fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Panduan

Minimalisir Kecurangan Menggunakan Aplikasi Absensi Karyawan

Wiliam

Banyak perusahaan yang kini sedang gencar memanfaatkan teknologi salah satunya penggunaan aplikasi. Hal ini tak lain untuk mendukung keefektifitan serta kinerja para karyawan yang terlibat. Salah satu aplikasi online yang saat ini digunakan  adalah aplikasi absensi.

Sebagai salah satu urusan personalia, absensi online tentu berdampak positif pada kelancaran absen. Ada banyak sekali fitur yang ditawarkan aplikasi absensi yang memudahkan pekerjaan divisi personalia. Selain menyederhanakan proses input kehadiran manual, aplikasi absensi satu ini juga lebih mudah dioperasikan.

Jika dibandingkan dengan cara manual, tentu aplikasi absensi memiliki sejumlah manfaat dan keunggulan tersendiri. Selain karena sudah terintegrasi dengan sistem lain seperti data karyawan beberapa manfaatnya akan dibahas sebagai berikut:

1. Memudahkan Analisis Data Kehadiran Karyawan Perusahaan

Manfaat aplikasi absensi  pertama adalah mampu mempermudah analisis data kehadiran karyawan. Penyajian data melalui aplikasi ini dinilai lebih real time dan akurat. Pendataan kehadiran bisa dilakukan secara online sehingga menyederhanakan rekapitulasi absensi periodik.

Informasi yang lebih akurat ini akan memudahkan divisi dalam menganalisa absensi karyawan saat akan mengambil keputusan.

2. Mengefisiensikan Budget yang Dikeluarkan

Keunggulan lain menggunakan aplikasi absensi lebih hemat budget karena tidak membutuhkan perangkat fisik lain. Apabila menggunakan komponen lain tentu akan membutuhkan budget tambahan. Sedangkan saat menggunakan aplikasi yang didalamnya sudah terdapat fitur absensi online, budgeting perusahaan akan lebih hemat.

Tips Memilih Aplikasi Absensi

Setelah mengetahui beberapa keunggulan menggunakan aplikasi absensi online, tentu Anda membutuhkan beberapa pertimbangan  saat akan memilih platform yang sesuai. Mengingat ada banyak sekali aplikasi yang beredar saat ini, berikut ini tips yang bisa anda terapkan saat memilih aplikasi absensi yang sesuai:

1. Pilih Aplikasi Dengan Biaya Terjangkau

Tips pertama tentunya pilih aplikasi dengan biaya terjangkau. Caranya dengan membandingkan biaya dengan fitur yang anda dapatkan pada beberapa aplikasi serupa. Meskipun pada saat penggunaan nya aplikasi ini tidak lagi membutuhkan budget, tetapi saat akan memilih pertimbangan biaya harus jadi fokus utama.

2. Pilih Fitur Aplikasi yang Mendukung

Selanjutnya pilihlah aplikasi dengan fitur yang mendukung seluruh kinerja perusahaan. Dikarenakan aplikasi absensi online merupakan alat mendeteksi kecurangan dan manipulasi karyawan, pentingnya memilih aplikasi dengan fitur yang sesuai harus diperhatikan. Pastikan aplikasi yang anda pilih memiliki fitur live trekking, fave scanner, dan beberapa fitur penting lainnya.

3. Kemudahan Penggunaan

Tips memilih aplikasi absensi online berikutnya adalah melihat kemudahan penggunaan nya. Perlu anda catat, bahwa tidak semua karyawan update dengan teknologi, sehingga kemudahan aplikasi menjadi salah satu poin penting yang harus diperhatikan. Pastikan platform yang anda pilih mudah digunakan dan menunya tidak begitu kompleks.

Manfaat Menggunakan Absensi Online

Beberapa perusahaan mungkin menerapkan perangkat sidik jari di pintu bagaimana solusinya mengabsen karyawan yang bekerja Di lapangan atau luar kantor? Nah, solusinya menggunakan aplikasi absensi online.

Karyawan yang bekerja di kantor maupun di lapangan akan lebih mudah dipantau secara online. Tentu ini sangat menguntungkan perusahaan. Lalu apa saja keunggulan menggunakan aplikasi absensi online dibandingkan cek kehadiran manual? Berikut ini informasinya:

1. Meminimalisir Terjadinya Lupa Absen

Mengabsen secara manual seperti contohnya Sidik jari memungkinkan beberapa karyawan lupa melakukan registrasi saat sedang ada halangan. Akibatnya, bolos kerja mereka tidak tercatat di sistem. Jika sudah seperti itu, karyawan bermasalah tersebut bisa mengambil cuti pada waktu yang salah.

Berbeda dengan absensi online yang mana karyawan bisa hadir pada jam kerja dan lebih mudah hanya dengan menggunakan satu aplikasi. 

2. Aplikasi Terintegrasi dengan Sistem Penggajian

Keunggulan kedua menggunakan absensi online karena sudah terintegrasi dengan sistem penggajian. Perusahaan akan lebih mudah melakukan pembayaran gaji, uang lembur, BPJS, dan administrasi lain yang terkait dengan sdm dan persoalan keuangan secara lebih efektif.

Aplikasi ini juga memudahkan karyawan yang ingin melakukan pengembalian uang dengan nominal tertentu. Proses terjadi lebih cepat dan efisien tanpa harus bolak balik ke ruangan staf bersangkutan yang menangani administrasi ini.

3. Penggunaan Sangat Mudah

Manfaat selanjutnya yakni muda saat digunakan. Sejak lain laporan data lebih real-time, pengecekan data terbaru bisa dilakukan kapan saja dan di mana pun. Bahkan untuk perusahaan yang memiliki cabang, aplikasi ini mampu melacak karyawan yang tidak muncul atau absen. Di sini perusahaan bisa mengambil keputusan lebih cepat kepada karyawan yang terkena dampaknya.

4. Kemudahan HRD Mengelola Absensi

Keunggulan berikutnya adalah pihak HRD lebih mudah mengelola absensi para karyawan perusahaan nya. Misalnya saja, Anda seorang HRD yang ingin mengecek kedisiplinan karyawan. Melalui aplikasi, pengecekan karyawan terlambat atau tidak hadir bisa dilakukan secara real-time dan cepat.

Perusahaan pun tidak perlu repot membuat laporan secara manual karena pengelolaan lebih mudah dilakukan dan data lebih akurat. Apabila ingin mengambil keputusan mendesak, Anda bisa mengambil informasi melalui aplikasi absensi online ini.

5. Melatih Kejujuran dan Rasa Tanggung Jawab Karyawan

Manfaat absensi online yang terakhir adalah melati rasa tanggung jawab dan nilai kejujuran dari karyawan. Selain menyederhanakan proses absensi, karyawan juga diajarkan tentang integritas menggunakan aplikasi dalam Kesehariannya di kantor.

Banyak aplikasi yang ada dilengkapi dengan fitur teknologi GPS Biometrik sehingga memudahkan untuk mengecek keberadaan karyawan secara real-time. Selain itu, data yang ditampilkan pun akan lebih akurat  Dan Tersimpan di server secara aman. Tidak akan ada pihak lain yang bisa mengutak-atik kehadiran selain orang yang bertanggung jawab dan mengetahui kata sandi aplikasi tersebut.

Baca Juga