fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Business

Mengenal PCI DSS Dalam Transaksi Bisnis

Yanti puspita

Mengenal PCI DSS – Bicara soal keamanan, kini telah ada standar keamanan bernama PCI DSS yang menjamin perlindungan data setiap pengguna dan transaksi pembayaran kartu kredit dan debit, termasuk pembayaran online. Jika Anda seorang pengusaha online, keamanan transaksi harus menjadi prioritas utama Anda.

Hal ini penting untuk melindungi data pribadi dan keuangan nasabah. Seperti apa sebenarnya PCI DSS? Mari simak penjelasannya di bawah ini.

Mengenal PCI DSS dan Mengapa Penting Untuk Diterapkan?

PCI DSS adalah singkatan dari Payment Card Industry Data Security Standard, merupakan sebuah standar keamanan informasi eksklusif yang di kelola oleh PCI Security Standards Council (PCI-SSC). Standar kemanan ini di bentuk oleh American Express, Discover Financial Services, JCB International, Visa Inc, MasterCard Worldwide dll.

Terlepas semua itu, ada beberapa alasan mengapa PCI DSS penting untuk di terapkan dalam sistem transaksi pembayaran online bisnis Anda. Lalu apa saja alasannya? Berikut penjelasnnya!

·         PCI DSS Memberikan Ketenangan Bagi Konsumen

PCI DSS dapat mengurangi risiko pelanggaran data. Maka dari itu hal ini akan meminimalkan kekhawatiran komsumen dan pada akhirnya juga memungkinkan Anda sebagai pemilik bisnis untuk fokus pada hal lain yang lebih penting.

Konsumen juga dapat merasa tenang sepenuhnya karena mereka dapat mempercayakan keamanan datanya kepada perusahaan Anda saat melakukan transaksi.

·         Meminimalkan Risiko Pelanggaran

Menerapkan standar PCI DSS dapat memastikan bahwa semua saluran yang di gunakan bisnis dapat berinteraksi dengan pelanggan secara aman. Ini termasuk memeriksa situs web perusahaan, memperbaruinya secara berkala, dan menghilangkan celah yang dapat mengungkap detail pemegang kartu.

·         Memberikan Standar Keamanan

PCI DSS memberi bisnis Anda dasar persyaratan keamanan sehingga Anda tahu harus mulai dari mana saat mengembangkan program keamanan dan apa yang harus di lakukan jika terjadi potensi pelanggaran keamanan. PCI DSS juga akan memberikan panduan untuk memahami cara mengelola data konsumen.

·         Membantu Anda Mengembangkan Bisnis

Ketika pelanggaran data terjadi, bisnis Anda dapat di denda berat. Anda mungkin juga harus membayar biaya penggantian kartu kredit, kerugian konsumen, biaya audit, biaya penyelidikan, dan banyak lagi. Semua ini dapat di simpan saat Anda menerapkan PCI DSS di bisnis Anda.

OttoPay, sebagai gateway pembayaran bersertifikasi PCI DSS, hadir untuk membantu Anda mengembangkan bisnis. Hal ini memastikan bahwa semua transaksi yang Anda lakukan dalam bisnis Anda melalui OttoPay aman dari berbagai risiko yang merugikan konsumen.

Tujuan Utama PCI DSS

PCI DSS di buat pada tahun 2004 oleh empat perusahaan kartu terbesar di dunia, MasterCard, Visa, American Express, dan Discover. PCI DSS mengidentifikasi dan menjelaskan enam tujuan utama, yaitu:

  • Jaringan yang aman harus di jaga agar transaksi dapat berjalan lancar.
  • Di mana pun di simpan, informasi pemegang kartu harus di lindungi. Ini termasuk tanggal lahir, nomor jaminan sosial, alamat, nama, dan banyak lagi.
  • Sistem harus di lindungi dari aktivitas berbahaya oleh peretas menggunakan perangkat lunak yang di perbarui secara berkala dengan solusi anti-virus, anti-spyware, dan anti-malware lainnya.
  • Akses ke informasi dan pengoperasian sistem harus di batasi dan di kendalikan.
  • Jaringan harus di pantau dan diuji secara teratur untuk memastikan bahwa semua tindakan dan prosedur keamanan ada, berfungsi dengan baik, dan mutakhir.
  • Keamanan informasi formal harus di tetapkan, di pelihara, dan di patuhi oleh pengguna.

