fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

General

Mengenal Apa Itu TablePress dan Apa Saja Fitur yang tersedia

Yodik Prastya

Editor Gutenberg di WordPress saat ini, memang menawarkan fungsi dan fitur yang lebih lengkap. Namun demikian, masih belum semua kebutuhan pengguna terakomodir secara sempurna, seperti membuat tabel misalnya. Inilah pulalah yang menjadi alasan mengapa banyak orang yang kurang terampil dengan HTML dan CSS, mencari tahu tentang apa itu TablePress dan apa saja kelebihan dan kekurangannya. 

Apa Itu TablePress, Kelebihan dan Kekurangan

Anda yang mungkin juga memiliki masalah yang sama, juga ingin mengetahui apa itu TablePress sebelum menggunakannya di website. Sederhananya, TablePress adalah plugin WordPress yang dapat digunakan untuk membuat dan mengelola tabel di website dengan lebih mudah. Tak sekedar membuat tabel biasa untuk menyajikan atau mengelola data, pengguna juga bisa memanfaatkan plugin ini untuk membuat tabel yang menarik sekaligus powerful.

Seperti yang diketahui bahwa pembuatan tabel di WordPress dapat dilakukan melalui coding, yaitu edit HTML dan CSS. Sayangnya, tak semua orang memiliki kemampuan tersebut sehingga plugin semacam TablePress ini bisa jadi alternatifnya. Sebab jika pengguna nekad atau coba-coba dengan coding, bisa-bisa tampilan website menjadi kacau berantakan.

Penggunaan TablePress dalam membuat tabel juga terbilang sangat mudah. Anda cukup menambahkan Shortcode sederhana untuk mulai menambahkan tabel ke post, halaman atau bahkan text widget. Penggunaannya yang memudahkan juga dibarengi dengan kinerjanya yang responsif, tak terlalu membebani website Anda.

Meskipun termasuk dalam kategori plugin gratis, TablePress tetap mampu menawarkan dukungan komprehensif untuk berbagai kebutuhan website yang saat ini semakin kompleks. Hal ini bisa dilihat dari dukungan ekstensi yang lengkap demi meningkatkan kemampuan dan keandalan plugin. Pengguna bisa menambahkan ekstensi dari berbagai macam format file, mulai dari CSV, Excel, HTML hingga JSON dapat ditambahkan ke plugin ini.

Tidak mengherankan jika akhirnya TablePress disebut sebagai plugin populer di kategori pembuatan tabel. Terbukti dari instalasinya yang sudah tercatat lebih dari 800 ribu kali, diulas positif fibuan kali dengan ratuing bintang 5 di WordPress.org. Tobias Bäthge, pencipta TablePress juga terus membuat dan mengembangkan berbagai macam fitur andd-on untuk meningkatkan potensi penggunaan plugin buatannya tersebut.

Fitur-Fitur Dari TablePress

Berikut ini beberapa fitur yang layak Anda pertimbangkan di TablePress:

  • Dukungan operasi input data dari berbagai format file secara sekaligus (Anda tidak perlu memasukkan data satu per satu ke tabel website)
  • Menyunting (edit) data tabel dalam tampilan menyerupai spreadsheet (Anda tidak harus punya kemampuan coding)
  • Dukungan formula matematika dasar (penjumlahan, pengurangan, perkalian dan lain sebagainya) pada setiap tabel yang dibuat
  • Membuat tabel yang dapat memuat bermacam data didukung pustaka tambahan JavaScript yang memungkinkan pengunjung situs menggunakan fitur lanjutan seperti pengurutan, paginasi, pemfilteran dan sebagainya
  • Dukungan penggunaan ekstensi tambahan (gratis dan berbayar) untuk mendapatkan fungsi dan fitur yang lebih kaya

Lebih jauh, ada beberapa kelebihan dan kekurangan dari TablePress yang mungkin perlu untuk mendapat perhatian Anda. Berikut di antaranya:

Kelebihan TablePress

  • Dukungan impor dan ekspor dari dan ke berbagai format data
  • Dukungan penambahan search bar pada tabel untuk memudahkan user
  • Dukungan  penambahan pagination pada tabel
  • Membuat tabel dan formulir lebih mudah dengan tampilan yang menarik
  • Dukungan ekstensi gratis untuk mengelola tabel dan untuk mengembangkan fungsionalitas TabelPress

Kekurangan TablePress

  • Beberapa jenis tabel memerlukan ekstensi untuk membuatnya responsif
  • Pengguna tetap memerlukan keterampilan dasar penggunaan CSS agar dapat mengatur tabel lebih lanjut
  • Meskipun menggunakan tampilan Spreadsheet yang sudah cukup familiar bagi sebagian besar orang, pengguna tetap memerlukan waktu untuk memahami dan membiasakan diri dengan editor tabel

Kesimpulan

Apa itu TablePress dapat diartikan sebagai sebuah plugin menjanjikan untuk menambahkan tabel ke postingan dan halaman situs WordPress Anda. Potensi plugin ini juga masih terus dikembangkan oleh pembuatnya, memungkinkan Anda untuk menambahkan berbagai macam ekstensi untuk menyesuaikan kebutuhan situs. 

Baca Juga