fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

General

Mengenal Backlink: Definisi, Jenis, Manfaat, dan Cara Mendapatkan Backlink

Yanti puspita

Mengenal Backlink – Ada banyak cara untuk membuat situs web Anda berada di urutan teratas halaman pencarian Google. Salah satunya dengan melakukan link building pada website. Dari sekian banyak link yang perlu Anda buat, backlink adalah salah satu yang paling penting.

Jika Anda memiliki backlink berkualitas, mesin pencari akan menilai situs web Anda sebagai situs yang kredibel. Dengan begitu, konten apa pun yang Anda buat akan lebih mudah menempati posisi teratas di halaman pencarian.

Jadi bagaimana Anda mendapatkan backlink yang di sukai Google? Sebelum beralih ke pembahasan, ada baiknya untuk mengenal backlink lebih dalam seperti mengetahui manfaat, dan cara meraihnya melalui artikel ini. Selamat membaca!

Backlink adalah tautan yang di pasang di blog/web yang mengarah ke blog/halaman web Anda. Aktivitas membangun backlink di sebut juga dengan membangun tautan. Selain backlink, ada juga istilah external link dan inbound link yang tidak kalah penting. Dalam backlink juga di kenal dengan istilah pemberi backlink dan penerima backlink.

Anda dapat disebut sebagai penyedia backlink ketika Anda memasukkan tautan web atau blog orang lain di situs web Anda. Di sisi lain, Anda akan terdaftar menjadi penerima backlink ketika situs web Anda menerima tautan dari penyedia backlink. Meskipun terdengar sangat sederhana, backlink sebenarnya memiliki peran penting dalam kesuksesan situs web atau blog Anda.

Backlink bisa membantu pengunjung web menemukan informasi tambahan yang tidak disediakan oleh website asli. Dengan menambahkan backlink ke situs web lain, Anda dapat membuat konten berkualitas tinggi dengan informasi yang komprehensif tanpa menyimpang dari ide utama.

Oleh karena itu, jumlah backlink berkualitas yang Anda terima dari situs web lain dapat menentukan posisi situs web Anda di halaman hasil mesin pencari (SERP). Semakin tinggi peringkat situs web Anda pada SERP, semakin baik pula SEO situs web Anda.

Menjadi salah satu aspek penting yang dapat menentukan posisi web dalam pencarian mesin pencari, mempelajari dan memahami konsep backlink bukanlah hal yang mudah.

Pasalnya, selalu ada aturan Google yang membatasi ruang gerak yang dianggap merugikan banyak orang. Salah satunya, dengan algoritma Google yang diatur untuk menurunkan peringkat situs dengan jumlah backlink spam yang tidak relevan.

Ada banyak jenis backlink, berikut beberapa yang mungkin berguna untuk situs Anda:

Guest post backlink

Terjadi pada saat Anda menulis guest post untuk situs web lain. Ini memungkinkan Anda untuk membangun kredibilitas dan kepercayaan situs web Anda.

Tautan alami dari situs web lain ke situs Anda dengan konten berkualitas dalam berbagai bentuk, seperti kutipan, referensi, dan sumber informasi.

Terjadi ketika Anda menyertakan backlink dalam komentar pada konten web lain. Jika tidak dilakukan dengan berlebihan, link jenis ini bisa menghasilkan banyak trafik untuk website Anda.

Do-follow backlink memberi tahu mesin pencari untuk memperhatikan tautan balik ke skor SEO mereka.

No-follow backlinkmemberi tahu mesin pencari untuk mengabaikan tautan balik tersebut dan tidak menghitungnya dalam skor SEO.

