fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

General

Meningkatkan Interaksi dan Layanan Pelanggan dengan Website Bisnis

Yodik Prastya

Apabila Anda ingin membangun customer engagement dan loyalitas, maka hal yang wajib untuk Anda perhatikan adalah meningkatkan interaksi dan layanan pelanggan. Hal ini juga berlaku pada website bisnis yang menjadi identitas digital dari bisnis Anda. Hubungan yang baik dengan pelanggan, membuat mereka tak akan ragu untuk membeli atau berlangganan ke bisnis Anda melalui website. 

Apa Saja Sarana Interaksi dengan Pelanggan yang Bisa Anda Tambahkan?

Website tentunya menjadi sarana yang baik untuk memperkenalkan bisnis Anda kepada pelanggan. Tak sekedar dengan menampilkan berbagai informasi relevan dan bermanfaat, tentunya Anda juga perlu menyediakan berbagai saluran komunikasi untuk audiens. Nah, berikut berbagai macam sarana interaksi populer yang bisa Anda sediakan di website bisnis:  

Live Chat

Obrolan langsung bisa jadi pilihan utama para audiens yang ingin mengobrol langsung dengan perwakilan bisnis Anda. Fitur live chat sangat berpotensi meningkatkan kepuasan pelanggan, konversi, serta loyalitas pelanggan. Ini karena calon pelanggan bisa mendapatkan jawaban atas pertanyaan atau bantuan yang mereka perlukan secara langsung.

Media Sosial

Platform online untuk berbagi konten, melakukan interaksi dan membuat jaringan ini juga menjadi salah satu sarana komunikasi pilihan. Akun resmi di media sosial akan meningkatkan visibilitas, reputasi dan kredibilitas bisnis. Pastikan saja Anda menampilkan produk atau layanan dengan baik, mendapatkan ulasan dan testimoni serta menjalin hubungan positif dengan jaringan audiens Anda.

Formulir Kontak

Audiens dapat memanfaatkan fitur ini untuk menyampaikan keluhan, permintaan atau tanggapan lain atas produk dan layanan bisnis Anda. Pengunjung bisa mengisi formulir berupa halaman web dengan isian berupa data diri dan pertanyaan maupun saran. Sarana komunikasi ini dapat Anda manfaatkan untuk membangun basis data pelanggan guna meningkatkan produk dan layanan.

Email Marketing

Strategi pemasaran yang memanfaatkan email untuk membagikan bermacam informasi kepada pelanggan dan calon pelanggan ini juga dapat Anda manfaatkan sebagai sarana komunikasi. Meskipun cenderung bersifat searah, email dapat mengundang pengunjung ke website untuk mencari tahu lebih jauh. Hal ini dapat berdampak pada meningkatnya brand awareness, traffic ke website hingga potensi konversi dengan audiens tertarget, relevan dan loyal.

Selain keempat sarana di atas, Anda mungkin memiliki pilihan cara lain yang tentunya sesuai dengan preferensi audiens. Tujuan dari pemilihan media komunikasi di atas adalah untuk menjalin relasi dan mempertahankannya tetap baik di masa mendatang. Dengan menggunakan sarana yang tepat, maka bisnis Anda akan lebih mudah terhubung dengan pelanggan.

Tips Optimalkan Interaksi dan Layanan Pelanggan

Nah, apabila Anda sudah menentukan mana saja sarana komunikasi dan interaksi yang bisa Anda tambahkan, berikutnya silakan simak beberapa tips untuk mengoptimalkannya:

Perhatikan Layanan Pelanggan Anda

Sebagai sarana pamungkas, sudah seharusnya Anda memperhatikan kualitas dan profesionalisme petugas atau tim layanan pelanggan Anda. Dalam hal ini, Anda perlu memberikan pelatihan keterampilan dan pengetahuan produk kepada petugas customer service. Tak hanya menjawab di website, mereka juga mungkin akan bertugas menjawab melalui akun official bisnis Anda di media sosial.

Optimalkan Media Sosial

Selain calon pelanggan yang langsung chat di website bisnis, besar pula kemungkinan mereka bertanya atau berbagi tanggapan melalui media sosial. Tak hanya itu, berikan sinyal profesionalisme bisnis Anda dengan berbagi konten berkualitas yang relevan dan bermanfaat secara konsisten. Maka dari itu, ada baiknya pula apabila bisnis Anda juga memperhatikan akun resmi media sosialnya.

Tingkatkan Keterlibatan Pelanggan

Anda juga bisa merangsang interaksi pelanggan dengan meningkatkan keterlibatan mereka, salah satunya melalui forum komunitas. Ciptakan forum yang memungkinkan para pelanggan untuk saling berdiskusi, bertukar informasi dan berbagi saran tentang produk dan layanan bisnis Anda. Dari sini, Anda bisa lebih mengenali apa saja yang pelanggan butuhkan atau inginkan dari produk dan layanan Anda.

Value Added Service

Di tengah sengitnya persaingan saat ini, sudah sewajarnya bisnis Anda mampu menawarkan nilai lebih. Ya, Anda tentu bisa menawarkan sesuatu yang mungkin tak bisa pelanggan dapatkan dari kompetitor bisnis Anda. Misalnya, Anda yang sudah mengumpulkan insight dari forum komunitas, bisa menambahkan menerapkan fitur, desain, kualitas, harga atau manfaat lain sesuai preferensi dan kebutuhan pelanggan.

Akhir Kata

Interaksi dan layanan pelanggan adalah hal penting demi eksistensi dan ekspansi bisnis Anda di masa depan. Hal ini dapat Anda optimalkan melalui sarana komunikasi yang sesuai dengan preferensi pelanggan dan kombinasi strategi yang tepat. Maka dari itu, miliki website bisnis Anda sekarang juga, lengkapi dengan sarana komunikasi lalu berikan layanan terbaik.

Baca Juga