fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

PBN

Menghindari Kesalahan Umum dalam Menggunakan PBN dan Cara Mengatasinya

Wiliam

Private Blog Network atau PBN merupakan salah satu jaringan website yang digunakan untuk membuat backlink di dalam halaman website. Selain itu, PBN ini mempunyai tujuan untuk melakukan manipulasi peringkat supaya bisa menjadi lebih tinggi dibandingkan mesin pencarian.

Untuk PBN ini berasal dari domain halaman website yang mempunyai kualitas tinggi dan sudah tidak digunakan lagi oleh pemilik aslinya. Biasanya, untuk PBN ini berasal dari domain authority, page authority, trust flow dan citation flow.

Secara umum, untuk PBN ini sangat membantu para pemilik bisnis di dalam mengembangkan bisnis secara cepat. Akan tetapi, untuk biaya yang dibutuhkan tidak sedikit atau mahal.

Namun, di saat bizzie menggunakan PBN ini termasuk melanggar pedoman dari Google karena dianggap teknik curang. Ketika Google mengetahui perihal tersebut, maka website akan kehilangan peringkat dan dikenakan pinalti.

Pada kesempatan kali ini akan dibahas lengkap mengenai masalah dan cara mengatasi di saat menggunakan PBN. Sedangkan, untuk bizzie yang ingin menggunakan PBN bisa memahami penjelasan secara lengkap dibawah ini.

Masalah PBN dan Cara Mengatasi

Di dalam melakukan optimalisasi website terkadang ada banyak sekali kesalahan yang sering terjadi, meski tidak sengaja maupun sengaja. Sebagai berikut beberapa kesalahan umum yang sering sekali terjadi di saat menggunakan PBN :

1. Tidak Melakukan Pengecekan Status Indeksasi Website Pada Hasil Pencarian

Sebelum  melakukan optimasi website, pastikan bahwa untuk tujuan web yang akan dioptimasi ini sudah terindeks oleh Google. Sebab, ketika belum terindeks oleh google maka rangking tidak bisa diperoleh meski sudah dilakukan optimasi.

Cara untuk melakukan pengecekan apakah website sudah terindex atau belum adalah mengetikkan kata kunci “site” (domain website) di dalam mesin pencarian.

2. Salah Pengaturan Pada Robots.txt

Robot.txt merupakan salah satu file website yang digunakan untuk menentukan apakah URL maupun path URL boleh terindeks oleh mesin pencarian Google. Kesalahan pengaturan di dalam file ini bisa membuat URL yang ada di dalam web tidak terindeks.

Untuk mengetahui pengaturan di dalam robot.txt, bizzie bisa melihat file tersebut dengan cara mengetikkan (domain) atau robots.txt di dalam browser tersebut. Apabila kolom disallow berisikan garis miring, maka website tidak akan diindeks oleh Google. Sedangkan, cara mengatasi masalah tersebut adalah menggunakan plugin Yoast SEO.

3. Tidak Menggunakan Sitemap untuk Membantu Indeksasi Website

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk membantu Google di dalam indeks halaman, yaitu membuat sitemap. Di dalam membuat sitemap, bizzie juga bisa menggunakan plugin Yoast SEO. Ada juga beberapa langkah membuat sitemap dengan Yoast SEO sebagai berikut :

●  Klik pada menu “features” dan pastikan sudah berada di status XML Sitemap “on”.

●  Setelah website mempunyai sitemap, maka selanjutnya bizzie menambahkan URL sitemap ke dalam Google Search Console.

●  Klik pada ikon tanda tanya yang berada di sebelah menu “xml sitemaps”.

●  Klik omenu “see the xml sitemap”.

●  Salin url di halaman tersebut dan di submit di dalam Google Search Console.

●  Akses Google Search Console dan memilih menu “sitemaps” di bagian sidebar.

●   Masukkan juga URL sitemap yang sudah bizzie salin di kolom enter sitemap URL dan klik menu “submit”. Google Search Console akan melakukan proses sitemap tersebut.

Kelebihan Menggunakan PBN

1. Peringkat Menjadi Lebih Efisien

Pada saat menggunakan PBN, maka bisa lebih efisien di dalam perihal waktu. Seperti yang diketahui, semakin baik dan mahal nama expired domain ini mempercepat di dalam mendapatkan hasil dari PBN.

2. Sulit untuk Dilacak

Membutuhkan waktu yang banyak untuk Google di dalam melacak apakah website menggunakan PBN atau tidak. Para pengguna disarankan untuk selalu menghapus jejak  semua aktivitas yang sudah dilakukan supaya tidak mudah dilacak.

3. Prosesnya Mudah

Sangat mudah di dalam membuat. Bahkan, untuk bizzie tinggal membeli expired domain untuk membuat situs web, membuat konten maupun menutupi semua jejak aktivitas. Setelah itu, tautkan ke dalam situs yang bisa menghasilkan uang. Akan tetapi, untuk menutupi jejak aktivitas ini tidak mudah dan membutuhkan pengalaman.

4. Mempunyai Banyak Keuntungan

Para pengguna juga mendapatkan keuntungan yang besar di saat menggunakan PBN dengan tujuan menjual tautan ke dalam situs web lain. Akan tetapi, hal tersebut sangat beresiko karena bisa membahayakan pengguna PBN.

5. Full Control

Dengan menggunakan PBN, maka pengguna akan mendapatkan hak penuh untuk melakukan kontrol kemana arah. Bahkan, untuk pengguna PBN juga bisa tahu cara kerja dari halaman web tersebut.

Kekurangan Menggunakan PBN

1. Mahal

Di dalam membuat PBN, untuk para pengguna harus membeli expired domain yang mempunyai otoritas tinggi. Bahkan, untuk pengguna juga tidak hanya membeli expired domain saja. Melainkan juga membutuhkan alamat hosting dan koten untuk menarik halaman website tersebut.

2. Membutuhkan Banyak Waktu

Di dalam membuat PBN memang mempunyai resiko, karena hal tersebut melanggar pedoman yang diberikan oleh pihak Google. Ketika tertangkap peringkat, maka halaman web tersebut akan dihilangkan.

3. Sulit Dikelola

Sulit mengelola PBN karena pengguna harus menjaga jaringan sitsu dari SPAM, hacker dan masih banyak yang lainnya. Bahkan, untuk pengguna juga harus memastikan terlebih dahulu sudah menggunakan nama, alamat IP dan device berbeda-beda.

Nah, itulah dia penjelasan secara lengkap perihal masalah dan cara mengatasi di saat menggunakan PBN. Besar harapan dengan adanya penjelasan diatas bisa memberikan informasi kepada para bizzie yang tetap aman di saat menggunakan PBN.

Baca Juga