperluan editing dokumen, mengembangkan software, melakukan sistem administrasi, network, menggabungkan suara hingga memainkan game.

3. Fedora Server

adalah salah satu OS server open-source dengan basis linux lainnya yang bisa Anda gunakan. Fedora menggunakan desktop background GNONE dan user interface GNOME Shell sebagai default. GNOME cocok untuk Anda yang ingin melakukan aktivitas pada desktop tanpa menggunakan mouse.

Karena Fedora masih masuk dalam keluarga RedHat, OS server ini cocok untuk Anda yang beroperasi menggunakan sistem RedHat. Beberapa aplikasi populer yang bisa Anda gunakan di Fedora antara lain Mozilla Firefox, Rhythmbox, Evolution, LibreOffice, hingga Nautilus.

4. OpenSUSE Server

Masih dari OS berbasis linux, rekomendasi OS terbaik untuk server selanjutnya adalah OpenSUSE Server. Dari namanya Anda sudah bisa menebak bahwa OS ini open-source. Meski tidak sepopuler Ubuntu, namun OpenSUSE masih memiliki pasarnya sendiri.

Kelebihan yang dimiliki OpenSUSE adalah mudahnya dalam melakukan intall ‘pemasangan’. OpenSUSE juga memiliki fitur pusat kontrol bernama YaST. YaST bisa Anda gunakan untuk melakukan networking, update software, dan pengaturan dasar lainnya.

5. Microsoft Windows Server

Seperti nama produknya, Microsoft Windows Server adalah OS server bersutan Microsoft. Jika Anda ingin menggunakan OS ini, Anda perlu membayar. Karena tidak seperti OS server linux yang mayoritas dikembangkan oleh komunitas programmer, Microsoft Windows Server bukanlah open-source.

Meski tidak gratis, peminat OS server ini juga tidak kalah saing. Berdasarkan laporan Statista.com, pada tahun 2019, pengguna Windows mencapai 72.1% dari seluruh server di dunia. Mengapa demikian? Apa kelebihan dari windows?

Baca Juga :  5+ Cara Membuka Situs yang Diblokir di Laptop dan Smartphone

Windows sangat beginner-friendly ‘mudah untuk pemula’. Selain itu untuk meng-update sistemnya, Windows sangatlah demokratis, karena mudah dan bersifat optional; Anda bisa memilih untuk update atau tidak.

Memilih OS server terbaik memang tidak semudah membalikkan telapak tangan. Semua menyesuaikan kebutuhan masing-masing pengguna. Jika masih kesulitan menentukan OS server yang cocok, Anda bisa berkonsultasi dengan penyedia jasa virtual private server () berpengalaman seperti DewaBiz.