fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

General

Mudah Saja, Begini Cara Instal Rankmath dan Konfigurasi Singkatnya

Yodik Prastya

Bingung ingin meningkatkan performa situs tapi terkendala dengan keterbatasan pengetahuan teknis? Tenang, masih ada plugin-plugin ramah pemula bagi Anda pengguna WordPress. Anda bisa menyimak langkah cara instal Rankmath berikut ini untuk mendapatkan gambaran tentang salah satu dari plugin tersebut.

Bagaimana Cara Instal Rankmath di Situs WordPress?

Dengan mengetahui cara instal Rankmath, Anda bisa memiliki gambaran bahwa tidak selalu proses optimasi itu adalah hal yang rumit.

Rankmath adalah plugin WordPress yang memungkinkan penggunanya untuk mengoptimalkan konten yang ada di website. Plugin yang satu ini terkenal dengan penggunaannya yang begitu mudah, bahkan Anda yang masih pemula sekalipun tak akan butuh waktu lama untuk menguasainya.  

Meskipun dikenal sebagai plugin yang sederhana, nyatanya Rankmath tetap mampu menjanjikan optimasi yang efektif. Cukup dengan 1 plugin ini, Anda sudah bisa menerapkan optimasi terhadap berbagai jenis konten yang ada di website berbasis WordPress. Artinya, pekerjaan SEO untuk website pun jadi lebih praktis, tanpa kompromi soal efektifitasnya.

Selain itu, jika Anda menerapkan plugin sesedikit mungkin, maka tidak akan menambah beban terhadap bandwith untuk website Anda. Artinya, dari plugin sederhana ini, Anda bisa memiliki konten yang teroptimasi sekaligus situs yang tetap responsif karena tak ada plugin berlebih. Tentunya, hasil semacam ini jadi keinginan setiap pemilik website bukan?   

Cara untuk menambahkan plugin ini ke website WordPress Anda juga tidak terlalu rumit, bahkan tak jauh berbeda dari plugin lain pada umumnya. Berikut ini langkah yang perlu Anda lakukan:  

  1. Buka dashboard WordPress lalu klik menu Plugins
  2. Pada menu tersebut, silakan klik Add New untuk mulai menambahkan plugin  
  3. Berikutnya, silakan Anda lakukan pencarian plugin dengan mengetik kata kunci Rank Math pada kolom yang tersedia. Pastikan Anda memilih plugin yang tepat, dengan logo dan background warna ungu
  4. Setelah Anda menemukan plugin tersebut, klik Install Now untuk melanjutkan ke proses pemasangan
  5. Tunggu beberapa saat sampai proses instalasi selesai
  6. Setelah pemasangan berhasil, klik Activate  untuk mulai menggunakan plugin Rank Math  

Setelah selesai pemasangan, Anda mungkin juga tertarik untuk mengetahui lebih lanjut terkait apa-apa saja yang perlu diatur pada plugin ini. Berikut ini penjelasan singkat tentang opsi yang perlu Anda atur:

Setup Wizard

Tampilan pengaturan awal ini ditujukan untuk memudahkan Anda mengatur plugin sesuai dengan website WordPress. Pada tampilan ini, Anda hanya perlu memeriksa kompatibilitas website dengan Rankmath. Caranya, cukup perhatikan tanda centang di bagian kiri yang akan berwarna kuning apabila ada bagian yang belum sesuai atau hijau jika situs Anda sudah kompatibel dengan plugin.  

Your Site

Bagian ini akan memandu Anda untuk menyesuaikan situs, diantaranya dengan memilih kategori situs dan hal-hal lain yang berkaitan dengan website Anda.

Beberapa hal yang perlu Anda atur diantaranya adalah nama toko (jika digunakan untuk toko online) hingga logo sesuai dengan panduan yang ditampilkan Rankmath. Pada dasarnya, hal-hal yang Anda atur di bagian ini akan ditampilkan di pencarian Google, jadi sebaiknya kerjakan dengan serius.

Search Console

Bagian ini memungkinkan Anda untuk menggunakan fitur konsol pencarian milik Google. Yang perlu Anda lakukan hanyalah klik tombol Get Authorization Code untuk menghubungkan ke akun Google milik Anda. Masukkan kode otorisasi yang dikirimkan ke kolom Search Console lalu klik Authorize untuk memberikan izin dan jangan lupa untuk klik Save and Continue.

Sitemap

Di bagian ini Anda bisa mengatur konfigurasi site map dari website WordPress Anda. Silakan lakukan pengaturan sesuai kebutuhan Anda, aktifkan (On) pada opsi Sitemaps dan Include Images. Aktifkan pula pada kolom Posts, Products, Pages dan Categories dengan memberikan tanda centang lalu klik Save and Continue.

SEO Tweaks

Sampai di bagian inti, Anda bisa menerapkan optimasi dengan mengaktifkan (On) pada opsi Noindex Empty Category and Tag Archives serta Open External Links in New Tab/ Window. Sementara opsi Nofollow External Links atur ke posisi nonaktif (Off). Terakhir, klik Save and Continue.

Kesimpulan

Bagaimana, cukup mudah bukan cara instal Rankmath hingga konfigurasi singkat yang perlul Anda lakukan di atas? Kini Anda sudah lebih siap untuk bersaing bersama website-website lain di halaman hasil penelusuran. Semoga berhasil.

Baca Juga