fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

General

Menjaga Keamanan Server Website Anda Dari Ancaman Siber

Yodik Prastya

Keamanan website merupakan salah satu upaya yang perlu dilakukan supaya mampu berikan perlindungan website dari beragam ancaman. Tidak bisa dipungkiri lagi perkembangan dunia teknologi yang begitu pesat sudah berbanding lurus pada semakin maraknya ancaman siber.

Hampir dari seluruh platform bisa disusupi peretas, termasuk dengan website. Apalagi website menjadi platform yang terbilang penting sekali baik untuk bisnis, individu, perusahaan, komunitas bahkan lainnya. Jadi tidak mengherankan lagi jika kebutuhan website terus mengalami peningkatan.

Tips Menjaga Keamanan Website Dari Ancaman Siber

Server memiliki peranan yanng begitu penting sekali dalam proses pemrosesan dan penyimpanan data sensitif dari suatu bisnis. Inilah mengapa melindungi server dari serangan eksternal penting sekali untuk dilakukan. Lantas hal apa sajakah yang perlu dilakukan supaya keamanan data tetap terjaga sekaligus terhindarkan dari ancaman siber. Jangan merasa khawatir karena kini sudah tersedia penjelasan berikut ini:

Memilih sistem operasi teraman dan sering up to date

Pemilihan sistem operasi yang terbilang aman menjadi langkah paling utama agar mampu perkuat keamanan servernya. Sistem operasi aman yang kini populer tentu saja Ubuntu, Linux, Windows server dan lainnya. Sistem operasi tersebut seringkali melakukan rilis update dengan tambalan keamanan, perbaikan bug maupun lainnya.

Path maupun pembaruan keamanan terbaru tentu saja perlu segera diinstall supaya mampu perbaiki kerentanan dalam sistem operasi versi yang lama. Selain itu nantinya juga mampu berikan perlindungan servernya dari ancaman siber.

Terapkan kontrol akses paling kuat

Penerapan kontrol akses yang terbilang kuat memang penting untuk diperhatikan. Hal tersebut dilakukan supaya mampu berikan perlindungan pada server. Sudah seharusnya akses server perlu dibatasi hanya untuk personil berwenang sekaligus mempunyai izin.

Lakukan edukasi pada karyawan mengenai keamanan server

Memberikan sebuah edukasi pada karyawan sangat penting dilakukan supaya setiap orang yang ada dalam sebuah organisasi bisa mengerti cara menghindarkan diri dari ancaman siber. Karyawan perlu diedukasi terkait manajamen password, pencegahan fishing maupun keamanan email.

Pergunakan firewall maupun network segmentation

Firewall maupun network segmentation begitu penting diperhatikan agar mampu berikan perlindungan pada server anda dari beragam serangan berbasis jaringan. Firewall bisa dipergunakan saat memblokir akses tidak sah ke server sekaligus melakukan pembatasan jumlah port terbuka pada internet. Network segmentation mampu mengisolasi server dari jaringan lainnya.

Pergunakan software antivirus maupun anti malware

Software antivirus maupun anti malware mampu berikan perlindungan server dari software yang terkesan berbahaya. Jangan sampai lupa juga anda lakukan penginstallan sekaligus perbarui software secara teratur agar mampu deteksi sekaligus menghapus potensi ancaman dari siber.

Lakukan pemantauan aktivitas server

Melakukan pemantauan terhadap aktivitas server terbilang penting dilakukan. Hal ini berguna untuk mendeteksi adanya potensi pelanggaran keamanan yang mungkin terjadi. Log server pun harus selalu kita pantau supaya aktivitas mencurigakan bisa terdeteksi. Biasanya sistem deteksi maupun pencegahan penyusupan mampu diimplementasikan dalam memberikan sebuah peringatan secara real time.

Pergunakan password paling kuat

Penggunaan kata sandi yang terbilang kuat menjadi hal paling penting yang perlu diperhatikan saat menjaga keamanan suatu website. Caranya begitu mudah dilakukan yakni hanya perlu kombinasikan antara angka, karakter, huruf kecil bahkan huruf kapital. Namun perlu anda ingat, usahakan anda mengingat tentang passwordnya.

Itulah tadi sedikit ulasan mengenai tips menjaga keamanan server website supaya mampu terhindarkan dari ancaman siber. Dengan menerapkan beragam tips di atas maka website yang sudah anda miliki bisa aman dari serangan siber. Karena bagaimana pun juga siber memang mempunyai banyak trik untuk mengelabuhi korbannya. Inilah mengapa keamanan server website harus selalu dijaga.

Baca Juga