Langkah-Langkah Keamanan Pci Dss

Versi terbaru PCI DSS v4.0 menunjukkan bahwa ada empat langkah berturut-turut untuk melindungi keamanan data akun pembayaran dengan PCI DSS seperti:

  • Yang pertama adalah assess, pada tahap ini di lakukan identifikasi seluruh lokasi data rekening pembayaran. Ini termasuk memindai data akun pembayaran untuk mencari kerentanan, menerapkan atau memperbarui kontrol yang di perlukan, dan melakukan penilaian PCI DSS.
  • Langkah selanjutnya adalah remediate, yang mencakup mengidentifikasi dan mengatasi setiap kerentanan dalam kontrol keamanan, memulihkan kerentanan yang teridentifikasi, dan menghapus penyimpanan data pembayaran yang tidak perlu dengan aman. Selain itu, proses bisnis yang aman juga di terapkan selama fase perbaikan.
  • Langkah ketiga adalah melaporkan atau mendokumentasikan setiap detail penilaian dan peningkatan, kemudian menyerahkan laporan kepatuhan kepada badan penerima kepatuhan.
  • Sedangkan langkah terakhir, yaitu pemantauan dan pemeliharaan, berfokus pada konfirmasi bahwa kontrol keamanan yang ada untuk mengamankan akun dan proses pembayaran bekerja secara efisien setiap saat.

Manfaat PCI DSS

Dengan proses perlindungan data yang berlapis, penerapan sistem PCI DSS tentunya dapat membawa berbagai manfaat bagi suatu perusahaan. Diantaranya adalah:

·         Mencegah Kebocoran Data

Data pengguna merupakan pertimbangan utama saat membangun struktur pembayaran digital. Apalagi jika bisnis Anda mengolah atau menyimpan data pelanggan pribadi. Keamanan data yang terjamin dapat mencegah kebocoran data dan kejahatan dunia maya lainnya.

·         Mematuhi Standar Global

PCI DSS di luncurkan oleh lembaga keuangan ternama yang memastikan bisnis Anda memenuhi standar keamanan data transaksi minimum. Dengan mematuhi kepatuhan PCI DSS, perusahaan dapat memperoleh posisi dan bersaing dengan berbagai merek internasional.

·         Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan

Ketika keamanan data di lindungi dan menjadi bagian dari standar global, pelanggan lebih percaya diri untuk bertransaksi atau menjalin kerjasama. Kepatuhan PCI DSS juga dapat meningkatkan reputasi perusahaan Anda di mata publik.

Peran PCI DSS Dalam Pemrosesan Pembayaran Online

Dalam proses pembayaran online, PCI DSS memegang peranan penting. Berikut manfaat sertifikasi PCI DSS untuk pemrosesan pembayaran online:

  • Lindungi data perusahaan dan pelanggan dari ancaman malware, serangan akses jarak jauh, rekayasa sosial, serangan siber, dan kejahatan lainnya.
  • Melindungi pelanggan dengan memastikan keamanan data sehingga konsumen dapat merasa aman saat bertransaksi.
  • Memberikan keamanan standar internasional.
  • Membantu bisnis menghindari denda dan tuntutan hukum karena insiden keamanan.
  • Minimalkan biaya pelanggaran data jika terjadi potensi tuntutan hukum karena insiden pelanggaran data.

Pencegahan Aksi Penipuan Finansial Dengan Tahapan Kepatuhan PCI DSS

Untuk mencegah penipuan keuangan dan kejahatan lainnya, terdapat 12 persyaratan dasar yang di kelompokkan menjadi 6 tujuan yang harus di penuhi untuk kepatuhan PCI DSS, yang merupakan serangkaian standar yang diamanatkan oleh suatu industri untuk menjaga keamanan data kartu konsumen saat di gunakan. Seperti:

  • Membuat dan menegakkan kebijakan keamanan informasi.
  • Jalankan program manajemen kerentanan (vulnerability program)
  • Secara teratur memonitor dan memeriksa jaringan
  • Membangun dan memelihara sistem dan jaringan yang aman
  • Lindungi data pemegang kartu
  • Terapkan kontrol akses yang kuat

Kesimpulan

Peninjauan kepatuhan PCI DSS biasanya terjadi setiap setahun sekali, tetapi kepatuhan PCI bukanlah tidak habta terjadi 1x. Karena ini merupakan upaya remediasi dan evaluasi yang berkelanjutan. Seiring pertumbuhan bisnis, begitu pula logika dan proses bisnis inti, yang berarti persyaratan kepatuhan juga berubah. Contohbya, pebisnis online yang memutuskan untuk membuka toko fisik, memasuki pasar baru.

Jika ada sesuatu yang baru terkait data kartu pembayaran, sebaiknya periksa secara proaktif untuk melihat apakah hal itu memengaruhi metode autentikasi PCI DSS Anda. Dan lakukan validasi ulang jika perlu.

Baca Juga