fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

General

Mengerti Tentang Definisi CRM, Apa Pentingnya Untuk Bisnis

Yodik Prastya

Definisi CRM bagi sebagian orang memang terdengar asing bahkan ada yang masih bingung mengenai hal tersebut. Padahal istilah ini sering terdengar terutama dalam bisnis atau perusahaan. Dimana kehadirannya sangat penting untuk berjalannya sebuah bisnis.

Mengenal Definisi CRM

Pengertian dari Customer Relationship management atau CRM merupakan sebuah pendekatan model baru untuk mengelola hubungan antara perusahaan dengan para konsumennya. Dimana hal tersebut diharapkan dapat memaksimalkan pemasaran perusahaan.  

Tidak dipungkiri bahwa hubungan antara perusahaan maupun komennya sangat penting. Sehingga harus dijaga, salah satunya oleh CRM ini sendiri.  Dimana nantinya CRM  memberikan kebijakan, strategi, maupun proses yang akan digunakan oleh perusahaan.

Sehingga secara tidak langsung, penggunaan dari CRM ini sendiri untuk menelusuri sebuah informasi kepada pelanggan. Sehingga hubungan bisnis antara pelanggan dengan perusahaan dapat terjalin dengan baik.

Manfaat CRM untuk Bisnis

Setelah mengetahui apa itu CRM, kamu pun perlu mengetahui mengenai manfaatna. Dimana hal tersebut memberikan dampak yang baik bagi perusahaan. Untuk lebih lengkapnya, simak informasi berikut ini dulu yuk!

1. Loyalitas pelanggan meningkat

Dengan menerapkan CRM membuat loyalitas pelanggan kepada perusahaan meningkat. Hal tersebut karena perusahaan dapat memanfaatkan informasi dari pelanggan. Dimana itu didapat dari call center, website, sosial media, dan informasi lainnya.

Setelah informasi tersebut terkumpul, maka nantinya akan diolah secara hati-hati. Sehingga data tersebut menghasilkan sebuah kesimpulan mengenai layanan atau produk yang dibutuhkan oleh konsumen. Dengan begitu, konsumen pun tidak akan ragu untuk membeli atau menggunakan jasa yang perusahaan tawarkan.

2. Cost Perusahaan berkurang

CRM dapat membuat pembiayaan yang dikeluarkan perusahaan berkurang. Hal ini karena penjualan maupun pelayanan yang diberikan kepada pelanggan tepat sasaran. Melalui skema spesifik dan tingkat kefokusan yang tinggi.

Sehingga perusahaan tidak perlu lagi mengeluarkan  biaya lain untuk hal lain yang sebenarnya kurang diperlukan. Pasalnya, banyak perusahaan yang memiliki cost tinggi karena tepat sasaran. Sehingga banyak biaya yang keluar padahal hal tersebut kurang begitu penting.

3. Timing Penjualan meningkat

Sebuah perusahaan pasti memiliki data-data untuk setiap produknya untuk memaksimalkan penjualan. Disinilah peran CRM sangat penting digunakan oleh sebuah perusahaan. Dengan data tersebut perusahaan akan mengetahui kapan produk ini akan diluncurkan.

Misalnya, perusahaan yang kamu kelola itu menjual baju-baju muslim. Maka peluang lonjakan pesanan yang tinggi akan terjadi saat bulan Ramadhan. Maka tidak ada salahnya pada waktu ini, perusahaan membuat model-model terbaru. Dengan begitu, perusahaan akan mendapatkan keuntungan besar.

4. Revenue Bisnis Meningkat

Ketika produk dan service yang diberikan sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh para konsumen. Maka tidak heran apabila pendapatan perusahan pun akan tinggi. Hal tersebut tentunya tidak terlepas dari peran CRM dalam pengumpulan informasi yang akurat untuk perusahaan.

Misalnya, kamu menjual sepatu workout dan memiliki target market anak muda yang suka olahraga. Maka kamu mencoba mendekatinya dengan menyediakan konten-konten olahraga. Tidak hanya itu saja, kamu pun bisa menyuguhkan produk sepatu yang kuat dan ringan. Ditambah dengan deskripsi yang jelas, dan lain sebagianya. Pasti hal tersebut dapat meningkatkan daya tarik produk yang dijual.

Penutup

Definisi CRM merupakan sebuah hubungan antara perusahaan dengan pelanggannya. Dimana didalamnya CRM akan menggali informasi mengenai kebutuhan dari konsumen. Sehingga nantinya, perusahaan dapat memberikan produk dan service sesuai dengan target market inginkan.

Baca Juga