fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Business

Mengenal Strategi 4P Dalam Bisnis, Pasti Berhasil

Wiliam

Strategi di dalam menjalankan bisnis ini sangat diperlukan, mulai dari strategi penetapan harga produk dan jasa, strategi produk yang tepat, strategi marketing dan lain-lain. Tujuan utamanya, yaitu untuk mensukseskan bisnis yang dijalankan supaya dapat memuaskan pelanggan di saat sudah membeli produk tersebut.

Dari banyaknya strategi marketing yang tersedia saat ini, ada elemen strategi utama yang harus digunakan dan dikenal dengan istilah 4P dalam bisnis. Keempat unsur di dalam strategi pemasaran ini akan menentukan keberhasilan dan marketing yang sudah bizzie lakukan.

Kalau bizzie belum tahu apa itu strateg 4P dalam bisnis, di kesempatan kali ini akan membahasnya sampai tuntas. Jadi, bizzie bisa langsung baca simak penjelasan lebih lengkapnya dibawah ini.

Apa Itu 4P Dalam Bisnis?

Tujuan melakukan pemasaran, yaitu membuat pelanggan menyadari kehadiran dari produk bizzie sehingga tertarik untuk membelinya. Jadi, strategi pemasaran 4P dalam bisnis merupakan kumpulan komponen dasar yang menjadi patokan awal bagi pebisnis agar konsumen mau membeli produknya.

Strategi pemasaran 4P dalam bisnis ini sering disebut dengan marketing mix dan terdiri dari product, price, place dan promotion. Pada strategi marketing satu ini tidak hanya digunakan untuk para pelaku usaha besar saja, tapi bagi bizzie yang mempunyai bisnis UMKM juga harus menetapkan strategi satu ini.

Variabel Strategi Pemasaran 4P Dalam Bisnis

Bauran yang ada di marketing mix adalah product, price, place, promotion. Untuk lebih lengkapnya, keempat variabel tersebut akan dijelaskan di bawah ini.

1. Product (Produk)

Pada saat bizzie memutuskan untuk membuat bisnis, maka hal yang tidak kalah penting adalah produk. Produk bisa dibilang sebagai bagian yang paling penting dari sebuah bisnis.

Di dalam produk ini tidak hanya berfokus pada wujud saja, tapi organisasi, layanan dan ide. Sebelum menentukan strategi marketing apa yang tepat bagi usaha, bizzie bisa memulainya dari mengembangkan produk terlebih dahulu supaya bisa menjadi lebih baik.

Caranya, bizie menanyakan kepada pelanggan bizzie berupa saran atau kritik terkait produk yang ditawarkan. Sehingga, dengan hal tersebut pelanggan akan merasa puas dengan produk tersebut.

Sangat penting untuk bizzie memahami produk dan beberapa bagian pemasaran lainnya. Ada beberapa faktor keputusan di dalam mempertimbangkan elemen produk pada marketing mix, yaitu :

●      Pengemasan.

●      Variasi produk.

●      Perbedaan dengan kompetitor.

●      Logo atau merek.

●      Kualitas.

●  Fitur.

2. Price (Harga)

Selain produk, ada juga elemen marketing mix yang harus diperhatikan oleh bizzie yaitu price (harga). Harga merupakan nilai yang harus diberikan oleh pembeli untuk mempunyai produk dari suatu perusahaan.

Pada komponen ini mempunyai pengaruh besar terhadap penjualan produk. Biasanya, calon pelanggan akan membandingkan produk terhadap kompetitor terlebih dahulu. Berikutnya, mereka akan menjadikan harga tersebut sebagai patokan tolak ukurnya.

Maka dari itu, bizzie harus mempunyai strategi penetapan harga yang baik. Caranya, yaitu bizzie bisa melihat harga di pasaran atau menghitung harga pokok penjualan (HPP) terlebih dahulu. Untuk melakukan penetapan harga, bizie harus mempertimbangkan beberapa hal, yaitu :

●      Nilai produk dan jasa.

●      Promo atau pemberian diskon.

●      Keuntungan.

●  Perbandingan harga dengan para kompetitor.

3. Place (Tempat)

Salah satu faktor penentu di dalam produk bizzie berikutnya, yaitu pemilihan tempat atau lokasi. Artinya, bizzie bisa memilih lokasi mana yang sekiranya strategis. Maksud dari lokasi strategis adalah ramai dikunjungi orang atau biasanya tempat tersebut ramai dilalui oleh orang.

Tujuannya, supaya calon pelanggan merasa tertarik untuk mengunjungi usaha bizzie dan ditambah lagi lokasinya mudah ditemukan. Akan tetapi, selain tempat bisnis yang strategi juga ada beberapa komponen yang mesti bizzie perhatikan untuk memilih marketing mix yaitu :

●      Mempelajari dari para kompetitor.

●      Logistik.

●      Jenis tempat.

●      Saluran distribusi.

●  Penangan produk.

4. Promotion (Pemasaran)

Di dalam kegiatan promosi ada dua tujuan yang bisa bizzie capai, pertama untuk meningkatkan brand awareness dari bisnis dan memberitahu orang mengenai usaha tersebut. Kedua, membujuk para pelanggan untuk membeli produk atau jasa yang bizzie tawarkan.

Strategi marketing mix ini fokus untuk cara komunikasi yang tepat dengan para target audiens. Saat ini, untuk melakukan promosi produk bizzie tidak hanya melalui media konvensional saja.

Artinya, bizzie bisa memanfaatkan sosial media bisnis untuk memberikan konten yang informatif, edukasi dan lain-lain. Namun sebelum bizzie melakukan promosi, ada beberapa yang harus diperhatikan yaitu :

●      Mempelajari pesaing di saat melakukan promosi.

●      Media promosi yang digunakan.

●  Waktu melaksanakan promosi.

Kenapa Strategi Pemasaran Penting Bagi Bisnis?

Jika bizzie menerapkan keempat elemen tersebut, maka sudah dipastikan bisa meningkatkan penjualan usaha. Maka dari itu strategi marketing ini sangat penting bagi keberlangsungan sebuah bisnis sebab banyak sekali memberikan manfaat terhadap produk. Lalu, seberapa penting marketing mix 4p untuk bisnis?

Strategi ini bisa meningkatkan loyalitas merek bizzie, karena bisnis berfokus pada keperluan konsumen dan menciptakan kepuasan pelanggan. Jika bizzie mengkombinasikan semua elemen strategi marketing di usaha, maka bisa menciptakan promosi yang tepat untuk produk miliknya. Jadi, jangan sampai bizzie tidak menerapkan strategi ini di dalam bisnis.

Contoh Strategi Pemasaran 4P

Setelah membahas semua elemen strategi marketing 4P, apabila bizzie masih merasa bingung mari lihat beberapa contoh sebagai berikut :

●      P yang pertama, yaitu produk yang ditawarkan oleh Burger King mempunyai banyak variasi makanan dan minuman. Misalnya, ayam goreng, burger, es krim dan berbagai varian minuman lainnya.

●      Price adalah strategi harga yang digunakan, seperti produk bundle. Harga dari produk tersebut lebih murah dibandingkan harga satuan dan penetapan harga psikologis.

●      Place, tempat yang akan digunakan oleh Burger King berupa restoran, kios atau mobile apps.

●  P yang terakhir, yaitu promotion. Strategi promosi yang dilakukan dari media sosial ini seperti diskon atau potongan harga.

Itulah dia penjelasan secara lengkap mengenai strategi marketing 4P dalam bisnis. Semoga informasi diatas bisa bermanfaat dan membantu!

Baca Juga