fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

General

Mengenal Apa Itu Patchman dan Kegunaannya bagi Website Anda

Yodik Prastya

Ancaman keamanan terhadap website memang masih terbilang begitu nyata. Hal ini memaksa para pengelola website untuk selalu memperhatikan risiko peretasan, salah satunya dengan menggunakan Patchman. Jika Anda juga tertarik, tak ada salahnya untuk memhamai terlebih dahulu apa itu Patchman dan mengapa ia bisa jadi alternatif pengamanan website Anda?

Jadi, Apa Itu Patchman?

Penjelasan tentang apa itu Patchman mungkin bisa lebih mudah Anda pahami dari namanya yang identik dengan melakukan patching terhadap berbagai risiko yang ada. Patchman adalah software yang berfungsi untuk meningkatkan keamanan website dengan memindai masalah dan memperbaikinya. Dengan kata lain, perangkat lunak ini aktif mencegah masalah yang dapat menggangu kinerja situs.

Anda dapat menggunakan Patchman pada berbagai platform website populer saat ini. Bahkan ke depannya, sesuai trend yang diperlihatkannya, akan ada lebih banyak dukungan untuk platform pembuatan website lainnya. Untuk saat ini saja, sudah banyak platform yang masuk dalam daftar dukungan aplikasi ini, antara lain

  • WordPress (versi 3.x dan yang lebih baru)
  • Joomla (versi 1.5.x dan yang lebih baru)
  • Drupal (versi 5.x dan yang lebih baru)
  • osCommerce (versi 2.2)
  • Magento (versi 1.9.2 dan yang lebih baru)
  • WooCommerce (versi 2.1.0 dan yang lebih baru)
  • PrestaShop (versi 1.6.0.1 dan yang lebih baru)

Selain mendukung berbagai platform, Patchman juga dapat dengan mudah Anda integrasikan ke panel kontrol jenis apapun. Sehingga Anda yang menggunakan cPanel, Plesk ataupun DirectAdmin tidak perlu cemas dengan masalah kompatibilitas. Inilah yang membuat banyak orang mempertimbangkan penggunaan aplikasi ini.

Apa Saja Kegunaan dari Patchman Ini?

Untuk lebih memahami tentang Patchman, Anda mungkin juga bisa mengenalinya dari berbagai kegunaan yang bisa ditawarkan oleh aplikasi ini. Manfaat dari aplikasi ini diantaranya:

Mendeteksi Script atau Aplikasi yang Usang

Celah utama masuknya peretas biasa terletak pada script atau aplikasi web yang sudah usang, alias kadaluwarsa. Elemen yang tak mampu menangani ancaman terbaru perlu diperbarui untuk memastikan peretas tidak bisa masuk hingga mencuri atau merusak data website. Patchman bekerja dengan membantu mendeteksi keberadaan script atau aplikasi yang butuh di-update sesuai platform pilihan Anda.

Memeriksa Celah Keamanan  

Patchman juga menawarkan fungsi scanning atau pemindaian untuk memeriksa ada tidaknya celah keamanan pada website Anda. Tidak perlu khawatir tindakan ini akan memerlukan waktu yang lama, karena rerata waktu yang dibutuhkan Patchman untuk melakukan fungsi ini adalah 1 menit saja. Cukup untuk memastikan bahwa situs Anda tidak memiliki kerentanan.

Mengatasi Malware

Patchman juga cukup dapat diandalkan untuk memeriksa keberadaan malware dan mengatasi ancamannya, dengan cara mendeteksi secara real time kemudian menyajikan detail percobaan serangan malware tersebut kepada Anda. Kalaupun malware terlanjur menjangkit, Patchman menawarkan fitur Roll Back Changes dan Automasi untuk emulihkan website Anda ke status sebelum serangan.

Memberikan Notifikasi kepada Client

Fitur ini bisa sangat berguna bagi website bisnis atau yang berhubungan dengan klien. Fitur ini akan memberitahukan kepada pengunjung atau konsumen saat situs Anda mengalami masalah seperti gangguan atau serangan. Fitur ini bekerja secara otomatis sehingga Anda bisa tetap tenang.  

Kesimpulan

Dari penjelasan tentang apa itu Patchman dan deretan kegunaannya bagi website Anda, bisa disimpulkan bahwa aplikasi ini bisa Anda pertimbangkan sebagai salah satu opsi pengamanan ideal.

Cukup dengan 1 aplikasi saja, situs Anda bisa terhindar dari berbagai ancaman malware, vulnerability, hacking hingga phising. Lebih jauh, saat situs Anda sudah menjadi korban virus trojan, worm, horse, spyware dan lainnya, aplikasi ini sudah menyiapkan cadangan yang menenangkan.

Baca Juga