Selain membuat situs Anda populer di mesin pencari, backlink juga memiliki manfaat lain yang tidak kalah penting untuk meningkatkan SEO website Anda. Manfaat dari backlink yaitu:

Mempercepat pengindeksan

Mesin pencari bekerja dengan merayapi situs web secara berkala, lalu mengindeksnya dari hasil perayapan. Tugas ini dilakukan oleh bot crawler dengan melacak setiap link yang terdapat di setiap website yang dikunjunginya. Dengan jumlah backlink yang baik, website Anda akan lebih cepat terindeks oleh mesin pencari sehingga lebih mudah untuk muncul di hasil pencarian.

Tingkatkan referral traffic

Selain menerima traffic dari halaman pencarian, website yang memiliki backlink juga akan menerima traffic tambahan dari website yang menyediakan backlink tersebut. Dengan cara ini, traffic pada situs web Anda pasti akan meningkat. Apalagi jika website penyedia backlink tersebut merupakan website yang cukup populer dengan tingkat trafik yang tinggi.

Meningkatkan Domain Authority (DA)

Backlink adalah salah satu faktor yang bisa meningkatkan Domain Authority (DA) sebuah website. DA sendiri digunakan sebagai matriks untuk mengukur kekuatan website secara keseluruhan. Menurut matriks SEO saat ini, semakin tinggi nilai DA suatu situs web, semakin mudah situs tersebut berada di posisi teratas mesin pencari.

Tingkatkan Page Authority (PA)

Backlink atau tautan balik adalah salah satu peringkat matriks SEO dasar yang paling populer. Yang mana website dengan backlink yang baik tentu akan meningkatkan nilai Page Authority (PA).

Tidak seperti Domain Authority (DA), PA digunakan untuk mengukur kekuatan URL di tingkat halaman. Skor PA berkisar dari 1 hingga 100. Semakin tinggi PA halaman situs web, semakin besar peluangnya untuk mendapat peringkat di hasil mesin pencari teratas atau SERP.

Membangun reputasi website

Website yang memiliki banyak backlink akan dianggap website yang cukup populer oleh search engine. Sementara itu, ketika Anda mengetikkan kata kunci di bilah alamat, Google cenderung memberikan hasil pencarian dari situs web populer dengan backlink yang bagus di dalamnya.

Untuk ini, sangat penting bahwa situs web Anda mulai membangun tautan balik sehingga lebih mudah untuk menentukan peringkat di bagian atas hasil pencarian.

Setelah mempelajari tentang manfaat backlink, Anda mungkin mulai tertarik untuk membangun backlink di situs web Anda. Berikut cara mendapatkan backlink.

Buat konten berkualitas

Dengan membuat konten yang berkualitas, orang akan dengan mudah menggunakan website Anda sebagai referensi dan memberikan backlink ke website Anda.

Manfaatkan platform lain

Selain mendapatkan backlink dari orang-orang yang menggunakan website Anda sebagai referral, Anda juga bisa menggunakan platform media sosial untuk mendapatkan backlink.

Cantumkan link website di berbagai media sosial yang Anda miliki. Selain itu, Anda juga dapat memposting tautan ke situs web di berbagai forum diskusi online, kolom komentar blog, dan sebagainya.

Beberapa metode yang dapat Anda gunakan untuk membuat backlink adalah:

  • Melakukan Guest Blogging, yaitu menulis situs web di blog lain termasuk tautan ke situs web Anda;
  • Membangun broken link, dengan menemukan broken link yang relevan di situs web, lalu menawarkan situs web Anda sebagai gantinya;
  • Teknik Skyscraperberarti menemukan konten yang memiliki banyak tautan, kemudian membuat konten yang lebih relevan dan memintanya untuk ditautkan ke situs web Anda.

Penutup

Menjadi salah satu bagian SEO off-page, backlink adalah salah satu faktor terpenting dalam pengembangan situs web. Untuk hasil terbaik, situs web perlu mendapatkan tautan balik berkualitas dari situs terkemuka dan membuat konten yang layak posting.

Sekian pembahasan mengenai mengenal backlink, mulai dari apa itu backlink, jenis backlink, manfaat backlink, dan cara mendapatkan backlink yang perlu anda ketahui.

Baca Juga