fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

General

Mengenal Cara Indeks Google: Pengertian, Cara Kerja dan Tips

Yodik Prastya

Cara indeks Google adalah salah satu hal yang wajib diketahui bagi siapapun yang ingin website atau blognya bisa berhasil di mesin pencari tersebut. Ya, bagaimana bisa suatu halaman akan ditampilkan atau bahkan direkomendasikan mesin pencari apabila website tersebut tak dikenalinya? Maka dari itu, tulisan kali ini akan membahas tentang indexing.

Apa Itu Indeks Google?

Sebelum membahas tentang bagaimana mesin pencari seperti Google melakukan indexing, tak ada salahnya jika kita bahas dulu apa sebenarnya indeks sebagai istilah optimasi mesin pencari. Nah, indexing atau indeks Google adalah suatu proses yang dilakukan mesin pencari Google untuk mengatur informasi sebelum dilakukan pencarian informasi oleh pengguna. Dalam proses ini, mesin akan menyimpan dan mengatur konten yang ditemukan selama crawling. 

Indexing erat kaitannya dengan crawling dan ranking yang tujuannya untuk menyajikan halaman yag paling relevan dengan informasi yang dicari oleh pengguna mesin pencari. Ya, untuk bisa merekomendasikan halaman web kepada penggunanya, mesin pencari akan melakukan 3 tahap yaitu crawling, indexing kemudian ranking. Berikut penjelasannya:

  1. Crawling, yaitu proses mesin pencari menjelajah seluruh situs di internet dari URL yang ditemukan bot
  2. Indexing, yaitu proses mesin pencari mengenali konten di berbagai situs yang sudah dijelajah bot
  3. Ranking, yaitu proses mesin pencari menerapkan pemeringkatan konten yang paling diharapkan pengguna

Bagaimana Cara Indeks Google?

Pada saat ada pengguna Google mencari suatu informasi melalui kata kunci tertentu, maka ia akan mulai mencarikan konten yang dimaksud pengguna di data index tersebut. Cara kerja ini mirip dengan yang dilakukan oleh seorang pustakawan yang mengenali koleksi berdasar data seperti judul buku, penulis, dan tahun terbit koleksi. Bedanya, Google melakukan indexing dari lebih banyak input, seperti URL, teks, gambar, video meliputi seluruh kode HTML URL.

  1. Indexing yang dilakukan mesin pencari seperti Google dimulai dari proses analisis konten di halaman web.
  2. Proses ini dimulai dari tahap mengenali kata kunci yang ada di sebuah website lalu memastikan kata kunci tersebut relevan dengan konten website.
  3. Setelah kata kunci dianalisis, bot crawler dan spider mesin pencari kemudian menjelajah setiap halaman di website tersebut lalu mulai mengumpulkan informasi yang ada di dalamnya.
  4. Hasil dari bot crawler kemudian dijadikan data indeks.
  5. Saat ada pengguna Google mencari informasi dengan suatu kata kunci, maka mesin pencari tersebut akan menampilkan hasil yang ada di indeks tersebut.

Apa yang Bisa Anda Lakukan untuk Menyikapi Indexing Ini?

Sebagai pengelola website, tentu Anda ingin agar situs dapat ditampilkan dan direkomendasikan oleh mesin pencari. Dengan kata lain, Anda perlul memastikan bahwa website Anda telah masuk dalam indeks. Lantas kiat apa saja yang bisa Anda lakukan?

1. Gunakan Tool SEO: Google Search Console

Anda pasti sudah tak asing lagi dengan alat SEO gratis yang satu ini. Ya, Google Search Console opsi cara terbaik untuk masuk index Google. Alat ini bisa Anda manfaatkan untuk memonitor proses crawling, cek index errors hingga memeriksa keamanan website. Alat ini sudah banyak diandalkan untuk memudahkan website terindeks Google.

2. Kualitas dan Relevansi Konten

Apa yang diindkes apabila website tidak memiliki konten? Nah, apabila Anda memuat konten di dalam website, pastikan konten tersebut relevan dengan website serta memiliki kualitas yang dapat memuaskan pengunjung. Hindari memuat konten yang asal-asalan, asal memuat kata kunci atau justru menjebak yang nantinya berujung pada deindeks hingga ditinggal pengunjung.

3. Perhatikan Internal Link

Internal link yang melengkapi berbagai konten dalam website juga membantu bot dalam mengenal dan memetakan website. Hyperlink yang mengantar pengunjung ke halaman lain di domain sama ini perlu Anda perhatikan agar website lebih mudah terindeks. Selain itu, link ini juga akan membuat pengunjun betah berada di website-website Anda.

4. Perhatikan Backlink

Backlink adalah link dari website lain yang kemudian membawa pengunjung website tersebut ke halaman website Anda. Website Anda akan lebih cepat masuk ke indeks apabila mendapat rujukan dari website lain yang dinilainya lebih kredibel. Maka dari itu, usahakan Anda bisa mendapatkan backlink berkualitas dari situs-situs populer dan terpercaya.

5. Manfaatkan Sitemap

Sitemap adalah daftar halaman website yang membuat situs jadi lebih mudah ditemukan oleh mesin pencari. Bisa dikatakan peta situs ini menjadi hal yang penting Anda buat di website Anda karena tak hanya membantu bot mesin pencari saja, tetapi juga pengunjung.

Masih Bingung dengan Indeks Google?

Jadi, indeks Google adalah suatu proses yang dilakukan mesin pencari Google untuk mengatur informasi sebelum dilakukan pencarian informasi oleh pengguna. Setidaknya ada 5 kiat yang bisa Anda lakukan untuk mengusahakan agar website Anda bisa masuk ke data indeks. Kiat-kiat tersebut tak hanya berguna untuk tujuan indeks saja, tetapi juga membuat website jadi lebih baik.

Baca Juga