fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

General

Mengenal User Generated Content, Bagian Strategi Pemasaran Masa Kini

Yodik Prastya

Secara sederhana User Generated Content (UGC) bisa diterjemahkan sebagai konten yang dibuat oleh pengguna. Untuk saat ini, contoh yang paling umum dari konten jenis ini adalah ulasan dan foto dari pengguna. Menariknya, konten ini menjanjikan dampak positif untuk meningkatkan kepercayaan terhadap brand. 

User Generated Content: Pengertian, Contoh, Karakteristik dan Manfaatnya bagi Brand

User Generated Content adalah konten yang dibuat oleh pengguna. Bentuk dari konten tersebut bisa cukup beragam mulai dari bentuk tulisan, blog, video, foto, review, podcast dan sebagainya.

Sementara pengguna yang membuat konten tersebut bisa datang dari seorang konsumen, pelanggan maupun followers.

Konten ini biasanya dimanfaatkan oleh brand dengan cara diunggah kembali di akun resmi media sosial perusahaan.

Dalam hal ini, tentu saja pihak brand akan meminta izin kepada user terlebih dahulu. Selain itu, biasanya unggahan kembali tersebut juga disertai dengan kredit pada caption foto.

Lantas bagaimana bisa UGC dapat meningkatkan kepercayaan target audiens terhadap brand? Alasannya, konten ini berbeda dari konten yang dibuat melalui brand ambassador.

Ya, UGC cenderung lebih natural berdasarkan pengalaman pengguna terhadap produk atau layanan yang ditawarkan perusahaan.

Contoh User Generated Content

Untuk lebih memudahkan Anda dalam mengenali apa itu user generated content, beberapa contoh yang lazim dijumpai di media sosial antara lain:

  • Foto produk yang diunggah di media sosial Instagram maupun Twitter
  • Video ulasan produk di platform seperti Youtube atau bahkan di Reel Instragram
  • Content repost untuk produk spesifik
  • Penggunaan hashtag di content yang diunggah terkait produk tertentu
  • Review hingga testimoni atas produk atau layanan, baik di platform e-commerce atau di media sosial

Karakteristik User Generated Content

Dari penjelasan dan beberapa contoh di atas, maka UGC ini bisa dikatakan memiliki beberapa karakteristik yang membedakannya dari konten iklan. Berikut ini beberapa karakteristik yang kerap terlihat: 

  • Konten disertai captions yang menyebutkan nama brand atau produknya
  • Konten yang memuat visual produk baik berupa foto maupun video
  • Konten mengulas produk secara natural, baik secara sekilas atau bahkan secara rinci, biasanya tentang manfaat atau kelebihan produk
  • Ulasan video umumnya membahas aspek penggunaan produk maupun hasil penggunaan produk

Dengan kata lain, UGC mungkin lebih cenderung seperti iklan namun dilakukan secara alami (dari kesadaran dan tanpa paksaan) oleh para konsumen berdasarkan pengalaman dan sudut pandang mereka.

Inilah yang kemudian membuat UGC lebih memudahkan brand dalam mempromosikan bisnis dan produk mereka.

Pentingnya User Generated Content bagi Bisnis

Saat ini, terdapat kecenderungan bahwa media sosial menjadi sarana penting dalam mencapai berbagai hal.

Meskipun ada brand ambassador dan jasa endorsement, UGC tetap memiliki kekuatan yang penting bagi brand. Berikut beberapa poin pentingnya UGC bagi bisnis:

Menunjang penentuan product value, hal ini mengingat konten yang baik berkontribusi positif terhadap penjualan. Termasuk halnya pada konten positif yang dibuat oleh pengguna yang dapat menunjang penjualan.

Ikut mempengaruhi keputusan pembelian oleh calon konsumen, karena UGC dapat lebih meyakinkan seseorang untuk ikut membeli dan juga sebaliknya. Hal ini yang kemudian membuat brand perlu memberikan apresiasi terhadap UGC.

Dapat menunjang kepercayaan konsumen atas brand maupun produk karena saat ini orang cenderung lebih percaya pada apa kata orang lain di media sosial.

Efisiensi biaya marketing karena dapat menekan pengeluaran untuk kampanye iklan maupun untuk menggaji brand ambassador.

Menunjang performa brand dari peningkatan engagement dengan konsumen, materi UGC yang relevan dengan riset pasar, memotivasi brand untuk terus meningkatkan kualitas produk dan layanannya hingga dapat membuka peluang usaha.

Kesimpulan

User Generated Content sudah diterima sebagai salah satu jenis content marketing masa kini. Hal ini terbukti dari semakin banyaknya brand yang memanfaatkan konten jenis ini sebagai bagian dari strategi pemasarannya.

Baca Juga