fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

PBN

Menggunakan Anchor Text yang Beragam dalam PBN Anda

Wiliam

Anchor text kini menjadi salah satu aspek yang paling penting di dalam optimasi SEO dan terutama bagi bizzie yang sering menggunakan teknik backlink. Lalu apa pengertian dari Anchor Text dan beberapa hal penting lainnya? Simak penjelasan lebih lengkapnya dibawah ini.

Apa Itu Anchor Text?

Anchor Text merupakan sebuah text di dalam website yang mengarah ke dalam link maupun URL tertentu. Selain itu, backlink berupa anchor text ini bisa mengarahkan website bizzie sendiri (internal) atau link mengarah ke website lain (external).

Saat ini Anchor Text menjadi salah satu aspek yang bisa meningkatkan peringkat website di dalam mesin pencarian. Akan tetapi, bizzie juga harus memperhatikan relevansi antara isi konten dengan link yang dibuat. Pastikan untuk keduanya mempunyai relevansi supaya nilai backlink baik dimata mesin pencarian.

Jenis Anchor Text

Ada beberapa jenis Anchor Text yang akan dibahas pada kesempatan kali ini. Sebagai berikut 6 jenis Anchor Text yang bisa dipilih dan digunakan oleh bizzie :

1. Exact Match

Jenis Anchor Text yang pertama, yaitu Exact Match. Di dalam jenis Anchor Text kali ini digunakan untuk membuat keyword yang sama dengan beberapa keyword di halaman dituju. Selain itu, Exact Match ini menjadi jenis Anchor Text yang bisa dikatakan paling efektif untuk meningkatkan peringkat di dalam mesin pencarian.

Namun, harus diperhatikan lagi apabila bizzie salah menerapkan maka bisa membuat peringkat website menjadi buruk. Misalnya, apabila bizzie mengarahkan website ke dalam URL dengan judul “artikel teknis pengelolaan SEO” kata kunci yang digunakan adalah “artikel teknis”. Sedangkan untuk Anchor Text yang ditampilkan juga berisikan mengenai “artikel teknis”.

2. Partial Match

Partial Match merupakan jenis Anchor Text yang secara garis besar hampir sama dengan jenis sebelumnya. Akan tetapi, bizzie juga bisa menambahkan variasi di dalam text yang akan ditampilkan. Maka dari itu, bizzie tidak perlu lagi sama persis dengan keyword yang akan digunakan.

Misalnya, apabila website mengarahkan di halaman dengan kata kunci “web builder nagamas”. Maka dari itu, bizzie bisa menampilkan Anchor Text seperti “install web builder nagamas”.

3. Generic Anchor

Generic Anchor adalah jenis yang paling umum dan banyak sekali digunakan. Biasanya, di dalam jenis Generic Anchor ini sudah menggunakan kata “klik disini”, “download now” dan masih banyak lainnya lagi. Sedangkan, untuk tujuannya adalah agar bisa mengarahkan ke dalam link website tertentu.

4. Naked Anchor Text

Sesuai dengan namanya, untuk jenis anchor text kali ini bisa menampilkan text berupa link website akan digunakan.

5. Branded Text

Branded Text adalah salah satu jenis Anchor Text yang banyak juga digunakan. Di dalam jenis Anchor Text kali ini bisa menampilkan beberapa nama brand di dalam link tersebut.

6. Image

Jenis Anchor Text kali ini menggunakan alt text di dalam sebuah image pada website maupun link.

Cara Membuat Anchor Text yang Beragam Pada PBN

Cara membuat Anchor Text ini terbilang sangat mudah sekali dilakukan. tentukan terlebih dahulu kata kunci dan berikan tautan di dalam beberapa klik. Akan tetapi, ada baiknya untuk selalu mengingat beberapa prinsip dibawah ini.

1. Menggunakan Anchor Text Secara Efisien

Memberikan informasi kepada para pengguna internet dan mesin pencarian. Di dalam hal ini menjadi salah satu fungsi utama di dalam Anchor Text. Berbekal fungsi ini, untuk Anchor Text harus digunakan dengan bijak dan efisien.

Cari juga kata kunci yang benar-benar bisa mendeskripsikan konten akan dirujuk. Ketika dua kata kunci sudah cukup, maka bisa menggunakan dua kata saja. Akan tetapi, ketika memang perlu lebih panjang lagi, maka bisa diterapkan. Prinsipnya, bizzie bisa menggunakan Anchor Text sesingkat mungkin agar bisa menarik pengunjung untuk memberikan klik.

2. Menautkan Konten yang Relevan

Kesesuaian di antara Anchor Text dengan konten tautan ini bisa membantu di dalam meningkatkan rangking pada mesin pencarian. Selain itu, cara yang satu ini juga bisa digunakan untuk meningkatkan traffic blog.

Maka dari itu, tidak ada pilihan lain selain hanya menautkan beberapa konten yang sesuai di dalam Anchor Text. Melakukan hal ini bisa membuat para pengunjung cepat-cepat untuk menutup halaman. Perihal ini yang kemudian membuat bounce rate semakin tinggi.

3. Menggunakan Berbagai Anchor Text

Anchor Text yang digunakan secara berulang ini dianggap oleh Google tidak wajar. Selain itu, cara yang satu ini juga dianggap Google Sebagai cara untuk mencurangi sistem rangking. Maka tidak aneh lagi, ketika Google memberikan penalti kepada website yang dianggap curang atau nakal.

Solusinya, yaitu bizzie harus melakukan variasi Anchor Text yang akan digunakan. Jangan hanya terpaku di dalam satu macam saja. Sebetulnya, ada juga beberapa website yang mencoba melakukan formulasi presentasi macam Anchor Text yang boleh dipakai di dalam suatu website.

Misalnya, branded anchor yang hanya boleh digunakan sebanyak 40% saja. Sedangkan, naked anchor 20% dan partial match 5%. Namun, harus disadari bahwa formula tersebut tidak bisa lagi berlaku bagi semua pemilik website.

Banyak atau sedikitnya Anchor Text yang bergantung lagi dengan Domain Authority dari sebuah website tersebut. Dengan DR yang tinggi ini bizzie bisa mempunyai exact match Anchor Text yang lebih banyak dibandingkan dengan website dengan DR rendah.

Anchor Text menjadi salah satu teknik SEO yang cukup optimal dan mudah sekali diterapkan. Akan tetapi, untuk teknik tersebut sampai dengan sekarang masih terabaikan.

Dengan pembahasan kali ini semoga bisa memberikan tambahan informasi mengenai cara optimasi SEO di dalam website. Sehingga, diharapkan untuk ranking website yang bizzie miliki bisa semakin meningkat di mesin pencarian.

Baca Juga