fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Panduan

Mengenal Apa itu SSL dan Openssl ?

Wiliam

Secure Socket Layer atau (SSL) merupakan protokol keamanan yang digunakan di semua jenis transaksi pada halaman internet. Selain itu, untuk SSL ini bisa digunakan untuk melakukan perubahan protocol transfer TCP menjadi saluran komunikasi yang aman di dalam berkomunikasi.

SSL ini pertama kali muncul di tahun 1996 dan dikembangkan langsung oleh Netscape. Namun, di tahun 1990 sudah berhasil menjadi browser dengan pengguna paling banyak.

Pada kesempatan kali ini akan dibahas lengkap mengenai apa itu SSL dan Openssl. Sedangkan, untuk bizzie yang ingin tahu penjelasan lengkap dan jelas mengenai perihal SSL dan OpenSSL bisa simak dibawah ini.

Pengertian dan Fungsi SSL

Apa itu ssl dan openssl? Secure Socket Layar atau SSL merupakan salah satu protokol keamanan yang digunakan oleh sebagian besar transaksi aman di halaman internet. Di dalam hal ini digunakan untuk membangun koneksi yang aman atau enkripsi diantara web server dengan client atau terjadi diantara mail server dengan mail client.

SSL ini juga bisa digunakan untuk melakukan perubahan koneksi suatu protokol transfer TCP menjadi saluran komunikasi aman di dalam memberikan perlindungan komunikasi dengan sifat sensitif. Maka dari itu, koneksi antara client dan server ini bisa terhindar dari pihak lain yang tidak mempunyai kepentingan.

Pengamanan kali ini juga memberikan cara bagi perusahaan di dalam enkripsi data sebelum mengirimkan ke para pengguna. Bahkan, untuk SSL ini juga bisa digunakan untuk mencegah pihak ketiga untuk membacanya di saat data sedang berada di perjalanan.

SSL ini juga memungkinkan informasi sensitif, misalnya data kartu kredit,username, password dan masih banyak lainnya lago. Secara garis besar, SSL ini mempunyai fungsi untuk memberikan keamanan transmisi data diantara dua sistem berbeda. Untuk mengetahui fungsi SSl lebih jelas, maka dari itu sebagai berikut fungsi dari SSL :

1. Mengenkripsi Informasi yang Sensitif

Keamanan ini menjadi salah satu alasan pertama menggunakan SSL. Pertama di dalam informasi yang mempunyai sifat sensitif di dalam jaringan internet. Di saat informasi tersebut sudah dikirimkan, maka dari itu SSL ini akan melakukan enkripsi dan melacak informasi tersebut.

Maka dari itu, tidak akan bisa dibaca kecuali alamat tujuan. SSL ini juga berguna untuk memberikan informasi yang menyakut akun, kata sandi, nama, alamat dan beberapa data diri penting lainnya.

2. Menyediakan Authentication

Tidak hanya berfungsi untuk enkripsi saja, akan tetapi SSL ini juga mempunyai fungsi sebagai alat authentication maupun otentikasi. Di dalam hal ini berfungsi untuk memastikan, bahwa informasi pribadi yang dikirimkan di alamat ini sudah benar dan bukan di oknum pinpu yang berusaha akan mencuri data pribadi milik bizzie.

Para pencuri data ini juga bisa melakukan duplikat website untuk membuat form popup. Sehingga, bizzie bisa saja percaya dan mengirimkan data pribadi ke mereka. Untuk website yang sudah terpasang SSL ini tidak menutup kemungkinan adanya proses otentikasi di saat mengirimkan data pribadi.

Maka dari itu, dengan hal tersebut sangat menyulitkan pihak hacker untuk melakukan pencurian data. Di dalam website yang sudah menggunakan SSL ini tidak ada kemungkinan terjadi perihal tersebut, karena proses otentikasi pengiriman data ini sangat menyulitkan bagi pihak hacker.

3. Memberikan Kepercayaan

Kepercayaan yang diberikan oleh SSL kepada pelanggan ini berupa website sudah diberikan logo gembok atau sering disebut green bar di dalam halaman URL nya. Pada hal ini juga berlaku untuk SSL yang berbayar dan gratis.

Ketika bizzie tidak ingin menggunakan salah satu diantara keduanya, maka akan muncul tulisan warna merah dengan tulisan not secure yang artinya tidak aman. Ada dua jenis SSL yang bisa digunakan, yaitu Organization Validation SSL dan SSL tertinggi yaitu Extended Validation SSL. Kedua jenis tersebut sangat cocok digunakan oleh website yang akan menyimpan data pelanggan, data transaksi dan masih banyak lainnya lagi.

4. Kepatuhan Pada PCI

PCI atau sering disebut dengan Payment Card Industry ini bisa membuat syarat yang berupa, ketika website yang bizzie miliki ini sudah menggunakan transaksi kartu kredit dan harus terhubung dengan SSL.

Jenis SSL

Setelah paham dengan pengertian apa itu ssl dan openssl, maka dilanjutkan untuk pembahasan mengenai perihal beberapa jenis. Sebagai berikut jenis SSL yang bisa digunakan dan dipilih oleh bizzie :

●  Domain Validation SSL

Domain Validation SSL adalah salah satu jenis SSL yang bisa digunakan untuk kelas entry level dengan tingkat yang mudah. Bahkan, untuk prosesnya juga sangat cepat.

Untuk menerbitkan SSL pada jenis yang satu ini hanya diperlukan proses verifikasi domain di email saja. Pada jenis SSL kali ini sangat cocok digunakan oleh website personal, blog dan masih banyak lainnya lagi.

●  Organization Validation

Pada SSL jenis yang satu ini sangat cocok digunakan pada website membutuhkan user password dan menyimpan data pelanggan. Verifikasi SSL pada jenis yang satu ini membutuhkan waktu 2-14 hari sejak melakukan pendaftaran. Akan tetapi, juga bergantung lagi dengan kelengkapan syarat yang dibutuhkan.

Beberapa dokumen yang dibutuhkan adalah SIUP/TDP/Akta Perusahaan. Keuntungan yang diberikan oleh OV ini terletak di kemudahan pemilik untuk menambahkan detail mengenai naam pemilik maupun perusahaan. Untuk harga SS; pada jenis saat ini berada di range Rp918.000,00 per tahun.

Nah, itulah dia penjelasan secara lengkap mengenai perihal apa itu SSl dan openssl. Semoga bisa memberikan tambahan informasi bagi bizzie yang ingin mengelola website lebih mudah dan cepat.

Baca Juga