fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

General

Mengenal Lebih Jauh Tentang Apa Itu Domain .io

Yodik Prastya

Belakangan ini Anda mungkin merasa penasaran dengan website yang memiliki traffic tinggi namun menggunakan akhiran yang beda dari biasanya. Ya, kini memang main banyak website populer dengan domain .io yang bisa ditemui di internet. Tapi, apa itu domain .io?

Apa Itu Domain .io?

Sebelum membahas tentang apa itu domain .io, mungkin Anda perlu menyadari bahwa saat ini setengah dari semua website yang ada di internet memakai.com sebagai ekstensi. Dan karena mekanisme penamaan yang berlaku, maka jumlah website yang bisa mendaftar sebagai .com pun semakin terbatas. Dari sini, domain .io pun muncul sebagai alternatif keterbatasan.com belakangan.

Domain .io adalah domain yang populer digunakan pada website startup bisnis, teknisi, pembuat kode, dan ahli. Penggunaan domain ini sendiri lebih identik dengan hal yang berkaitan dengan teknologi, karena io merupakan singkatan dari input output. Namun tak menutup kemungkinan pula ekstensi ini juga digunakan untuk website lainnya.

Sebenarnya .io sendiri merupakan suatu country code Top Level Domain (ccTLD) untuk wilayah Chagos Island yang ada di Samudera Hindia. Namun karena keunikan io yang dianggap bisa mewakili kebutuhan  industri teknologi tadi, maka ekstensi ini pun dianggap lebih umum dibandingkan dengan domain khusus untuk wilayah atau negara lain. Google pun kemudian mengakui .io sebagai ccTLD generik.

Dalam perkembangannya, makin banyak perusahaan global yang menggunakan.io karena ingin memiliki branding yang lebih mudah diingat. Perusahaan atau pemilik website yang menggunakan domain .io tidak harus ada atau beroperasi di Kepulauan Chagos. Selain itu, penggunaan domain ini juga tidak akan menurunkan  kualitas SEO gara-gara domain yang tak sesuai negara.

Selain karena input output tadi, domain .io juga digunakan untuk membuat domain yang sesuai berdasarkan geografis dan kata kunci. Dalam hal ini adalah pemilik website berbahasa Italia dan  Esperanto. Dalam bahasa tersebut, kata io memiliki arti ‘saya’ atau menjadi plesetan dari nama suatu tempat. 

Kelebihan dan Kekurangan Domain .io

Penggunaan domain ini mungkin terkesan menjadi sebuah solusi bagi sebagian orang. Namun perlu Anda ketahui pula bahwa penggunaan domain .io ini memiliki kelebihan dan kekurangan. Apabila Anda ingin mempertimbangkan penggunaan domain ini, tak ada salahnya untuk mengetahui lebih jauh.

Kelebihan Domain .io

  • Identik dengan teknologi: karena domain .io ini sudah banyak dikenal identik dengan dunia teknologi dan startup, maka ia terbilang efektif sebagai cara untuk memberitahukan kepada pengunjung tentang apa sebenarnya website Anda, yaitu website yang terkait teknologi dan startup.
  • Masih banyak tersedia: domain ini mewakili 0,6% dari semua domain di dunia saat ini, dibanding domain lain yang lebih dulu populer. Dengan kata lain, Anda lebih leluasa dalam membeli nama domain untuk brand. 
  • Ramah Google: mesin pencarian Google mengakui bahwa domain ini bersifat generik, tidak terbatas pada website yang ada di wilayah tertentu sehingga website dengan domain .io tetap berpeluang tinggi untuk muncul di peringkat atas SERP.
  • Lebih bebas berkreasi dengan nama: dengan ekstensi io, Anda bisa lebih leluasa dalam berkreasi dengan nama domain yang pastinya lebih unik dan mudah diingat.

Kekurangan Domain .io

Harga cenderung mahal: sayangnya, domain io yang terus naik daun dan terus diminati oleh industri teknologi dan startup, membuat harga untuk nama domain ini  jadi lebih mahal dibanding .com atau lainnya.  

Belum sepenuhnya dianggap terpercaya: bagaimanapun, penggunaan domain ini masih terbilang lebih muda jika dibanding .com atau .org, sehingga masih banyak yang meragukan kredibilitas website dengan domain .io ini.

Ada kontroversi: masalah ini bisa saja terjadi karena adanya masalah geopolitik atas Kepulauan Chagos yang memegang ccTLD domain .io. Masalah ini melibatkan Inggris, Mauritius dan Amerika Serikat yang kemudian dapat menonaktifkan BIOT (kode negara ISO-3166 untuk IO).

Kesimpulan

Demikian penjelasan tentang apa itu domain .io yang mungkin juga menarik minat Anda untuk ikut menggunakannya. Domain ini memang bisa saja digunakan oleh website jenis lain, selain teknologi dan startup. Namun ingat untuk tetap mempertimbangkan secara seksama sebelum membelinya.

Baca Juga