fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Panduan

NVIDIA Control Panel Hilang ? Tenang, Inilah 3 Solusi Terbaiknya

Wiliam

Bizzie pasti tahu dong, NVIDIA Control Panel sudah menjadi kunci utama dalam mengelola properties graphics card. Untuk itu, jika keadaan membuatnya hilang maka bisa menjadi masalah besar bagi perangkat yang bizzie miliki. Selain itu, nama dari graphic card NVIDIA juga sudah begitu populer di kalangan pengguna PC. Lantaran amat kuat, terjangkau, hingga memungkinkan bagi bizzie di dalam menyesuaikan banyak pilihan dalam menciptakan pengalaman yang sudah dioptimalkan. 

Walau begitu, sebagian pengguna ada yang melapor bahwa mereka tidak dapat mengakses pengaturannya akibat NVIDIA Control Panel hilang. Bukan tanpa sebab, melainkan ada beberapa alasan yang mendukung hal tersebut dapat terjadi pada perangkat komputer. Salah satu alasannya adalah driver graphics cards yang ada di dalamnya sedang mendapatkan pembaruan.

Apa yang Menyebabkan NVIDIA Control Panel Hilang ?

Penyebab pasti atas hilangnya NVIDIA Control Panel tidak dapat diketahui dengan jelas. Akan tetapi, error pada sistem dan juga aplikasi lainnya bisa masuk dalam salah satu penyebab utamanya. Adapun beberapa kemungkinan lain sebagai penyebab NVIDIA Control Panel hilang yang bisa bizzie ketahui nantinya. 

Misalnya dikarenakan oleh : 

  1. Driver yang bermasalah — Mungkin saja faktor yang mendasari karena driver pada perangkat telah kadaluarsa, rusak, atau bahkan tidak kompatibel. Jika benar, maka cara mengatasinya adalah langsung memperbaharui atau bahkan menginstal ulang driver utamanya.
  2. `Windows rupanya tengah update — Apabila bizzie baru saja melakukan update terhadap sistem dengan versi baru. Maka kemungkinan besar, driver graphics card pada perangkat menjadi tidak kompatibel terhadap sistemnya. Adapun cara mengatasinya yakni dengan mengembalikan pembaruannya. Cara tersebut dinilai efektif dalam membantu memperbaikinya.
  3. Salah atau tidak adanya Windows Registry Entries — Kehadirannya tentu saja berguna dalam mengontrol banyaknya pengaturan pada komputer. Jika nantinya Windows Registry Entries tidak ada, maka NVIDIA Control Panel otomatis akan hilang. Cara satu-satunya untuk mengatasi masalah tersebut adalah harus menggunakan adanya Registry Editor.
  4. Rusak — Jika rusak memang menjadi alasannya, otomatis yang dapat bizzie lakukan adalah menginstal ulang aplikasi dari NVIDIA Control Panelnya.
  5. Mengalami masalah bug — Untuk hal yang satu ini memang telah menjadi masalah umum. Dimana terdapat beberapa bug pada Windows 10, yang memang bisa membuat NVIDIA Control Panel hilang.

3+ Cara Atasi Masalah NVIDIA Control Panel Hilang

Ada 6 cara yang mampu mengatasi masalah hilangnya NVIDIA Control Panel. Dari keseluruhan caranya, bizzie bisa mencoba salah satu diantaranya. Asalkan sesuai dengan langkah-langkah yang ada, pastinya masalah tersebut dapat teratasi.

1. NVIDIA Control Panel Hilang Atasi dengan Unhide

Terdapat kemungkinan bahwa NVIDIA Control Panel telah disembunyikan oleh Windows selama masa upgrade. Atau bisa juga dikarenakan, aplikasinya tidak sengaja bisa mengubah peraturan pada graphics card. Untuk dapat mengatasinya, maka bisa membuka NVIDIA Control Panel yang berada pada Windows Control Panel. Jika sudah, nantinya akan muncul context pada menu desktop.

Tahapan yang dilakukan mulai dari : 

  • Pertama pencet tombol Windows + R. Hal tersebut harus dilakukan secara bersamaan, agar Run Dialog Box bisa berjalan dengan semestinya.
  • Selanjutnya, tulus control dan enter. Nantinya bizzie akan langsung dibawa menuju Control PAnel.
  • Ketika sudah ada di Control Panel, maka langsung saja lihat View by dan klik Large Icons.
  • Choose NVIDIA Control Panel.
  • NVIDIA Control Panel, tekan View / Desktop. Kemudian langsung di centang bagian Add Desktop Context Menu.
  • Terakhir, klik kanan pada bagian desktop dan nantinya akan terlihat. Apakah NVIDIA Control Panel telah kembali ada pada context tersebut.

2. Melakukan Restart pada NVIDIA Service

Kadang kala bizzie memang harus melakukan restart terhadap NVIDIA Control Panel. Alasan singkatnya adalah agar CP ini dapat muncul kembali. Untuk dapat melakukannya, berikut adalah tahapannya : 

  • Lakukan hal seperti pada poin pertama, yakni ( Windows + R ).
  • Jika sudah, maka langsung ketik saja service.msc dan enter.
  • Kemudian, cari service yang bertuliskan NVIDIA Display Container LS dari daftar. Sudah ada ? maka langsung klik kanan dan restart.
  • Setelahnya, ulangi kembali langkah tersebut untuk masalah service ( NVIDIA LocalSystem Container > NVIDIA NetworkService Container > NVIDIA Telemetry Container.
  • Ketika semua langkah telah diikuti dengan baik dan benar, maka periksalah hasil restartnya. Apakah CP sudah muncul lagi pada system tray atau belum.

3. NVIDIA Control Panel Hilang Atasi dengan Cara Manual

Mungkin cara yang satu ini adalah pilihan terbaik bagi bizzie. Cara manual masih dinilai worth it, jika dilakukannya menggunakan cara berikut : 

  • Pada ruang kosong Taskbar, bizzie bisa klik kanan dan langsung choose Task Manager.
  • Apabila nantinya Task Manager sudah diluncurkan menggunakan mode compact. Maka bizzie harus pastikan bisa memperluas detail tersebut dengan cara klik Mode Details.
  • Nantinya, bizzie wajib berada pada tab Processes Default. Jatuhkan saja ke bawah sampai terlihat proses ( NVIDIA Container ).
  • Kemudian, klik kanan di salah satu proses NVIDIA Container dan choose Open File Location.
  • Lalu, pilih panah yang berada di atas sebelah address bar pada File Explorer. Atau navigasikan saja secara manual pada folder seperti C:\Program Files \NVIDIA Corporation.
  • Setelahnya, buka saja bagian folder Control Panel Client dan klik kanan di bagian nvcplui.exe. 
  • Klik Run as Administrator. Ini adalah tahapan terakhir yang menentukan, apakah NVIDIA Control Panel sudah muncul atau belum.

Selain ketiga cara diatas, bizzie juga bisa memunculkan NVIDIA Control Panel yang hilang dengan cara lainnya. Seperti : menggunakan solusi secara resmi dari pihak NVIDIA, melakukan instalasi ulang driver, hingga GPU jangan dibiarkan overclock.

Kurang lebih itulah penyebab dan cara mengatasi NVIDIA Control Panel hilang pada komputer. Semoga salah satu caranya dapat membantu bizzie dalam menangani masalah tersebut. 

Baca Juga