fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Panduan

Menjadi Ghostwriter: Tetap Cuan Meski Menulis untuk Orang Lain

Wiliam

Di Era digital seperti sekarang, mencari penghasilan tambahan secara remote bukan lagi hal yang susah. Ada banyak sekali peluang yang bisa Anda manfaatkan terlebih bagi yang memiliki skill menulis. Salah satunya yang belakangan ini tengah naik daun yakni profesi ghostwriter.

Beberapa orang mungkin masih asing dengan pekerjaan satu ini, namun dalam dunia kepenulisan istilah ghost writer atau penulis hantu menjadi ladang Cuan yang cukup menjanjikan lho. Meski menulis untuk orang lain, Anda tetap bisa mendapatkan berbagai macam keuntungan.

Profesi ini tidak hanya bisa dijalankan secara independen, namun terdapat juga kemitraan di mana Anda harus berkolaborasi  dengan pihak lain yang berperan sebagai ghost writer dan membuat  konten tulisan bagi pihak yang membutuhkan.

Penasaran dengan pekerjaan satu ini? Simak informasi selanjutnya dan dapatkan pengetahuan lebih lanjut.

Sekilas tentang Profesi Ghost Writer 

Ghost writer apabila diartikan dalam bahasa Indonesia bermakna penulis hantu atau siluman. Terdengar mistis memang, namun profesi ini tidaklah semenyeramkan dengan penampakan hantu pada umumnya.

 Profesi ghost writer sendiri mengacu pada seseorang yang mengerjakan konten tulisan tertentu untuk pihak lain serta tidak mengambil hak cipta atas tulisan yang ia buat. Banyak tulisan terkenal seperti salah satunya memoir para tokoh terkenal Yang menggunakan jasa ghost writer.

Sebut saja yang paling terkenal dengan royalti terbesar adalah memoir Donald Trump dengan judul Trump: The Art of The Deal. Usut punya usut, memoir ini mencapai penjualan lebih dari 1 juta eksemplar dalam waktu 13 minggu.

Tony Schwartz, yang diduga sebagai ghost writer memoir Donald Trump mendapatkan banyak sekali pundi-pundi bayaran bahkan hampir setengah dari royalti penjualan. Dari sini, kita bisa melihat bahwa profesi ghost writer  tidak bisa dianggap remeh. Bahkan jika Anda menjalankan secara sungguh sungguh, bukan tidak mungkin bidang pekerjaan satu ini jadi ladang penghasilan yang sangat menjanjikan.

Tulisan Apa Saja yang Dibuat Oleh Ghost Writer?

Meski tidak memiliki hak cipta untuk karya yang dibuatnya, profesi ini memiliki sejumlah peranan yang sangat penting dalam pembuatan konten tulisan bagi pihak yang membutuhkan. Cakupan penulisan ghost writer pun sangat luas, mulai dari artikel majalah, otobiografi, pidato, lirik lagu, postingan blog, novel, dan banyak lagi jenis tulisan lainnya.

Peranan seorang ghost writer masih amat dibutuhkan Di Era digital seperti sekarang. Banyak peluang yang bisa Anda manfaatkan apabila memiliki skill menulis. Terdapat berbagai faktor mengapa banyak perusahaan atau pihak tertentu yang mempekerjakan ghost writer.

Pertama, beberapa perusahaan atau pihak masih dalam tahap perkembangan sehingga belum memiliki waktu untuk menulis materi sendiri. Selain itu, mungkin beberapa orang memiliki banyak sekali ide konten tapi tidak begitu mahir menuangkannya dalam bentuk tulisan.

untuk menawarkan jasa anda jika merasa memiliki kemampuan menulis dan mengembangkan ide sendiri.

Tidak ada salahnya untuk menawarkan jasa anda jika merasa memiliki kemampuan menulis dan mengembangkan ide sendiri.

Apa Saja Kemampuan yang Harus Dimiliki Ghost Writer?

Karena profesi satu ini menjanjikan peluang yang begitu besar, ada beberapa informasi mengenai kemampuan yang harus dikembangkan jika Anda tertarik dengan pekerjaan satu ini. Namun, perlu dicatat lagi bahwa kemampuan dasar yang harus dimiliki adalah skill menulis dengan baik.

Selain skill dasar menulis yang baik, ada beberapa kemampuan lain yang harus anda kuasai sebelum akhirnya membuka jasa menulis konten untuk pihak lain. Diantaranya sebagai berikut:

1. Kemampuan riset secara mendalam

Menjadi seorang ghost writer itu berarti Anda harus bisa melakukan berbagai riset mendalam terkait topik sebelum akhirnya mengeksekusi tulisan menjadi konten tertentu. Perlu diingat, bahwa sebuah konten tulisan yang berkualitas itu berasal dari riset yang dilakukan secara tepat dan hasilnya bisa dipertanggungjawabkan. Ada banyak sekali metode riset yang bisa Anda gunakan. Ini bisa disesuaikan kembali dengan gaya menulis anda nantinya.

2. Mampu beradaptasi dengan baik

Tumpuan selanjutnya yang sebaiknya dikuasai yakni mampu beradaptasi dengan segala kefleksibilitasan. Ke tanggapan, kecepatan penulisan, bisa menunjang kemampuan menulis anda agar menghasilkan tulisan yang menarik. 

Tidak hanya itu saja, kemampuan beradaptasi dengan dunia atau lingkungan kerja baru serta berinteraksi dengan banyak orang memudahkan Anda menjadi seorang penulis bayangan.

Kenapa kemampuan beradaptasi ini amat dibutuhkan? Karena dalam penulisan ini Anda akan berkolaborasi dengan berbagai klien. Tentunya setiap pelanggan memiliki karakteristik dan sifat yang berbeda, untuk itu anda diperlukan kemampuan beradaptasi agar bisa memahami brief dengan baik.

3. Harus kreatif

Menjadi seorang penulis menuntut seseorang untuk selalu kreatif dalam kondisi apapun. Sebab tulisan membutuhkan kekreatifan penulisnya agar hasil konten yang dihasilkan juga menarik. Dalam hal ini, pemilihan diksi, sudut pandang, alur cerita, dan banyak komponen lainnya memerlukan pemikiran yang baik dan bisa menarik perhatian pembaca.

Bagaimana cara memulai menjadi seorang ghost writer? Hal pertama tentunya niat yang kuat, serta kemauan untuk terus belajar. Niat dan kemauan ini harus dibarengi dengan usaha dan mengasah terus kemampuan menulis. Kembangkan lagi portofolio anda dan mulai tawarkan jasa di berbagai perusahaan maupun individu yang membutuhkan.

Jangan takut untuk memperluas circle pertemanan Anda, karena relasi yang luas membantu untuk mendapatkan klien lebih cepat. Manfaat dan juga berbagai platform freelance yang ada sekarang.

Nah itulah beberapa informasi terkait menjadi ghost writer, yang tetap cuan meski tulisan yang dibuat bukan untuk diri sendiri. Keuntungan nya bisa mengalir terus apalagi anda mengerjakan nya secara bersungguh-sungguh.

Baca Juga