fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

General

Opsi dan Cara Cek Broken Link Pada Website dengan Mudah

Yodik Prastya

Cara cek broken link pada website bisa jadi hal yang wajib diketahui oleh para pengelola website jika ingin memastikan reputasi situsnya. Bagaimana tidak, link yang rusak bisa membuat pengunjung yang sudah berharap, menjadi kecewa karena tidak bisa mendapatkan apa yang mereka inginkan. Kalau sudah begini, ranking website di SERP pun jadi taruhannya.

Bagi sebagian praktisi, cara cek broken link pada website memang bukanlah kategori yang sulit dilakukan. Hanya saja, pekerjaan ini memerlukan konsistensi dari waktu ke waktu yang mungkin tak dimiliki oleh setiap orang. Jika Anda tak mempekerjakan karyawan IT khusus untuk menangani link rusak, Anda pun perlu mengerjakannya sendiri.

Nah, sebelum membahas cara untuk menangani broken link, jelas Anda harus mampu mengenali apa-apa saja yang menyebabkan masalah ini. Beberapa hal yang dapat memicu masalah link antara lain:  

  • Salah mengetik (typo) link
  • Adanya perubahan domain
  • Adanya perubahan pada direktori web
  • Cache yang menyimpan laman 404  
  • Adanya perubahan setting pada Domain Name Server (DNS).

Nah, apabila situs Anda masih terbilang kecil, maka menemukan link rusak mungkin tak terlalu jadi masalah. Namun jika situs sudah cukup berkembang, tentunya Anda tak bisa berharap pengunjung sudi melaporkan adanya link rusak. Karena besar kemungkinan, mereka lebih memilih situs sejenis dan kapok berurusan dengan website Anda.

Tenang, untuk memudahkan Anda dalam melakukan deteksi dan perbaikan link rusak, ada sejumlah tools yang bisa dipertimbangkan, berikut di antaranya:

Layanan website ini bisa jadi andalan Anda apabila situs yang dikerjakan masih belum begitu besar. Cara penggunaannya juga terbilang sederhana saja cukup dari browser. Menariknya lagi, tools online ini bisa Anda pergunakan secara gratis.   

  1. Dari browser, kunjungi situs BrokenLinkCheck.com
  2. Berikutnya, silakan masukkan URL website Anda di kotak yang tersedia
  3. Selanjutnya, klik Find broken links
  4. Selesaikan tantangan Captcha yang muncul untuk memverifikasi bahwa Anda bukan robot
  5. Setelah itu, sistem akan mulai memproses permintaan Anda.
  6. Tunggu hasilnya keluar
  7. Jika terdapat link yang rusak, Anda bisa segera melakukan perbaikan

Selain situs di atas, tentu saja Anda juga bisa menggunakan tools audit SEO online untuk website yang sudah besar. Ada pilihan tools terkemuka seperti Ahrefs ataupun SEMrush yang tak hanya dapat digunakan untuk optimasi situs tetapi juga menemukan link rusak.

Plugin juga bisa menjadi pilihan lain untuk mendeteksi link rusak, salah satu di antaranya adalah plugin Broken Link Checker. Tools yang juga terkenal mudah digunakan ini juga bisa Anda manfaatkan menangani link rusak secara gratis. Ia juga dibekali fitur berguna yang juga tak ada salahnya Anda cek.

Silakan mengunduh dan mengaktifkan plugin tersebut lalu gunakan fiturnya di bagian Settings lalu klik Link Checker. Silakan lakukan pengaturan untuk item berikut:

  • General untuk mengatur intensitas pemeriksaan broken link (default setiap 72 jam sekali), mengatur notifikasi dan sebagainya
  • Tab Look For Links In untuk memeriksa elemen tertentu (tab) pada website Anda (default pada komentar, laman dan pos) baik konten yang sudah published, scheduled, drafted, pending, private bahkan spam
  • Which Links To Check untuk memeriksa tautan spesifik yang perlu diperiksa
  • Advanced untuk menentukan pemeriksaan broken link secara lebih lanjut 

Google Search Console dengan fitur Crawl Errors yang disediakannya juga bisa menjadi alat untuk mencari link rusak di situs Anda. Dan untuk bisa menggunakannya, jelas Anda harus menambahkan situs Anda ke Google Search Console dulu. Langkah berikutnya: 

  1. Klik Settings lalu buka menu Crawling
  2. Pilih OPEN REPORT lalu lihat By response
  3. klik Not Found (404) untuk mendeteksi link rusak

Kesimpulan

Demikianlah opsi dan cara cek broken link pada website yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan. Selain itu, dengan mengetahui apa saja penyebab umum dari link rusak, Anda pun bisa melakukan perbaikan dengan tepat. 

Baca Juga